Syarat Perpanjang SIM

Advertisement

Bingkaiberita.comApa sih syarat Perpanjang SIM, khususnya untuk SIM C? banyak orang bertanya-tanya sebelum mengambil keputusan untuk mendatangi samsat polres maupun samsat keliling. Sebelum batas masa berlaku habis seorang pengendara motor dan mobil diwajibkan untuk memperpanjang masa berlaku SIM. Jika tidak diperpanjang, maka sim akan habis masa berlakunya dan seorang pengendara atu driver harus membuat SIM Baru.

 

SIM merupakan singkatan dari Surat Izin Mengemudi (SIM) yang wajib dimiliki oleh para driver sebagai salah satu bukti kemampuan dalam mengendalikan kendaraan baik itu yang berupa mobil, truk, dan motor yang masing-masing harus diperpanjang sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Masa berlaku SIM A, B, C, dan D hanya lima tahun, sehingga para driver harus melakukan masa perpanjangan selama lima tahun sekali. Dan untuk melakukan perpanjangan SIM ini tidak terlalu ribet atau lama karena hanya sekali datang ke Samsat SIM yang anda perpanjang sudah selesai. berbeda dengan pembuatan SIM, mereka datang mengumpulkan persyaratan dan harus melakukan ujian terlebih dahulu untuk pembuatan SIM

Syarat perpanjang SIMpun cukupah mudah, dan yang terpenting masa berlakunya masih bisa diperpanjang, Minimal perpanjang di Samsat keliling adalah 14 hari sebelum masa berlaku habis. Berbeda dengan di Samsat Polres, jika masih ada 1 bulan masa aktif maka di samsat tidak bisa melakukan perpanjangan SIM hanya di polres terdekat yang dapat memperpanjang SIM masa 1 bulan aktif.

Jika anda tidak mau membuat SIM Baru karena berlakunya masa SIM yang telah habis alagkah baiknya anda segera melakukan perpanjangan SIM, karena pihak kepolisian telah membuat SIM keliling yang jelas-jelas mempermudah bagi para pengendara, karena mungkin untuk perpanjang SIM atau buat SIM baru ini membutuhkan antran yang cukup panjang sehingga sangat melelahkan jika kita datang secara ramai-ramai.

Apa Syarat Perpanjang SIM C ?

Adapun persyaratan dokument yang harus dipersiapkan untuk memperpanjang SIM yang akan habis masa berlakunya adalah dengan membawa dokument sebagai berikut

1. SIM Lama yang akan habis masa berlaku
2. Fotokopi SIM lama beserta Kartu Tanda penduduk yang masing-masing difotokopi sebanyak 2 lembar
3. Surat keterangan sehat yang ada di polres setempat (jadi jika anda mendaftar onlinpun juga harus membawa surat kesehatan)
4. Melakukan pengisian formulir perpanjangan SIM bagi yang mendaftar manual. ( bagi yang melakukan pendaftaran online langsung print pendaftarn formulirnya.)
5. Melakukan pembayaran di Bank BRI

Tempat Melakukan Perpanjangan SIM

Jika anda sudah membawa persyaratan dan dokument seperti diatas, dimana kita harus melakukan perpanjangan segala jenis SIM yang kita miliki. Anda bisa membawa ke tiga tempat yang telah disediakan oleh korlantas Polri. Adapun 3 tempat tersebut adalah sebagai berikut ini

SIM Keliling

Biasanya sim keliling ini sudah dijadwalkan oleh polantas, dimana tempatnya diselenggarakan dan waktunya jam berapa, biasanya para pegawainya menggunakan mobil polisi untuk memberkan pelayanan sim keliling

Gerai SIM

Biasanya gerai-gerai sim ini ada di beberapa tempat yang ramai dikunjungi seperti Mall. Gerai-gerai tersebut membuka pelayanan sim untuk perpanjang masa berlaku SIM yang kita miliki

Kantor Samsat

Nah, biasanya di polres terdekat juga terdapat kantor satuan layanan penyelengaraan administrasi SIM. Anda bisa membuat SIM baru ataupun perpanjang SIM lama yang anda miliki.

Jadwal Samsat Keliling

Bagi yang tidak mau terlalu jauh datang ke Polres, anda juga bisa datang ke gerai samsat ataupun di Samsat keliling yang berada tidak jauh dari wilayah anda, dengan kata lain anda langsung datang ke samsat keliling terdekat diwilayah anda

Jadwal Samsat Keliling Jakarta Hari Ini

Berikut beberapa lokasi pelayanan SIM Keliling di wilayah DKI Jakarta pada Kamis, 20 Februari 2020:

Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng
Jakarta Utara : Depan Pos Pol BPL Pluit Jembatan 3
Jakarta Selatan : Kampus Trilogi Kalibata
Jakarta Barat : Mall Citraland Grogol
Jakarta Timur : Dealer Honda Jl. Dewi Sartika (http://korlantas.polri.go.id/artikel/korlantas/1170?Lokasi_SIM_Keliling_Jakarta_20_Februari_2020)

