Guru Agama Honorer Tak Ada Formasi PPPK, Ini Alasannya

Advertisement

Bingkaiberita.com -Guru Agama yang bersatus Honorer mengancam akan mogok mengajar sampai dengan bulan maret karena pemerintah tidak menyediakan formasi rekrutment PPPK. Aksi Mogok tersebut tergabung dalam Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia dan menilai pemerintah tidak adil dalam mengambil keputusan.

Apalagi ketika ada program pelatihan tryout PPK waktu kemari, formasi guru agama untuk PPPK tidak ada pilihan alias tidak ada formasi untuk guru agama, baik untuk agama kristen, islam dan lainnya.

Menanggapi rencana mogok kerja untuk guru agama, maka kepala BKN memberikan komentar dan alasan terkait belum adanya usulan formasi untuk guru agama. Kepala BKN juga menanggapi ada dua alasan mengapa belum adanya formasi PPPK untuk guru agama.

Pertama, Belum adanya data yang akurat terkait dengan guru agama yang memiliki status honorer dalam penetapan formasi PPPK dari semua data yang ada.

Kedua, harus adanya kesediaan dari Pejabat Pembina Kepegawaian karena yang berhak mengusulkan dan merekrut PPPK adalah Pejabat Kepegawaian dan Kementerian Agama yang pastinya.

Jika belum ada data berapa semua data guru honorer dari kementerian agama, nantinya mereka akan ditempatkan di daerah dan wilayah mana.

Saat ini kementerian agama, kementerian pendidikan dan kebudataan beserta, Kemenkeu, kemenpan RB dan Badan Kepegawain Negara telah membahas masalah formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan masih diupayakan agar mendapat usulan PPPK kemdikbud yang nantinya Kemenag bertugas dalam pembuatan soal.

Sebelumnya memang belum jelas data semua guru honorernya dan Kementerian agama melalui Ditjen Pendidikan Islam dan ditjen bimas agama masih melakukan tahap verifikasi dan validasi Verval data berapa keseluruhan dari guru agama di sekolah baik guru agama islam, kristen, hindhu, budha, katolik dan Khonghucu.

Semantara kemenag memperkirakan jumlah guru agama honorer ada dikisaran kurang dari 120 ribu guru agama. Apalagi saat ini formasi PPPK yang diajukan oleh pemerintah daerah masih setengahnya dari program guru 1 juta PPPK ini.

Sehingga masih ada sisa 400 ribuan formasi yang masih kosong yang nantinya guru agama bisa mengisi formasi untuk PPPK tersebut.

Sumber Kompas.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Guru Agama Honorer Tak Ada Formasi PPPK, Ini Alasannya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5