Asal Usul Nama Google, Dari Salah Ketik Jadi Mesin Pencari Populer

Advertisement

Bingkaiberita.com -Hari ini tanggal 27 september sebagai peringatan hari lahirnya google yang dimulai dari salah ketik tahun 1996. Sudah 24 tahun sejak dikembangkannya sebagai mesin pencari bernama Backrub.

asal usul nama google

Mungkin semua orang di dunia sudah mengenal mesin pencari google yang berasal dari salah ketik hingga mendunia karena inovasinya ini. Awalnya Larry Page dan Sergey Brin keduanya mengoperasikan mesin pencari menggunakan server kampus karena keduanya merupakan mahasiswa pascasarjana Standrvord University yang pertama kali diberinama Backrub.

Namun Backrub sendiri belum seraturs persen disetujui sama teman mahasiswanya yang lain termasuk Sean Anderson. Tahun 1997 mesin pencari tersebut didiskusikan untuk diganti namanya.

Lalu munculah ide dengan mengganti nama Googol yang berarti istilah untuk angka 1 yang diikuti sampai dengan angka 100. nama tersebut diinisiasi agar misi sebagai mesin pencari menjadi sebuah gudang informasi tak terbatas yang tersedia di Internet.

Saat itulah keduanya ingin mengceknya di penyedia domain, apakah nama googol.com sudah digunakan ataukah belum. Dan ternyata mereka salah mengetikan Google.com

Google.com pun belum digunakan oleh orang atau dengan kata lain belum dipakai orang lain dan larrypun merasa senang dengan nama google meskipun salah mengetiknya.

Dan saat itulah domain google.com dibeli tahun 1997 dan awalnya memang antar muka user intervacenya masih bersih karena keduanya tidak menguasai bahasa pemograman HTML.

Setelah itu page and brin ingin antar mukanya bersih dan ringkas, sang user tidak perlu bersusah susah mencari dimana letak pencariannya. Mereka cukup menekan keyword langsung menekan tombol enter sehingga ketemulah apa yang mereka cari.

Sampai sekarangpun di hari ulang tahunnya yang ke 22 sejak dirilis dan diganti nama sebagai mesin pencari Google masih tetap menampilkan logo dan kotak pencari saja. Halaman antar muka yang bersih tanpa ada embel-embel apapun. Dan saat ini google telah merayakan hari ultahnya melalui google doodle hari sebagai hari ulang tahunnya.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Asal Usul Nama Google, Dari Salah Ketik Jadi Mesin Pencari Populer | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5