UTBK SNBP TA 2023-2024 Pendaftaran, Jadwal, Biaya Tes, Materi

Bingkaiberita.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga yang ditunjuk untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi Negeri. Dalam hal ini untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi seorang calon mahasiswa dapat memilih 3 jenis seleksi. Pertama yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN atau yang disebut dengan (SNMPTN), Kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu syarat seleksi bersama masuk PTN (SBMPTN) dan terakhir yaitu yang ketiga yaitu Ujian Masuk (UM) Mandiri yang dijadwalkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

UTBK SBMPTN 2023-2024

UTBK-SBMPTN ini berbeda dengan SNMPTN. Untuk SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi perguruan tinggi negeri yang berdasarkan atas hasil prestasi akademik calon mahasiswa yang nantinya siapa saja siswa yang memang layak mengikuti SNMPTN. Sedangkan untuk UTBK SBMPTN ini terbuka untuk umum lulusan siswa kelas 12 SMA termasuk bagi yang tidak lolos ujian SNMPTN mereka dapat masuk melalui jalur SBMPTN berdasarkan hasil UTBK mereka. Nah, tidak memperlebar informasi, kami akan informasikan beberapa hal terkait UTBK SBMPTN dari jadwal, ketentuan hingga dengan materi tes.

Pendaftaran UTBK SBMPTN

Pendaftaran UTBK ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi melalui website resmi LTMPT yang beralamat di https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/ Bagi yang memang ingin melakukan pendafaran silahkan anda daftar menggunakan website tersebut

Jadwal UTBK SBMPTN

LTMPT telah merilis jadwal UTBK untuk tahun depan ini mulai dari tahap pendaftaran, pelaksanaan hingga dengan pengumuman seleksi UTBK adalah sebagai berikut ini:

NO Jadwal Rencana KegiatanTanggal
1Registrasi Akun LTMPT7 feb s/d 12 Maret
2Pendaftaran UTBK dan SBMPTN15  mar s/d 1 april
3Pelaksanaan UTBK 2 GelombangGel 112 s/d18 april
Gel 226 april s/d 2 mei
4Pengumuman hasil Seleksi SBMPTN14 juni jam 15.00 WIB

Persyaratan Peserta UTBK SBMPTN

Nah, setelah kita mengetahui jadwal kapan UTBK akan dilaksanakan selanjutnya kita harus mengetahui apa saja syarat pendaftaran UTBK

1. Silahkan anda membuat akun LTMPT untuk pendaftaran UTBK

2. Pendaftaran UTBK diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK atau lulusan dari Paket C dengan maksimal usia 25 tahun per 1 juli 2021

3. Persyaratan peserta bagi yang akan memilih prodi:
Saintek: harus ikut ujian TPS, TKA Saintek
Soshum: harus ikut ujian TPS, TKA Soshum
Campuran Saintek dan Soshum: harus ikut ujian TPS, TKA Saintek dan TKA soshum

4. Hasil UTBK saat pendaftaran tahun ini hanya berlaku ditahun yang sama tidak berlaku diujian tahun depannya.

5. Peserta wajib melakukan pembayaran biaya Tes UTBK.

Syarat Pendaftaran SBMPTN

Bagi yang sudah melaksanakan ujian tes tulis berbasis komputer (UTBK) mereka dapat melakukan pendaftaran SBMPTN dengan syarat SBMPTN sebagai berikut:

1. Hasil Nilai UTBK yang sudah diperolehnya.

2. Bagi peserta yang memilih produk Olahraga maupun kesenian harus menunjukkan portofolio. baik hasil karya maupun sertifikat

3. Berbadan Sehat agar studi kuliah dapat berjalan dengan lancar.

Biaya Pendaftaran UTBK

Untuk biaya  pendaftaran UTBK dibagi menjadi dua pembiayaan yaitu

Kelompok Ujian Saintek dan Soshum membayar uang UTBK sebesar 200 ribu
Kelompok Ujian Campuran (saintek dan soshum) membayar uang sebesar 300 ribu.

Materi TES UTBK SBMPTN

Bagi yang sudah melakukan pendaftaran UTBK, mereka harus belajar sejak dini, atau sejak informasi ini diterbitkan di bingkaiberita.com dengan materi UTBK yang dibagi menjadi dua macam yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademi (TKA)

Sesuai dengan materi tes yang akan diujikan bahwa soal ujian yang akan diberikan adalah materi penekanan test pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) Atau pembelajar yang berbasis Model HOTS baik itu pada materi TPS maupun TKA.

TPS sendiri berisi tentang kemampuan kuantitatif, Penalaran umu, pemahaman umum serta kemampuan baca dan tulis

TKA sendiri untuk mengukut kemampuan siswa dala bidang pengetahuan yang telah mereka dapatkan disekolah, pemahaman yang baik terhadap materi sekolah untuk menempuh pendidika yang lebih tinggi.

Pengumuman hasil UTBK SBMPTN

bagi yang sudah melaksanakan uji komptensi untuk persyaratan SBMPTN, mereka harus selalu melihat pengumuman hasil utbk di website resmi yang telah disediakan oleh LTMPT diwebsite resminya sesuai dengan jadwal jam yang telah ditentukan.

Semoga dengan sedikit informasi ini dapat memberikan gambaran bagi anda siswa lulusan  kelas 12 SMA untuk menentukan prodi dan jalur perguruan tinggi mana yang harus anda lakukan.

UTBK SNBP TA 2023-2024 Pendaftaran, Jadwal, Biaya Tes, Materi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5