Gaji Tertinggi PNS Indonesia

Advertisement

Bingkaiberita.com – Pasti para orang tua yang akan mengarahkan anaknya menjadi PNS masih penasaran dengan gaji PNS tertinggi ada di Kementerian apa. Sejumlah pelamar PNS yang kian membludak setiap pembukaan pendaftaran masih memungkinkan menjadi peluang bagi lulusan SMA untuk menentukan arah kariernya di Masa mendatang. Jangan sampai salah jurusan karena menjadi PNS gajinya kecil.

Gaji Pokok PNS Berdasarkan Masa Kerja

Pegawai Negeri Sipil kian menjadi banyak idaman, karena tidak lain lowongan kerja yang semakin sedikit hingga menumpuknya para lulusan perguruan tinggi yang banyak tidak memiliki pekerjaan yang tetap. Jumlah CPNS yang mendaftar pada tahun lalupun sudah mencapai 5 jutaan orang untuk diterima menjadi PNS.

Namun, tidak semua orang akan menjadi PNS karena dibatasi oleh Usia, formasi yang didaftar dan penerimaan yang dibatasi setiap tahunnya. Seorang yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara sangat diidam-idamkan. Terutama saat pandemi virus corona saat ini, banyaknya karyawan yang di PHK oleh Perusahaan karena terdampak omset menurun sehingga beresiko besar ketika menjadi karyawan swasta.

Berbeda dengan PNS yang resikonya kecil untuk diberhentikan, mendapat jaminan hari tuan dengan pendapat yang stabil. hal itulah yang menjadi daya tarik lulusan SMA atau perguruan tinggi baik itu dari swasta maupun negeri yang berbondong-bondong bersaing untuk menjadi PNS.

Nah, untuk Gaji yang stabil tersebut masih ditambah dengan tunjangan-tunjangan yang diberikan sehingga tambahannya lebih besar seperti tunjangan kinerja, kesejahteraan profesi dan lainnya.

Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki gaji pokok PNS yang sama dari sabang sampai merauke menurut masa kerja dan golongan kerjanya yang membedakan adalah besaran tunjangan sesuai dengan penempatan instansi mereka mengabdi.

Nah, penasaran kan PNS mana yang memegang gaji tertinggi di Indonesia?

Nah, para orang tua harus catat ya, jika memiliki keinginan anaknya memiliki gaji yang tinggi dengan tunjangan PNS mereka harus disekolahkan di Perpajakan atau Jurusan Keuangan.

Gaji Tertinggi untuk eselon 1 yaitu dipegang oleh Dirjen Pajak Kementerian Keuangan. Menurut Peraturan Presiden yang tertera nomer 37 tahun 2015 bahwa Dirjen Pajak Memiliki Tunjangan Kinerja atau TPP sebesar Rp 117.375.000 per bulannya.

Selain itu untuk eselon satu yang ada di Dirjen pajak lainnya menerima tunjangan kinerja atau TPP sebesar Rp 99.720.000, Rp 95.602.000, dan Rp 84.604.000

Tunjangan kinerja di lingkunagn Direktorat Jenderal pajak lebih besar dari pada instansi lainnya di Pemerintahan dan Tunjangan kinerja akan dibayarkan 90 persen jika realisasi penerimaan pajak sebesar 90-95 persen, Apabila penerimaan pajak negara 80-90 persen maka tukin dibayarkan 80 persen dan tukin akan dibayarkan 50 % jika kurang dari 70 persen.

Wow sekali jika pajak yang masuk di negara kurang dari 70 persen masih mendapatkan bayaran tukion sebesar 50% jadi masih dapat 50 jutaan belum termasuk gaji pokok dan tunjangan lainnya seperti tunjangan suami istri, tunjangan anak, tunjangan jabatan dan uang perjalanan dinas.

Seorang dirjen pajak memiliki golongan paling tinggi di PNS yaitu IVE yang besarannya diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomer 15 tahun 2019 terkait besaran gaji pokok pns sesuai dengan masa kerja golongan dan lama masa kerja. dengan besara golongan 4E antara 3,5 juta sampai dengan 5,9 juta belum termasuk tunjangan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda langsung ke artikel kami sebelumnya di gaji pokok pns. Semoga dengan sedikit informasi ini bisa membantu para orang tua untuk menentukan masa depan karier anaknya. Apakah bercita-cita kaya dari PNS maka mereka bisa langsung masuk jurusan perpajakan atau kuliah di STAN karena banyak lulusan stan yang juga masuk di perpajakan. Apalagi Gaji Lulusan STAN juga besar.

sumber: kompas.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Gaji Tertinggi PNS Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5