Jadwal Samsat Keliling Bogor hari ini

Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Bogor

image: http://korlantas.polri.go.id/

Senin: kawasan industri olimpic sentul dan kantor kecamatan gunung puri
Selasa: kawasan industri olimpic sentul dan kantor kecamatan babakan madang
rabu kawasan industri olimpic sentul dan kantor kecamatan bojongge
kamis: kawasan industri olimpic sentul dan kantor kecamatan cigombong
jumat minggu pertama: Depan cibinong Square dan Taman safari
jumat minggu kedua: Depan cibinong Square dan kantor kecamatan  Cisarua
sabtu: kawasan industri olimpic sentul dan depan cibinong square

Jadwal Samsat Keliling  Tangerang

Jadwal Samsat Keliling Tangerang

image from: http://korlantas.polri.go.id/

Senin s.d sabtu: Satpas Polres Metro tangrang Kota
Senin s.d sabtu: SIM Keliling:  Plaza Shinta, Pospol Pina, Ps. Laris Taman cibodas, Metropolis, City Mall karawaci
Senin s.d sabtu: Gerai SIM Alam sutra
Senin s.d sabtu: Gerai SIM Pusen (tahap renovasi)
Senin s.d sabtu: Gerai SIM Tangcity Mall

Jadwal Samsat Keliling Balikpapan

Senin/ Selasa: perum nirwana KM 5
Rabu Pasa segar Balikpapan Baru
Kamis Taman Tiga generasi Ruhui
Jumat Jl Pantai Manggar Lamaru
Sabtu Pasar Segar balikpapan baru

Jadwal Samsat Keliling Bandung Hari ini

Bagi anda yang berdomisili di wilayah Bandung dan sekitarnya, Samsat Bandung menyelenggarakan Samsat Keliling.

Mobil Samsat Keliling Bandung hari ini beroperasi di Pusdai Jl Diponegoro, Hotel Istana Jl. Lembong dan Miko Mall Kopo.

Jadwal Samsat Keliling Makassar

Jadwal Samsat Keliling Makassar

image from : http://korlantas.polri.go.id/

Jadwal Samsat Keliling Jogja

Jadwal Samsat Keliling Jogja

Cara Perpanjang SIM Secara Online

Menurut pengalaman yang telah kami lakukan sebelumnya, bahwasannya kami menggunakan website yang telah disediakan polres terdekat dan belum menggunakan registrasi SIM online kami lebih cepat selesai dari pada perpanjang dengan antran manual. Kami langsung diberikan antrean yang berbeda dibandingkan dengan yang antrenya menggunakan antrean offline.

Selain itu keuntungan lainnya menggunakan daftar perpanjang sim online ini adalah kita dapat menentukan waktu baik itu hari kedatangan ataupun jam kedatangan tiba di tempat yang telah ditentukan.

Jangan lupa untuk melengkapi persyaratan dokumentnya, kami lama di antrean surat kesehatan sehingga agak lama untuk antreannya. Nah, beriktu cara yang kami lakukan ketika melakukan perpanjangan SIM online

1. Kami melakukan pendaftaran di website registrasi SIM online, dan kami menentukan jenis pelayanan perpanjang SIM yang telah tertera di formulirnya. Kemudian jangan lupa anda print out bukti formulirnya.

2. Setelah anda print out formulir dari pendaftaran online, selanjutnya anda langsung capcus ke Polres yang anda tujukan dan mencari surat kesehatan yang ada di polres, jangan lupa anda membaca persyaratan dokument diatas ya.

3. Kemudian setelah itu anda melakukan pembayaran untuk perpanjang SIM online melalui ATM BRI atau teller BRI yang ada di polres.

4. Setelah selesai pembayaran, selanjutnya anda melakukan antran online pada Kantor pelayanan administrasi perpanjang SIM untuk dilakukan pengambilan foto terbaru, kemudian sidik jari dan tanda tangan.

5. Menunggu panggilan, bahwasannya SIM yang anda perpanjang sudah selesai.

Biaya Perpanjang SIM

Lantas berapa biaya perpanjang SIM? karena kami adalah pengendara motor yang kami bayarkan hanya cukup 75 ribu saja tidak ada penambahan biaya, cuma ketika anda meminta surat kesehatan, anda diminta biaya untuk periksa kesehatan di polres terdekat.

Untuk perpanjang SIM tanpa online pun bisa yang pasti antreannya juga lebih lama dari pada anda memperpanjang SIM secara online. Demikianlah beberapa hal yang harus anda bawa ketika melakukan perpanjang SIM online semoga dengan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan anda dalam perpanjangan sim

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Syarat Perpanjang SIM | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5