Pilih JNE, J&T atau Sicepat. Mana Yang paling Cepat Sampai?

Advertisement

Bingkaiberita.com – Pasti pada bingung antara 3 pilihan ini. Mau kirim barang atau beli barang dari marketplace tapi ada 3 jasa pengiriman yang terkenal seperti JNE, J&T atau Sicepat.
Dalam hal yang paling murah dalam ekspedisi, mungkin sicepatlah pilihannya. Namun, mana yang lebih cepat diantara ketiganya. Yuk, kita ulas satu persatu.

Alamat Tujuan Harus Jelas

Sebelum mengulas jasa pengiriman diatas maka yang harus anda perhatikan dan wajib anda ketahui bahwa yang mempengaruhi kecepatan pengiriman barang adalah jarak alamat ke tujuan, bisa jadi alamat yang dicari sikurir memang agak jauh dari kantor atau gudang sehingga paket dibawah kembali ke gudang untuk menginap kembali sehingga akan memperlambat barang sampai tujuan.

Jika memang rumah anda lokasinya masuk gang yang susah untuk ditemukan usahakan untuk memberikan alamat selengkap-lengkapnya termasuk patokan lengkap seperti nama jalang, gang, rt rw no rumah, kode pos dan patokan yang tepat sehingga memudahkan kurir

Permudah seorang kurir dengan memberikan alamat yang jelas, anda bisa kasih keterangan apakah ada orang dirumah. Jika anda jarang dirumah silahkan anda kasih keterangan titip ke tetangga atau satpam komplek.

Pilih Satu Ekspedisi

Jangan sering anda gonta-ganti ekspedisi, usahakan anda memakai ekspedisi yang itu saja jika membeli barang, karena memang jika kurirnya ganti maka akan sulit juga mereka menemukan rumah anda jika berada di gang yang sempit. Apalagi jika dari pihak ekspedisi gonta-ganti kurir yang ada di wilayah tersebut sehingga pengiriman paketnya terhambat

Memilih Pengiriman Jasa yang cepat

Karena di artikel kami hanya mencantumkan 3 jasa ekspedisi maka akan kami ulas pilihan tersebut, karena memang di indonesia tidak hanya 3 jenis jasa ekspedisi melainkan banyak orang yang membuka jasa pengiriman serupa.

JNE

Dibandingkan dari dua ekspedisi lain seperti yang kami pilih, bahwa JNE merupakan salah satu ekspedisi pengiriman yang agak lama dibandingkan dengan sicepat dan j&t.

JNE memiliki dua jenis pengiriman yaitu JNE REG dan JNE YES. Namun, orang lebih sering menggunakan yang reg dibandingkan dengan yang YES karena perbandingan harganya yang sedikit mencolok

JNE YES (Yakin Esok Sampai)+ Khusus untuk diperkotaan atau kabupaten kota maka pengiriman akan lebih cepat sampai dibandingkan dengan yang REG. Biasanya untuk diluar kota pengirimannya 1 sampai 2 hari dengan menggunakan YES

JNE REG (Reguler): Untuk pengiriman reguler menggunakan JNE biasanya hingga 3-4 hari namunlebih seringnya 4 harian baru tiba ke tempat tujuan. Untuk ke pelosok seperti ke Papua biasanya bisa sampai 7 hari an kadang bisa lebih.

J&T

Bagaimana dengan J&T yang memang dikenal banyak orang karena diperkenalkan langsung oleh Dedi COrbuzier, Apakah sama dengan JNE YES? Yuk, kita cari tau J&T dari ulasan berikut

J&T memiliki satu jenis pengiriman yang sering digunakan adalah dengan menggunakan J&T REG

Untuk estimasi kecepatannya sih sesuai dengan pengalaman kami bahwa untuk pengiriman diwilayah satu provinsi memang lebih baik menggunakan J&T dibandingkan yang JNE REG karena mungkin masalah gudang lokasinya ya. Mungkin setiap orang memiliki penilaian yang tidak sama.

Ketika kami mengirimkan barang di satu provinsi yang sama diluar kabupaten namun tetap satu provinsi ketika kami kirimkan hari ini, maka besoknya sudah sampai ke tujuan, tidak berhenti di gudang melainkan langsung dikirimkan ke alamat tujuan.

Namun, dibandingkan dengan JNE YES memang beda jauh ya. Biasanya jika J&T kirim keluar kota mereka mengikuti 3-4 harian baru sampai namun jika JNE YES, kirimnya hari ini pasti besok sampai jika berada di luar kota namun dekat dengan bandara kota tujuan. Karena memang JNE YES ini hanya membuka di beberapa yang masuk perkotaan saja.

Sicepat

Bagaimana dengan pengalaman kami menggunakan sicepat. Untuk sicepat sendiri menggunakan pengiriman yang bagus dengan menggunakan paket yang sehari sampai

Ada dua pilihan pada Sicepat yang memang bisa dijadikan pilihan.

Sicepat BEST (Besok sampai tujuan) pengiriman yang digunakan oleh sicepat ini biasanya membutuhkan waktu yang relatif cepat dibandingkan dengan yang biasa. Namun, biasanya pihak yang bekerja sama dengan marketplace tidak menggunakan pengiriman jenis ini.

Sicepat REG (Reguler) Mungkin hampir sama dengan reguler yang lain yang pengirimannya begitu lambat namun untuk bandingannya adalah JNE REG, J&T REG atau Sicepat REG

Dari pengalaman kami untuk sicepat reg yang memang pengiriman diluar kota atau luar pulau maka anda akan menemukan hal yang luar biasa seperti ulasan kami terkait dengan LINE HAUL DARAT

Berbeda dengena JNE REG atau J&T REG yang lebih cepat dibandingkan dari sicepat karena mungkin disana mendapatkan diskon pengiriman dari marketpalce.

Kesimpulan mana yang Lebih cepat antara JNE, J&T dan Sicepat

Sesuai dengan pengalaman yang kami rasakan bahwa yang paling cepat adalah yang menggunakan pengiriman yang satu hari sampai atau Besuk sampai dirumah dengan selamat yaitu dengan menggunakan JNE YES atau Sicepat Best. Karena memang saya tinggal diperkotaan jadinya memang lebih cepat sampainya

bagaimana dengan pengalaman kami menggunakan yang reguler atau biasa ketika mengirimkan barang ke luar pulau seperti Papua atau NTT.

Kami pernah mencoba menggunakan beberapa ekspedisi seperti POS, JNE, J&T dan Sicepat

Maka sicepatlah yang memang masih lambat dan kami tidak menyarankan menggunakan sicepat karena mungkin cabangnya yang tidak ada atau memang belum sampai ke pelosok.

Berbeda dengan POS, JNE dan J&T yang cabangnya sudah ada di beberapa pelosok negeri.

Kesimpulannya untuk pengiriman di pelosok atau tempat lainnya

Anda bisa gunakan kurir yang ada di wilayah tujuan pengiriman anda. Biasanya bagi yang ada di Pelosok usahakan untuk mengambilnya di kantor POS, atau kantor ekspedisi terdekat dengan wilayah tujuan saja meskipun anda telah menulis alamat dengan jelas dan lengkap

Jika memang terburu-buru gunakan paket pengiriman yang cepat atau yang kilat dan kami sarankan menggunakan ekspedisi yang tidak sering overload karena nantinya akan menganggu pengiriman sampai dengan tujuan.

Jika anda kritik dan pengalaman yang berbeda silahkan anda tulis di kolom komentar ya.

Other articles you might like;

Pilih JNE, J&T atau Sicepat. Mana Yang paling Cepat Sampai? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5