Berapa Biaya Pendaftaran UTBK Ta 2020-2021

Advertisement

UTBK adalah salah satu singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang dipersyaratkan bagi calon mahasiswa yang akan melakukan pendaftaran SBMPTN. Hukumnya mengikuti UTBK adalah wajib. Sehingga bagi yang hendak mendaftar SBMPTN jika tidak memiliki nilai UTBK maka tidak akan lolos atau tidak dapat mendaftar sbmptn.  UTBK sebagai jalur resmi yang harus ditempuh oleh seorang calon mahasiswa, sehingga mereka harus mengikuti perkembangan informasi yang sesuai dengan kapan jadwal pendaftaran UTBK, syarat apa saja yang harus dipenuhi ketika hendak mengikuti tes UTBK, ataupun calon mahasiswa harus mengetahui besaran biaya mengikuti UTBK. Dari semua itu akan kami rangkum dalam artikel sesuai dengan subjudul terkait UTBK.

Apa Kepanjangan UTBK?

UTBK kepanjangan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan kementerian riset dan teknologi pendidikan tinggi (kemenristekdikti).  UTBK sendiri sudah berstandar nasional yang mana kriteria soal yang akan diujikan oleh masing-masing peserta didik sudah diukur tingkat kemampuannya.

UTBK sendiri adalah salah satu hal yang baru dalam dunia pendidikan, awalnya penyelenggaraan test SBMPTN dilakukan di kampus-kampus negeri dengan menggunakan ujian tulis tanpa harus berbasis teknologi komputer, karena perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat dan pesat. Penyelenggaraan testnya menggunakan sistem komputerisasi meskipun masih menggunakan ujian tulis.

UTBK sendiri sudah melaksanakan beberapa prosedur materi yang sudah diikuti untuk tahap penerimaan sehingga calon mahasiswa diprediksi dapat mengerjakan berbagai soal sesuai dengan jurusan yang dipelajarinya. Namun, ada juga yang belajar melalui video online yang tidak sesuai jurusan. Di waktu SMA, ia adalah jurusan IPA namun berkeingan kuat untuk mengikuti jurusan IPS dengan fakultas ilmu sosial dan politik dengan jurusan Hubungan Internasional, sehingga ia harus belajar ilmu IPS karena memang yang akan diujikan adalah Materi SOSHUM dan Test Kemampuan Akademik seseorang. Ia dapat lolos UTBK dengan mempelajari seluruh video online tersebut. Tidak menutup kemungkinan bagi anda dari jurusan IPA yang hendak beralih jalur ketika kuliah masih bisa dari sekarang. Pastinya anda kenali jurusan anda sejak dini sehingga tidak salah jurusan karena masa depan anda dimulai dari SMA

Syarat SBMPTN Melalui UTBK

Salah satu persyaratan resmi yang harus dilaksanakan bagi siswa kelas 12 ataupun siswa SMA yang sudah lulus untuk mendaftar Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) adalah melalui tahap pendaftaran UTBK. Selain siswa kelas 12, bagi pendaftar dari lulusan paket C juga dipersilahkan untuk mengikutinya karena memang UTBK adalah salah satu jalur untuk dapat mengikuti SBMPTN. Di pendaftaran SBMPTN sendiri sudah tidak dilangsungkan penyelenggaraan test karena memang tesnya dilaksanakan diawal pendaftaran.

Mengenai syarat pendaftaran UTBK dan lainnya sudah kami ulas, yang terpenting pendaftaran utbk ini dilakuakn dalam dua gelombang yang pertama pada bulan maret dan yang kedua ada pada bulan Mei simak Jadwal pendaftarannya sebagai berikut ini

Jadwal Pendaftaran UTBK

Kapan Jadwal UTBK? Wacananya akan dibuka pada bulan november yang akan datang, namun masih belum tentu dibuka pada bulan tersebut karena memang pendaftaran UTBK yang notabene menggunakan dua gelombang kalau ditambah satu jadwal lagi menjadi tiga gelombang. Nah, kita tunggu informasi resmi dari ltmpt terkait dengan jadwal pendaftaran UTBK.

Alur Pendaftaran UTBK

Sebelum mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti per sesi ujiannya anda harus mengetahui alur pendaftarannya sebagai berikut ini:

1. Pertama seorang pelamar harus melakukan pendaftaran secara online di pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id menggunakan NISN dan NPSN sekolah yang dapat anda tanyakan ke sekolahan untuk mendapatkan username dan passwordnya.

2. Kedua, setelah itu pelamar harus mengisi formulir yang berkaitan dengan data terbaru sesuai dengan KTP, mengunggah pas foto yang berwarna, dan memilih jenis tes baik itu SAINTEK atau SOSHUM, sesi jadwal ujiannya, dan lokasi untuk ujiannya. Setelah itu anda akan mendqapatkan slip pembayaran. Nah berapa ya?

3. Ketiga seorang pelamar harus membayar slip pembayaran ke bank yang telah ditunjuk oleh panitia LTMPT, ada 3 bank yang ditunjuk untuk melakukan pembayaran yaitu bank BTN, bank Mandiri dan Bank BNI kecuali bagi pendaftar dari bidikmisi tidak butuh biaya tersebut dan pembayaran harus dilakuakn 1X24 jam.

4. Setelah melakukan pembayaran diharpkan untuk login kembali ke menu login pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id untuk mencetak kartu peserta ujian UTBK dan anda harus melihat dan mencatat tanggalnya supaya anda tidak ketinggalan.

Biaya Pendaftaran UTBK 2020

Nah, untuk biaya pendaftaran utbk per sesinya dikenakan uang sebesar Rp. 200.000,- setiap mengikuti test. Dan untuk test UTBK ini dapat diikuti maksimal dua kali, anda bisa melihat ketentuannya di syarat pendaftaran seperti link yang telah kami sampaikan. Itulah beberapa hal terkait dengan UTBK yang notabene saat ini menjadi persyaratan wajib seorang calon mahasiswa yang hendak mengikuti SBMPTN.

Bagi teman-teman yang berkeingan mengikuti SBMPTN jangan lupa untuk update terus informasi pendaftaran SBMPTN yang notabene saat ini pendaftaran sbmptn menggunakan nilai UTBK untuk dapat mendaftar di perguruan tinggi pilihan, Jangan lupa anda share kepada teman-teman kelas 12 SMA/MA/SMK sederajad yang berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri karena memang tahap alur pendaftaran nya sudah berubah dan sudah tidak seperti dahulu.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Berapa Biaya Pendaftaran UTBK Ta 2020-2021 | Topik Nugroho | 4.5
close