Kuliah STAN Wajib UTBK SBMPTN

Bingkaiberita.com – Sekolah Kedinasan yang satu ini sudah mewajibkan calon mahasiswa barunya untuk mengikuti Tes Tulis Berbasi Komputer atau yang sering disebut dengan UTBK pada lembaga tes Masuk perguruan tinggi (LTMPT). Sekolah Kedinasan yang dimaksud adalah Kuliah STAN Wajib UTBK.

Kuliah STAN Wajib UTBK

Seperti yang dilansir dari laman kompas.com keterangan yang ditulis oleh ketua pelaksanan LTMPT yang bernama Budi Prasetyo menyebutkan bahwa Ujian Masuk yang dilakukan sekolah kedinasan ataupun perguruan tinggi dengan Nilai UTBK merupakan hak prerogatif Perguruan tinggi yang bersangkutan. Salah satu lembaga perguruan tinggi ikatan dinas yang sudah menjalin kerjasama dengan LTMPT adalah Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN).

Seperti penuturannya, bahwa tidak semua tes yang dilakukan oleh LTMPT akan diambil semua, termasuk bobot penilaiannya hal itu merupakan kewenangan STAN Seperti nilai TPS maupun TKA Soshum yang notabene digunakan untuk seleksi ujian masuk kuliah STAN. STAN akan meminta nilai Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik Sosial yang notabene nantinya para peserta akan diujia kemampuan dasarnya dalam hal logika dan analisis.

Pelaksanaan UTBK STAN

STAN akan mengacu dua nilai yang akan digunakan oleh UTBK yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik yang pelaksanaan tes di LTMPT akan dilakukan dua gelombang yaitu pada gelombang pertama ditanggal 12 s/d 18 april dan gelombang kedua pada tanggal 26 april s/d 2 Mei.

Sedangkan tesnya akan dilaksanakan setiap harinya setiap pagi dan siang hari dengan biaya yang berbeda-beda untuk penjurusannya. Bagi kelompok saintek dan soshum akan dikenakan biaya 200 ribu sedangan biaya UTBK untuk kelompok ujian campuran saintek dan soshum biayanya 300 ribu. Dan tiap peserta harus membayar sesuai dengan yang diinformasikan sebagau syarat syah mengikuti SBMPTN Kuliah STAN.

Terkait dengan waktu pelaksanaanya akan ada waktu berdasarkan GMT yang ada di Indonesia yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) dari mulai pagi dari jam 06.45 sampai dengan sore hari sampai jam 16.15 untuk WIB.
Sedangkan untuk waktu Indonesia Tengah (WITA) dari jam 07.45 sampai sore hari di jam 17.15. Dan untuk WIT mulai jam 08.45 sampai jam 18.15. Waktunya akan sesui dengan WIB dan berhitung mundur untuk WITA dan WIT.

Kisi-Kisi Materi UTBK STAN

Untuk kisi-kisi yang akan diujikan di lembaga (LTMPT) akan ada dua materi yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Potensi Akademik. Nah, sebelum menghadapi ujiannya anda bisa mempelajari beberapa kisi- kisi materi sebagai berikut

Untuk TPS yang akan diujikan adalah materi tentang penalaran umum, kuantitatif berisi tentang penguasan matematika dasar, Pengetahuan, pemahaman umum dan kemampuan bacaan dan menulis. Dan setiap soal TPS akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Sedangkan untuk Tes Kompetensi Akademik atau penjurusannya sesuai dengan Tes Model HOTS baik itu untuk Kategori Saintek ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) sedangkan Soshum untuk kategori ( Matematika, Ekonomi, Geografi, sosiologi, Sejarah, bahasa indonesia dan bahasa inggris). Campuran dari kedua materi yang disebutkan diatas

Nah, untuk para calon mahasiswa harus belajar sesuai dengan apa yang diajarkan di sekolah karena siswa dari jurusan IPA SMA biasanya akan memilih bidang Saintek sedangkan jurusan IPS SMA akan milih bidang Soshum dan Anda harus tahu juga dengan jurusan Saintek atau Soshum anda bisa masuk jurusan apa saja ya?

Daftar Jurusan Saintek dan Soshum

Tanpa harus memilah-milah terlebih dahulu anda harus mengetahui pengelompokan jurusan dari Saintek dan Soshum sehingga anda tidak salah jurusan kedepannya. jangan sampai anda orang IPA memilih jurusan dari IPS. Nah, berikut daftar jurusan Saintek dan Soshum yang perlu anda ketahui.

Pada Bidang Saintek anda bisa masuk di jurusan: Kedokteran umum, hewan, gigi, Ilmu kesehatan masyarakat, Farmasi, Kebidanan, keperawatan, Teknik (kimia, nuklir, informatika,) Matematika dll

Pada bidang Soshum anda bisa masuk dijurusan: Ilmu politik, Ekonomi, Psikologi, Sastra, Hukum, Hubungan Internasional, Komunikasi, Manajemen, Akutansi dan masih banyak lagi

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan penjurusan dalam bidang saintek maupun soshum yang wajib anda ketahui sebelum menentuka jurusan dan mulai dari sekarang anda harus banyak mengumpulkan informasi terkait dengan penjuruan dan jangan lupa belajar sesuai dengan materi yang akan diujikan nantinya ya.

sumber: Kompas.com

Kuliah STAN Wajib UTBK SBMPTN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5