Gagal Lolos Seleksi Daftar kartu Prakerja? Anda kah itu, Yuk Cari Tahu Sebabnya

Advertisement

Bingkaiberita.com- Setiap kali mengajukan pendaftaran kartu prakerja selalu ditolak, ntah apa yang menyebabkan seleksi selalu gagal. Sampai saat ini pendaftaran kartu prakerja sampai ke gelombang 9 dan jumlah pendaftar lebih banyak dari pada peserta yang diterima setiap gelombangnya.

Prakerja

Kemungkinan lolos seleksi program pra kerja memang susah, masyarakat memang banyak sekali yang sudah mencoba hingga berkali-kali namun tidak kunjung lolos seleksi prakerja ini.

Pada gelombang 9 saja yang diterima hanya 800 ribu sedangkan yang mendaftar sampai dengan 5,9 juta. Bisa dibilang bahwa para pencari kerja di Indonesia itu sangat tinggi. Banyak pengangguran dimana-mana itulah kenyataan yang terjadi di Indonesia.

Nah, pemerintah dalam peraturan presiden telah merilis sebuah pernyataan yang tidak akan berhak mendapatkan kartu pra kerja ini sesuai dengan nomer 76 tahun 2020.

Jadi bagi kalian yang memang sudah memiliki keuangan resmi atau pekerjaan tetap tidak akan mungkin dapat penyaluran pra kerja ini, Adapun orang yang tidak berhak adalah pejabat negara, TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, Anggota Dewan Perwakilan rakyat, Kepala Desa serta perangkatnya, Pegawai BUMN maupun BUMN.

Jadi para pengusaha tidak termasuk dalam pepres tersebut anehnya. Bagi yang disebut dalam pepres tersebut mereka tidak akan dapat lolos menjadi penerima bantuan pra kerja dan dipastikan pendaftar tidak akan lolos pra kerja.

Selain itu bagi yang terdaftar penerima bantuan sosial bansos dari kementerian sosial maupun bantuan upah gaji dari kemnterian ketenagakerjaan mereka juga tidak akan lolos dalam seleksi kartu pra kerja.

Awalnya memang kartu prakerja memang difokuskan pada peningkatan calon bidang kompetensi sumber daya manusia untuk para pengangguran yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Namun hal itu berubah menjadi semi bantuan sosial.

Jika seorang pendaftar yang masih gagal dan tidak termasuk dalam kriteria diatas disarankan untuk mendaftarkan kembali ke gelombang berikutnya, karena penerima bantuan sosial mereka tidak akan mendapatkan kartu prakerja ini.

Program ini hanya dapat sekali didaftar oleh para peserta, kalaupun sudah dapat maka mereka tidak akan mendapatkan bantuan prakerja lagi. Dan bagi yang selalu gagal mereka harus mencoba lagi di
tahap selanjutnya.

sumber: kompas.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Gagal Lolos Seleksi Daftar kartu Prakerja? Anda kah itu, Yuk Cari Tahu Sebabnya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5