Selamat Hari Bumi 2019, Apa yang kita harus lakukan?

Advertisement

Bingkaiberita.com– Mengapa Hari Bumi jatuh pada tanggal 22 April? seperti yang telah kita amati bahwa hari bumi ini secara resmi diperingati pada setiap tahunnya tanggal 22 April secara internasional. Berbeda dengan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperingati hari bumi pada tanggal 20 Maret, hal itu dicanangkan oleh seorang aktivis perdamaian yang bernama John McConnell. Ia melihat planet Matahari pada tanggal tersebut berada tepat diatas Katulistiwa atau dikenal dengan sebutan Ekuinoks Maret.

Sedangkan pada tanggal 22 April sendiri, hari bumi diperingati oleh salah seorang pengajar lingkungan hidup sekaligus Senator Amerikan Serikat yang bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970. Hal itu sebagai salah satu bentuk rancangan dan peningkatan kesadaran kita terhadap sebuah planet yang bernama bumi karena selama ini kita dapat tinggal di lingkungan planet yang bernama bumi.

Mengapa Hari Bumi Harus diperingati?

Penyebab adanya gagasan dilakukan hari bumi sendiri karena adanya pencemaran terhadap lingkungan yang semakin lama akan menimbulkan dampak terhadap bumi. Selain itu Nelson juga melihat adanya sebuah kasus yang terjadi di pesisir santa Barbar, California tahun 1969. Sebuah kapal Minyak yang tumpah sehingga tahun 1070 baru dicanangkan hari bumi.

Selain itu Nelson juga pernah peduli dengan isu lingkungan hidup tahun tahun 1960 an akan tetapi isu terebut hilang dari agenda negara. Dan menggagas hari bumi sendiri dengan mereformasinya pada tahun 1970 dengan mencangkan beberapa macam aturan seperti perlindungan sumber daya alam, menciptakan lapangan kerja yang ramah lingkungan dan berusaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

Dengan usahanya tersebut Nelson hingga dijuluki sebagai bapak konservasi karena kebanyakan manusia telah mengusik keberlangsungan planet sehingga akan menimbulkan dampak bagi kesehatan manusia. Selain itu Nelson juga menyemarakaannya kepada para pendemo anti perang karena peperangan akan menimbulkan dampak yang merusak lingkungan.

Cara Merayakan Hari Bumi

Peringatan hari bumi sendiri pertama kali disemarakan oleh warga Amerika Serikta dengan jumlah sampai dengan 20 juttaan dan bertambah secara perlahan hingga diperingati oleh 175 negara di seluruh dunia. Dan untuk itu kita sebaga manusia yang tinggal di Bumi saat ini harus dapat melakukan hal-hal yang baik untuk melestarikan bumi agar tetap dijaga dengan baik dengan beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai berikut ini:

1. Mulailah dari diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan menempel beberapa peringatan bagi mereka yang membuang sampah di sembarang tempat.

2. Memilah sampah plastik dengan sampah yang layak di daur ulang.
Anda harus menyiapkan beberapa tempat sampah dilingkungan anda yang terdiri dari sampah organik, non organik dan sampah yang dapat di daur ulang. Sehingga lingkungan anda nyaman untuk ditempati.

3. Menanam Pohon
Salah satu kontribusi dalam melestarikan lingkungan hidup adalah menanam pohon di lingkungan anda, karena saat ini dunia telah terkena efek rumah kaca yang berakibat terkenanya efek pemanasan global.

4. Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan
anda bisa menggunakan kereta api listik ataupun kendaaraan umum lainnya sehingga akan menghambat perubahan iklim dan pemanasan global.

5. Belanja Menggunakan Kantong Kain
Jangan menambah plastik ketika belanja gunakan kantong sendiri ketika berbelanja, kantong yang bisa dipergunakan berulang kali menggunakan kantong yang terbuat dari kain.

6. Bawalah air minum sendiri
Anda harus perhatikan lingkungan dengan membawa air minum sendiri ketika bepergian karena dengan kita menggunakan air minum dalam kemasan maka, akan menambah volume sampah.

7. Buatlah taman-taman hijau.
Anda harus menghias lingkungan anda dengan taman-taman yang hijau dengan menanam tumbuhan disekitar sehingga nyaman untuk belajar dan bermain.

8. Mengajak komunitas
Silahkan anda mengajak komunitas untuk mencintai lingkungan dan mengajak mereka untuk gotong royong membersihkan tempat- tempat umum atau jalanan yang ada di sekitar tempat perbelanjaan.

9. Gunakan Sepeda
untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan, jika tempat kantor, kampus dan tempat yang anda tuju lebih dekat dari rumah silahkan gunakan sepeda.

10. Mematikan Lampu
Silahkan matikan lampu di rumah ketika lampu tersebut tidak dipergunakan dengan contoh anda hendak keluar dari rumah.

Itulah berbagai hal yang harus dilakukan dan dicanangkan oeh masing-masing individu untuk melestarikan lingkungan hidup supaya kedepannya tidak ada kerusakan pada lingkungan

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Selamat Hari Bumi 2019, Apa yang kita harus lakukan? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
close