Kapan SK CPNS Diberikan? Inilah Penjelasan BKN

Bingkaiberita.com – Kapan SK CPNS diberikan oleh pelamar formasi CPNS terbaru? Sebelum memberikan  Surat Keputusan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, Badan Kepegawaian Negara (BKN) harus menetapkan Nomer Induk Pegawai terlebih dahulu.

PNS

Berdasarkan data yang masuk pada bulan desember ini jumlah peserta yang dinyatakan lolos untuk mendapatkan NIP dan SK CPNS sebanyak  138.791 peserta  dari formasi yang dibuka sebanyak 150.371 dengan rincian kelulusan jabatan dosen sebanyak 3.469 orang, jabatan guru sebanyak 55.039, tenaga teknis sebanyak 52.826 sedangkan tenaga kesehatan sebanyak 52.826.

 

Target dari BKN untuk penetapan NIP akan selesai pada bulan desember setelah pemberkasan administrasi akhir dari kelulusan SKB CPNS.

 

Lalu, Kapan SK CPNS Diberikan?

 

SK CPNS sebelum diberikan kepada pelamar instansi kementerian, pusat, daerah akan diterbitkan terlebih dahulu maksimal 30 hari setelah penetapan NIP. Dan nantinya yang bertanggung jawab untuk memberikan SK CPNS adalah instansi masing-masing.

 

Namun, instansi terkait tidak harus menunggu 30 hari untuk memberikan SK CPNS. Instansi dapat segera memberikan SK CPNS setelah peserta mendapatkan NIP dari BKN.

 

Sehingga setelah selesai NIP diterbitkan oleh BKN, maka instansi kementerian, pusat dan daerah dapat langsung menerbitkan SK CPNS dengan TMT 1 Januari hingga 31 Januari dan tidak harus menunggu sampai akhir januari baru diberikan kepada para pelamar CPNS.

 

Sementara untuk Surat perintah menjalankan tugas akan diinformasikan instansi kepada para pelamar dan semoga segera mendapatkan surat perintah tersebut Dan intinya cpns akan digaji berdasarkan SPMT tersebut.

 

Bagi peserta yang sudah lolos sebagai CPNS harus selalu memantau selalu informasi perkembangan penetapan NIP melalui link resmi BKN.

 

Apabila proses penetapan NIP oleh BKN sudah selesai berarti anda tinggal menunggu peneritan SK CPNS oleh instansi dimana anda melakukan pendaftaran. Silahkan anda cek pelaporan penetapan CPNS sesuai dengan nama instansi seperti dilink berikut

 

sumber: https://www.bkn.go.id/penetapan-nip-cpns-ta-2019

Kapan SK CPNS Diberikan? Inilah Penjelasan BKN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5