3 Cara Cek Info Gtk 2019 – 2020

Advertisement

Bingkaiberita.com– Apa kabar bapak dan ibu guru yang udah bersertifikasi? SKTP di Info GTK sudah terbit kah? atau memang masih penarikan data di dapodik. atau mungkin belum tau caranya untuk cara cek info gtk terbaru? Soalnya cek info gtk tahun ini memang ada beberapa cara yang mungkin belum diketahui apalagi info.gtk.kemdikbud.go.id sering eror alias kalau login dengan akun ptk dapodik sering gagal.

Guru dan tenaga pendidik memang harus tahu info terbaru dari info gtk, dulunya info gtk dapat login menggunakan akun nuptk dan tanggal lahir. Namun, dengan perkembangan saat ini info gtk hanya dapat login menggunakan akun ptk yang sudah di daftar di dapodik.

Sebelum membahas terkait informasi guru dan tenaga kependidikan akan lebih baik mengetahui info GTK sendiri, mengapa banyak bapak dan ibu guru ingin sekali melihat informasi yang ada di website info gtk.

Apa Itu Info GTK?

Info gtk sendiri adalah sebuah informasi elektronik yang digunakan oleh para guru yang telah memiliki sertifikasi guru untuk mengecek, apakah SKTP sudah terbit ataukah belum. Dan dalam info gtk tersebut, apakah ada hal-hal yang harus diperbaiki dan belum valid sehingga terhambatnya penerbitan Sk tunjangan profesi. Maka dari itu para guru dan tenaga kependidikan harus sering memantau Info tersebut melalui berbagai cara yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada dua semester dalam penerbitan SK tunjangan profesi, pertama adalah tahap satu pada bulan juli sampai dengan desember dan kedua adalah pada semseter dua pada bulan januari sampai dengan juni sehingga masing-masing informasi GTK di update secara berkala tiap semsternya. Data tersebut diambil dari Data Pokok Pendidikan Sekolah atau sering disebut dengan Dapodik Sekolah. Nah, adapun pembagian rentang waktunya adalah sebagai berikut:

Info Gtk 2019 semester 1

Pada tahun ini, atau awal pembelajaran baru sekolah masuk pada semester 1 bulan juli sampai dengan desember diharapkan para guru dan tenaga kependidikan sudah mengetahui validasi datanya masing-masing guru melalui info GTK. Sehingga validasi data yang diambil dari dapodik telah sesuai dengan yang diampu atau yang telah dilakukan guru tersebut termasuk pembagian jam menagajar dan tugas tambahan disekolah. Dan para guru diharapkan untuk Cek SKTP Semester 1

Info Gtk 2020 semester 2

Semester 2 yang akan datang akan jatuh pada bulan januari sampai dengan bulan juni, yang mana para guru harus mengetahui informasi elektronik para guru melalui info gtk  yang bertujuan untuk Cek SKTP semester 2 sehingga info tersebut dapat diterima oleh guru baik itu perbaikan data yang harus dilakukan di dapodik maupun kevalidtan datanya. Selanjutnya kita harus mengerti dan mengetahui bagaimana cara cek info gtk

Ada beberapa cara cek info gtk, mulai dari simpkb dengan menu info gtk, manajemen sekolah hingga di website resmi info.gtk.kemdikbud.go.id. Nah, berikut ulasan singkat dari kami bagaimana cek info gtk melalui website resminya.

Cara Cek Info GTK di Info.GTK.Kemdikbud.go.id

Pertama, Silahkan anda menggunakan website aplikasi yang telah diberitahukan sebelumnya dari kementerian pendidikan dengan membuka info.gtk.kemdikbud.go.id/

Cara Cek Info GTK di Login Manajemen Dikdasmen

Kedua, silahkan anda login menggunakan akun PTK dan password PTK pada dapodik

Cara Login Info GTK dengan Akun PTK dapodik

Ketiga, silahkan anda pilih semster sekarang, dan masukkan Captca yang tertera seperti diatas kemudian anda login.

