Pendaftaran KIP Kuliah Ta 2021,2022

Advertisement

Bingkaiberita.com KIP Kuliah Kemdikbud merupakan salah satu program Jokowi terkait dengan Kartu Indonesia Pintar yang diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat karena masalah ekonomi keluarga yang tak mendukung utuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Siswa lulusan SMA yang memiliki potensi akademik yang bagus di sekolah dan memiliki Keterbatasan ekonomi atau dari keluarga kurang mampu dapat dukungan dari pemerintah sesuai dengan Pasal 76 UU nomer 12 tahun 2002 terkait dengan pendidikan tinggi.

Pasal 76 uu Nomer 12 tahun 2012 itu berkaitan dengan Pemenuhan hak mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi, agar dapat menyelesaikan studi hingga selesai dan juga memiliki antusiasme dan potensi yang tinggi untuk menyelesaikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Bagi anda yang akan lulus dari SMA yang memiliki prestasi bagus dari keluar tidak mampu, maka pemerintah akan menjamin anda untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi dengan persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan:

Syarat Mendapatkan KIP Kuliah

Untuk mendapatkan KIP kuliah maka yang harus anda perhatikan adalah beberapa persyaratan untuk mengajukannya sebagaimana tercantum pada point-point dibawah ini:

1. Siswa yang mendapatkan KIP adalah Lulusan Siswa SMA sederajat atau lulus 2 tahun sebelum pendaftaran perguruan tinggi.

2. Penerima KIP adalah lulusan SMA yang memiliki prestasi dan potensi akademik yang bagus dari siswa yang kurang mampu yang dibuktikan dengan dokumen yang sah. Dokument Sah ini adalah bagi mereka yang dari awal mendapatkan program bantuan nasional yang berupa Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera dari pemerintah. Bagi yang belum memiliki KIP maka orang tua dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan apabila memenuhi persyaratan.

3. Penerima KIP Kuliah adalah bagi siswa yang lulus seleksi penerimaaan mahasiswa baru dari kampus yang terakreditasi A atau B

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah

Bagi para lulusan 2 tahun sebelum mendaftar perguruan tinggi yang hendak atau ingin mendapatkan KIP kuliah dapat melakukan pendaftaran secara onlin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada laman http://kip-kuliah.Kemdikbud.go.id

jadwal pendaftaran KIP Kuliah Tahun ini akan dibuka pada awal bulan maret mendatang, jadi bagi anda yang memiliki KIP kuliah silahkan anda melakukan pendaftaran ya diwebsite dan laman kemdikbud

Cara Daftar KIP Kuliah 2020

Pendaftaran KIP kuliah dilakukan secara online di webiste http://kip-kuliah.Kemdikbud.go.id dengan mengisi beberapa hal sebagai mana berikut ini:

Adapun beberapa hal yang harus anda isi atau data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah di website diatas adalah Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang dapat anda dapatkan di KTP, Setelah itu adalah Nomer Induk Nasiona (NISN) yang dapat anda tanyakan ke sekolah serta Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang dapat anda tanyakan disekolah dan terakhir adalah memiliki Alamat email yang aktif.

Setelah anda selesaikan formulir tersebut diatas kemudian anda akan diverifikasi oleh Sistem dan mendapatkan nomer pendaftaran dan kode akses untuk mendaftarkan ke Perguruan Tinggi Negeri yang anda minati

Cara Mengurus KIP Kuliah

Apabila keluarga anda belum memiliki kartu keluarga sejahter ataupun anda tidak mendapatkan kartu Indonesia Pintar sejak anda berada di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, anda dan keluarga anda masih mungkin mendapatkan KIP Kuliah jika anda benar benar lolos seleksi dan verifikasi bahwa kondisi ekonomi anda terbatas atau memiliki keterbatasan ekonomi.

Karena keterbatasan ekonomi ditandai dengan prorgram pemerintah jokowi terkait dengan kartu Keluarga Sejahtera maupun Karu Indonesia Pintar. Dan Bagi yang mendapatkan KIP kuliah maka akan diberikan fasilitas sebagaimana berikut ini:

1. Bagi yang mendapakan KIP Kuliah, maka akn dibebsakan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN dan juga seleksi masuk lainnya sesuai ketetapan panita dari PTN

2. Bebas biaya pendidikan selama kuliah yang dibayarkan ke PTN

3. Pendaftaran KIP Kulaih tidak dipungut biaya apapun.

4. Bagi yang mendapatkan KIP kuliah maka akan mendapatkan subsidi hidup perbulannya sebesar 700 ribu sesuai dengan pertimbangan di masing-masing wilayah anda.

Apabila anda ingin masuk ke jalur masuk PTN melalui SNMPT dan membutuhkan biaya karena terkendala biaya masuk silahkan untuk melakukan pedaftaran KIP kuliah terlebih dahulu untuk mendapatkan nomer pendaftaran dan kode akses dari awan bulan maret ini.

Dan calon mahasiswa diharapkan bersabar dan memantau terus perkembangan website kemdikbud informasi lebih jelasnya akan dilansir oleh Sekertaris Jenderal Kemdikbud yang ada diwebsite resminya ya sesuai dengan sumber dibawah ini

Sumber: Kemdikbud

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Pendaftaran KIP Kuliah Ta 2021,2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5