Portal Bos 2020 Berubah Ke SIRBOS (Sistem Informasi Rekening BOS)

Advertisement

Bingkaiberita.com – Pelaporan dana bos yang ada di portal bos resmi dengan link url bos.kemdikbud.go.id dapat dilakukan di SIR BOS sebagai Sistem Informasi Rekening BOS uang bisa di log ini oleh beberapa lembaga baik Sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten, Dinas Pendidikan Provinsi, Bank, Direktorat, Kemendikbud, Pengelola, KPPN sehingga sistem ini menjadi salah satu sistem all in one sistem atau login SSO. Semua sistem dijadikan satu dalam satu server.

Untuk Sekolah menggunakan login SSO dapodik Sekolah, sedangkan untuk Bank, kppn, kemendikbud, dinas pendidikan semuanya Menggunakan Username dan password sehingga mereka sudah mendapatkan username dan password yang digunakan.

Sistem Informasi portal pelaporan dana bos terbaru saat ini megusung sebuah konsep sistem all in one system yang sudah terhubung dengan pangkalan data dik kemdikbud. Baik itu Pendidik dan Tenaga Kependidikan mereka ssemua harus diverifikasi seperti verifikasi aplikasi dapodik.

Untuk pelaporan dana bos sebelum tahun ini memang berada di subdomain bos.kemdikbud.go.id Namun, setelah update terbaru dari para pengelola sudomain untuk pengelola berubah ke bos.kemdikbud.go.id/rekening.

Cara Pelaporan Ke Sistem Informasi Rekening BOS

Pertama, silahkan anda login menggunakan SSO Dapodik anda dengan menggunakan username dan pasword yang telah terverifikasi sebelumnya.

Kedua, setelah anda masuk di menu dashboard pelaporan silahkan anda mencari menu pelaporan onlinenya seperti pada sistem sebelumnya.

Ketiga, silahkan anda isikan pealoporannya yang sesuai dengan jumlah uang yang dibelanjakan oleh sekolah. Di saat pandemi covid 19 saat ini siswa diperbolehkan menggunakan uang bos untuk pembelian paket data internet. Silahkan anda bagian uang bos ke siswa-siswa anda.

Keempat jik anad akan  melaporkan dana bos yang diterima Silahkan anda tekan tombol tambah untuk memasukkan laporan keuangan berdasarkan pada formulir yang harus anda  perhatikan seperti berikut:

Lapor Bos Online Terbaru

Setelah itu anda pilih bagian triwulan pelaporan anda, pertama adalah dengan pilihan kolom tahun pelaporan dan kemudian pada pemilihan  triwulan yang akan dilaporkan

Lapor dana Bos tahap 1

Pada bagian kedua adalah pada kolom penerimaan dana, dengan beberapa kolom yang wajib diisi

Kolom selanjutnya adalah  total dana pada kolom bagian penerima dana, kemudian adalah jumlah dana yang tersisa pada triwulan yang lalu dan dana yang diterima dan Kolom terakhir adalah sisa dana pada tahun ini kemudian anda klik proses

. Lanjutan Laporan Dana BOS

Selanjutnya anda laporkan semua dana yang telah dipakai sesuai dengan dana penggunaan per komponennya yang belum dapat kami bahas satu persatu disini.

Untuk selanjutnya kami akan update cara pelaporannya ke SIRBOS karena sampai sekarang admin belom dapat untuk login karena memang masih banyak orang yang akan login sehingga servernya lemot, dan usahaka anda login ketika tidak banyak orang yang login seperti dipagi hari supaya dapat akses login dengan mudah.

 

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Portal Bos 2020 Berubah Ke SIRBOS (Sistem Informasi Rekening BOS) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5