Login Info GTK

Ketika info.gtk.kemdikbud masih eror atau masih ada pengambilan data yang serupa, silahkan anda cek info gtk melalui manajemen sekolah.

 

Cara Cek Info GTK di Login Manajemen Dikdasmen (sekolah)

Pertama silahkan anda masuk di manajemen dikdasmen dengan mengunjungi website berikut ini dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Cara Cek Info GTK di Login Manajemen Dikdasmen

 

Kedua, selanjutnya silahkan anda lihat di beranda atas ada sebuah tulisan login menu yang sebelah kanan atas pojok dan disana nanti ada dua menu lagi yaitu manajemen dinas dan manajemen sekolah, silahkan pilih manajemen sekolah.

login manajemen sekolah

 

Ketiga, Setelah itu anda akan diarahkan pada pengelolaan data sekolah dengan memasukkan username dan passwordnya. Nah, pada tahap ini pasti seorang bapak dan ibu guru bingung dengan apa username dan password. Silahkan anda tanyakan ke operator dapodik, atau ketika waktu disekolah bisa meminta tolong kepada operator sekolah untuk membuka manajemen sekolah karena username dan passwordnya tersebut seperti user dan password dapodik.

Login data sekolah

Keempat, setelah dapat login ke manajemen sekolah, silahkan anda  klik menu kelola data pokok seperti gambar dibawah ini:

Kelola data pokok

Kelima, Di menu atas ada beberapa hal seperti sekolah, prasarana, guru dan tendik, rombel dan peserta didik. Silahkan anda klik guru dan tendik seperti gambar dibawah ini:

Klik Guru dan Tendik

Keenam,  maka akan mancul semua biodata guru-guru yang ada di sekolah, setelah itu anda arahkan pointer ke bawah dan geseralah tanda panah ke kanan anda dan temukan logo yang berwarna hijau seperti gambar dibawah ini:

Biodata Guru Lengkap di Manajemen Sekolah

Ketujuh, silahkan anda  geser pointer mousenya ke bawah sampai terlihat logo berwarna hijau yang bertuliskan INFO GTK.

Info GTK Manjemen sekolah

Setelah itu akan terlihat info gtk anda apakah sudah Valid ataukah belum. Dan bagi yang sudah valid silahkan untuk cetak info GTK. Nah, ituleh cara cek info gtk di manajemen sekolah. Lantas bagaimana dengan cara cek info gtk di simpkb

Cara Cek Info Gtk di Simpkb

Selain itu anda bisa cek info gtk di simpkb, salah satu aplikasi yang memang menyediakan menu info gtk.

Pertama, silahkan anda mengunjungi website sim pkb dengan link berikut http://simpkb.id/

login simpkb

Kedua, setelah tampil simpkb, silahkan anda login menggunakan email dan kata sandi simpkb. jika anda lupa username dan password simpkb silahkan anda cari nomer ukgnya dan gunakan tanggal lahir untuk masuk.

Cek SKTP

Ketiga, setelah tampil homepage di aplikasi sim pkb silahkan anda lihat menu info gtk. Silahkan anda klik menu info gtk dan akan diarahkan pada website info.gtk.kemdikbud.

Cara Cek Info GTK di info.gtk.kemdikbud

Keempat, silahkan anda login menggunakan akun ptk  dan password ptk yang diambil dari dapodik. Setelah klik login maka sudah data menampilkan informasi yang ada di Info GTK.

Cara Login Info GTK dengan Akun PTK dapodik

Login Info GTK

Itulah 3 cara cek info gtk yang dapat anda ketahui, semoga bapak dan ibu guru yang sedang mengelola dapodik dapat diberi kesabaran atas pengelolaan datanya dan perbaikan data bagi guru yang memang datanya belum valid di info gtk.

 

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
3 Cara Cek Info Gtk 2019 – 2020 | Topik Nugroho | 4.5
close