Bos.kemdikbud.go.id 2022 login , Cara Login dan Lapor Bos

Bos.Kemdikbud.go.id adalah salah satu layanan aplikasi onlline untuk laporan dana bos yang dikembangkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Pencairan Dana bos yang dilaksanakan secara online melalui rekening sekolah harus direalisasikan dengan baik sesuai dengan laporan bos online.

Bos.kemdikbud.go.id merupakan layanan pelaporan bos online yang sudah sampai pada versi tiga yang memang untuk di daerah yang belum ada internet dulunya pelaporan dilakukan secara online yang dikirimkan ke dinas pendidikan di wilayah sekolah tersebut. Karena dan bos yang disalurkan mengalami tindak pemotongan oleh pemerintah daerah seluruh sekolah di Indonesia wajib melakukan pelaporan dana bos secara online.

Nah, jika nggak taw login bos.kemdikbud.go.id silahkan anda simak cara login bos online seperti dibawah ini:

Cara Login Bos Online

Bos Kemdikbud Login

Cara Login Bos online pun menggunakan akun sso dapodik atau dengan kata lain Single Sign On yang dipakai pada dapodik username dan dapodik juga dapat digunakan untuk login bos online. Melalui portal resmi yang ada di bos.kemdikbud.go.id

Dana laporan bos sendiri  jadwal pencairan dana bos dilakukan 3 kali pelaporan seperti update terbaru dari kemdikbud tidak lagi dilakukan per triwulan dalam setahunna. Anggaran yang disalurkan oleh kementerian keuangan yang langsung ke rekening sekolah selama 3 kali dalam setahun harus dilaporkan secara online.

Dan seperti pengalaman kami untuk login di pelaporan online ini ada banyak kendala yang harus dihadapi oleh pihak pelapor, sehingga perlu waktu yang tepat untuk mengatasi kendala yang sering terjadi ketika hendak melaporkan dana bos, misalnya ketika jam istirahat sekolah saat jam makan atau menjelang orang pada sibuk menjelang magrib atau bisa menjelang waktunya orang bangun pagi menjelang subuh.

Waktu-waktu tersebut memang sangat cocok sekali untuk login bos online dimana waku senggang tersebut tidak banyak yang akses portal trsebut sehingga server yang diakses tidak berat oleh bendaraha sekolah. Nah berikut beberapa langkah mudah untuk login bos melalui portal bos online dan bagaimana cara pelaporannya adalah sebagai berikut:

Cara Lapor Bos Online

Untuk melaporkan dana bos yang telah diterima oleh sekolah disarankan untuk menggunakan username dan password yang telah dirubah di dapodik karena aplikasi online tersebut menggunakan SSON sebgai berikut:

Pertama silahkan anda masuk ke website resmi yang telah disediakan di Kemdikbud yang ada di bos.kemdikbud.go.id

 Login Bos Online

kedua silahkan anda pencet tombol dibawah pada halaman bos kemdikbud seperti langkah pertama kemudian anda pilih dengan login sso dapodik.

 Login SSO BOS

Ketiga  silahkan anda centang captca untuk proses selanjutnya. Dan anda login menggunakan username dan password yang digunakan untuk masuk di aplikasi dapodik setelah itu pencet loginnya. Isikan Email dan Password kemudian anda pilih tombol login

 Captca Bos Bos Kemdikbud Login

keempat, Bagi yang belum update rekening bos silahkan update terlebih dahulu rekeningnya.

Kelima, Silahkan anda tekan tombol tambah untuk melaporkan dana bos yang diterima kemudian anda harus memasukkan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut:

Lapor Bos Online Terbaru

Silahkan anda pilih bagian triwulan pelaporan anda, bisa pilih tahun pelaporan kemudian anda bisa pilih dengan triwulan tahap pertama

Lapor dana Bos tahap 1

Setelah itu anda lihat pada bagiaan penerimaan dana, ada beberpa kolom yang harus diisi.

Kolom selanjutnya adalah anda harus mengisi, total dana pada kolom bagian penerima dana kemudian anda lihat ada sisa pada triwulan yang lalu dan dana yang diterima dan Kolom terakhir adalah sisa dana pada tahun ini kemudian anda klik proses

. Lanjutan Laporan Dana BOS

Jika anda belum update rekening dana bos karena memang rekening sekolah tersebut akan digunakan sebagai penerimaan dana bos yang langsung dialurkan ke sekolah adalah dengan cara sebagai berikut

Cara Update Rekening Dana Bos

Update rekening Bos

Setelah anda login di portal resmi kemdikbud yang ada di bos.kemdikbud. silahkan anda klik profile.

 Update rekening bos online

Setelah anda klik profile kemudian selanjutnya anda pilih kolom menu profile sekolah kemudian selanjutnya anda klik lainnya

Cara Update rekening Bos

Setelah itu anda klik tulisan update rekening. Setelah anda updte maka anda bisa isikan Pilihan Bank Peneriman, Nomer rekening, NPWP dan silahkan anda proses unuk updatenya.

Update rekening Bos terbru

 

 

Itulah beberapa langkah yang kami ambil ketika mengupdate informasi peloporan dana bos dan update rekening sekolah yang nantinya digunakan untuk penyaluran dana bos.

Bos.kemdikbud.go.id 2022 login , Cara Login dan Lapor Bos | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5