Syarat Pendaftaran UTBK Ta 2020-2021

Advertisement

UTBK merupakan salah satu persyaratan terbaru bagi calon mahasiswa yang akan melakukan pendaftaran SBMPTN, UTBK sendiri merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarkana oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Maka dari itu calon mahasiwa harus tahu apa syarat pendaftaran utbk dan tahapannya!

Salah satu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang bergerak langsung dibawah naungan kemenristekdikti ini telah memiliki sertifikasi dalam penyelenggaran ujian tes masuk perguruan tinggi negeri. Standar soal-soal yang diujikan oleh calon mahasiswapun sudah diuji sampai dengan tahap keberhasilan.

Pendaftaran UTBK sendiri dapat dilakukan secara online melalui portal resminya di https://ltmpt.ac.id yang mana persyaratan utama untuk mengikuti jalur tes ini adalah siswa yang telah lulus dari pendidikan sekolah menengah atas maupun madrasah aliyah, kejuruan ataupun sederajad. Untuk lulusan Paket C juga diperkenankan untuk melakukan pendaftaran UTBk ini.

Syarat Pendaftaran UTBK

Nah, karena UTBK menjadi salah satu syarat resmi untuk mengikuti pendaftaran SBMPTN, maka dalam pendaftaran UTBKpun ada beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh mahasiswa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

– Bagi pelamar yang hendak mengikuti pendaftaran UTBK hanya diperbolehkan untuk mengikutinya maksimal dua kali dalam tahun tersebut dengan ketentuan Mengikuti Jalur SBMPTN Saintek sekali dan SBMPTN Soshum Sekali. Atau dengan cara mengikuti SBMPN Saintek dua kali ataupun SOSHUM dua kali.

-Pendaftaran UTBK ada dua dua gelombang yang mana peserta dapat mengikuti tes satu kali mendaftar pada gelombang pertama ataupun kedua.

– Nah, bagi peserta yang telah mendaftar di gelombang pertama satu kali, maka masih ada kesempatan sekali pada gelombang kedua

– Biasanya jadwal pendaftaran UTBK gelombang peratama jatuh pada bulan maret sedangkan untuk test akan jatuh pada bulan april dan mei

Nah, bagi yang sudah jelas mengenai ketentuan yang harus dilaksanakan oleh masing-masing peserta maka, pelamar harus memenuhi persyaratan UTBk sebagai berikut ini:

1. Pertama bagi pelamar yang berhak mendaftar utbk adalah lulusan dari siswa SMA sederajad, ataupun yang lulus paket C. Bagi yang lulus tahun ini bisa mendaftar bagi siswa kelas 12.

2. Kedua, bagi yang hendak melakukan pendaftaran persyaratan lainnya harus melakuakn pendafatran secara online di portal resmi utbk yang ada di pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id dengan menggunakan NIS dan NPSN untuk melakukan pendaftaran hingga mendapatkan username dan password.

3. Ketiga, persyaratan yang harus dipenuhi adalah melakukan pengisian formulir secara online dengan mengunggah pas foto berwarna, mengisi data, memilih jenis, dan sesi ujian dan memilih lokasi ujian UTBK dan sealnjutnya mereka akan mendapatkan faktur yang harus dibayarkan ke bank yang berbentuk slip pembayaran.

4. Keempat, pelamar yang mengikuti UTBK dengan membayar sejumlah biaya untuk uji tes komputer yang telah ditentukan oleh pihak panitia. Ke Bank yang telah ditentukan dengan pembayaran yangt telah ditentukan paling lambat 1x 24 jam atau sehari. Pembayaran tersebut diperuntukkan bagi siswa yang bukan pendaftar bidik misi, untuk pendaftar bidikmisi gratis biaya pendaftaran.

5. Kelima, bagi yang sudah melakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk selanjutnya, pelamar harus masuk kembali dan login ke portal pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.

6. Keenam, silahkan ada mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal sesi dan lokasi ujian UTBK.

Berapa Biaya Pendaftaran UTBK?

Bagi yang hendak mendaftar UTBK ini setiap peserta harus membayar seebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk sekali tes komputer. Dan biaya tersebut dibayarkan ke bank yang telah ditunjuk oleh panitia UTBK yaitu Bank Mandiri, BNI dan BTN. Dan bagi yang sudah membayarkan uang makan para pelamar tidak dapat menarik uang kembali dan untuk para peserta dari Bidikmisi yang telah dinyatakan lolos dari Kemdikbud maka mereka dapat mengikuti UTBK tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Nah, itulah sedikit persyaratan pendaftaran UTBK yang harus anda penuhi ketika nantinya akan masuk diperguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, karena tahun ini pendafatran SBMPTN dimulai dari ujian langsung di LTMPT. Karena mungkin pendaftaran SBMPTN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dengan menggunakan ujian berbasis komputer maka perguruan tinggi swastapun juga melirik mekanisme baru dari pemerintah, selain itu juga dari perguruan tinggi kedinasanpun juga menginginkan pendaftarannya dilakukan melalui mekanisme ujian berbasis komputer dan dilakukan serempak.

Boleh jadi UTBK menjadi salah satu persyaratan di Indonesia bagi calon mahasiswa yang akan belajar masuk di perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi kedinasan karena dibeberapa perguruan tinggi proses UTBK seperti ini sudah banyak mulai dilirik oleh perguruan tinggi tersebut. Hal itu terlepas dari ujian tulis masuk pada sebuah perguruan tinggi yang  notabene memiliki sebuah program mandiri untuk masuk di sebuah kampus. Karena penerimaan mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi ini selain melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) mereka juga memiliki jalur sendiri atau disebut dengan Jalur Mandiri.

Bagi, kawan-kawan semua yang memang tahun ini atau tahun depan hendak melakukan pendaftaran SBMPTN, akan lebih baik mengetahui persyaratan apa saja ketika hendak mendaftar SBMPTN melalui pendaftaran UTBK. Nah, Apabila teman anda belum mengetahui persyaratan dan biaya UTBK silahkan anda share melalui sosial media twitter, instagram ataupun facebook.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Syarat Pendaftaran UTBK Ta 2020-2021 | Topik Nugroho | 4.5
close