Solusi Tidak Bisa Login INFO GTK Saat Menggunakan SSO Dapodik Periode Januari-Juli 2022

Bingkaiberita.com – Apa yang harus kita perbuat sebagai seorang guru apabila tidak bisa login Info GTK? Yuk, simak Solusi Tidak Bisa Login INFO GTK Saat Menggunakan SSO Dapodik Periode Januari-Juli 2021

Di Artikel Kali ini bingkaiberita.com akan memberikan solusi bagaimana mengatasi info gtk eror loginkarena masalah email atau lainnya. Apalagi di INFO GTK saat ini banyak informasi tambahan seperti verval ijazah, bantuan subsidi upah untuk para guru honore dan beberapa hal lain yang tentunya setiap semester guru yang sudah bersertifikati selalu melakukan cek SKTP.

Tapi semenjak bertambahnya pengguna yang login info gtk, menyebabkan kendala dan masalah yang dialami pada laman Info GTK dengan keterangan 502 Bad gateway. atau mengalami eror ketika menggunak SSO dapodik. Hal itu karena lalu lintas yang padat pada webservernya. Bayangkan saja jika ada sebuah toko yang biasanya hanya dikunjungi oleh 1 atau dua orang, dan ketika itu langsung ada 10 ribu pengunjung yang datang maka akan terlalu banyak antrian di depan pintu toko tersebut.

Ada beberapa masalah selain masalah yang terjadi, kami akan bahas satu persatu permasalahan dan solusi apa yang harus dilakukan ketika terjadi kendalanya.

Kendala pertama jikalau menyangkut dengan SSO Login Dapodik adalah Akun PTK atau guru yang bersangkutan belum terverifikasi, maka seorang PTK harus melakukan verifikasi akun ptk, karena untuk dapat mengakses laman portal Info GTK maka Solusinya adalah seorang guru harus melakukan Verifikasi Akun PTK.

Kendala kedua, Ada pada email yang digunakan, apakah anda menggunakan dua email dalam satu akun, jikalau email yang hilang, dan tidak dilakukan penghapusan pada data di dinas pendidikan maka akan terjadi dobel data email sehingga email yang digunakan akan bermasalah. Solusinya adalah dengan menghapus email yang digunakan pertama kali.

Kendala Ketiga, NUPTK Ganda, anda yang mengajar di beberapa sekolah untuk memenuhi jam pelajaran hingga 24 jam mengajar mereka mengalami masalah pada Info GTK yang mana PTK tersebut tidak dapat membuka INFO GTK yang dobel. Solusinya seorang PTK harus melakukan perubahan data ke dinas pendidikan wilayah anda untuk menetapkan sekolah induk pada sekolah pertama PTK tersebut mengajar sesuai dengan SK pertama sekolah sehingga tidak ada dobel data.

Kendala keempat, jika memang ada bad gateway atau bandwith habis anda bisa melakukan login di lain waktu karena memang banyak lalu lintas atau pengujung yang datang di portal info gtk tersebut anda bisa login ketika lalu lintas sepi saat pagi hari sebelum subuh atau malam hari sebelum anda tidur.

Nah, apabila masih juga Tidak Bisa Login INFO GTK meskipun tsudah menggunakan username dan pasword yang sesuai maka anda harus melakukan hal lain sebagaimana berikut:

1. Clear Browser Data

Anda bisa menclear atau menghapus terlebih dahulu data sebelumnya atau data penjelajahan dengan menggunakan ctrl + shif + delete dan enter. Anda bisa langsung pilih all untuk menghapus semua history penjelajahan setelah itu anda login ke info gtk dan coba sudah bisa masuk ataukah belum.

2. Menggunakan Browser Lain

Selain yang ada di google chrome masih ada broser lainnya seperti mozilla firefox dan lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah login info gtk yang gagal

3. Gunakan Komputer Lain

Jika menggunakan browser lain masih gagal, anda bisa menggunakan perangkat lainnya dengan data yang berbeda dan cobalah menggunakan laman individual PTK. Dengan Cara Cek Info GTK dengan 4 Metode yang pernah kami bahas.

Dan jika masih ada info gtk yang masih erors dan bermasalah silahkan anda tanyakan di kolom komentar siapa tau kami akan mengupdate lebih lengkap bagaiama agar info gtk anda dapat login dengan menggunakan SSO dapodik anda.

Solusi Tidak Bisa Login INFO GTK Saat Menggunakan SSO Dapodik Periode Januari-Juli 2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5