Milk Bun Roti Viral Thailand Dimusnahkan

Bingkaiberita.com – Roti Milk Bun yang viral di Thailand dimusnahkan Bea Cukai Indonesia dengan cara dibakar di mesin insinerator. Ratusan milk bun berbagai varian ini dibawa dengan jasa penitipan makanan alias diimpor dengan jasa. Ada juga yang kedapatan membawa barang bawaan lebih dari 5 kilogram.

Apalagi roti ini tidak memiliki standar BPOM, dan disinyalir menggunakan tinggi bahan pengawet karena terlihat jelas dari kemasan yang belum rusak sejak bulan februari hingga maret. Jika makanan tersebut sehat dikunsumsi maka akan cepat busuk, paling tidak untuk roti yang dijual di toko-toko retail hanya 1 mingguan saja.

Makanan dari negara Thailand ini tidak layak untuk dikonsumsi, dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang diakibatkan dari tingginya bahan pengawet yang digunakan. Roti viral ini masuk di Indonesia sebanyak 1 ton dengan berbagai varian rasa. Namun, dimusnahkan karena telah menyalahi aturan dan sebagai upaya perlindungan pemerintah kepada masyarakat akan jaminan mutu dan gizi serta keamanan konsumsi.

Perlindungan konsumen atas serbuan makanan yang berasal dari luar negeri. Padahal banyak pelaku UMKM kita yang memang juga membuat roti serupa namun tidak berasal dari Thailand. Tren kuliner baru bukan kali ini saja, sebelumnya ada tren mixue yang gerainya ada di mana-mana dan ada roti gembong.

Masyarakat lebih cenderung ke sesuatu yang viral, mulai dari permainan, lokasi wisata hingga menu makanan. Tren viral ini banyak yang membuat warga yang penasaran untuk mencobanya, bahkan mereka rela mengatre panjang untuk membelinya

Tidak sedikit warga masyarakat yang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu untuk membeli roti viral di Thailand yang bernama milk bun. Mereka memesan melalui jasa titip dari pelancong Thailand atau dari warga Indonesia yang ada di Thailand. Hingga akhirnya roti tersbut dimusnahkan oleh pihak Bea Cukai.

Manusia akan cenderung latah karena bujukan tren atau orang lain untuk berperilaku ikut-ikutan atau bisa mereka penasaran dengan apa yang terjadi yang membuat mereka harus mendapatkan apa yang saat ini terjadi.

Milk Bun Roti Viral Thailand Dimusnahkan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5