Syarat dan Cara Dapat Kartu Pra Kerja

Bingkaiberita.com – Program Kartu Pra Kerja Jokowidodo akan ditragetkan pada bulan april 2020 mendatang, Kementerian keuangan telah menyiapkan anggaran mencapai 10 trilyun rupiah untuk program yang telah direncanakan ketika jokowi berkampanye pada periode dua. Dan targetnya akan ada 2 juta orang untuk mendapatkan manfaat pada tahun ini

Program Kartu Pra Kerja ini sebagai salah satu modal para pencari kerja ataupun para pekerja yang telah di PHK oleh perusahaan yang mana program ini ditujukan kepada para orang orang yang baru mendapatkan layanan pelatihan vokasi atau latihan kerja. Setelah lulus pelatihan mereka akan mendapatkan kartu pra kerja ini dengan besaran 500 ribu rupiah.

Kartu Prakerja ini bukan ditujukan kepada pengangguran dari lulusan SD, SMP, SMA ataupun perguruan tinggi, karena untuk mendapatkan kartu pekerja mereka harus mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di wilayah anda.

Syarat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Cara Syarat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

image from detik.com

Nah, Syarat Apa saja yang harus dipenuhi untuk Mendapatkan kartu Pra Kerja ini?

Adapun syarat-syarat untuk mendapatkan Kartu pra kerja adalah sebagai berikut
1. Warga Negara Indonesia yang memiliki Usia minimal 18 tahun sampai dengan tanpa batasan usia maksimal. yang dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk.
2. Melampirkan Ijazah Fotokopi Lulusan SMA, SLTA atau yang sederajat
3. Lulusan dari perguruan tinggipun juga dapat mendapatka kartu pra kerja dengan melampirkan ijazah fotokopi.
4. Korban dari PHK perusahaan

Itulah syarat dapat kartu pra kerja, apakah anda masuk dalam bagian orang yang akan mendapatkan kartu pra kerja tersebut?

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Nah, bagaimana cara mendapatkan kartu pra kerja?

Untuk mendapatkan kartu pra kerja anda bisa daftar ke Balai Latihan kerja yang ada di wilayah anda, ketika masa pelatihan anda akan mendapatkan uang 100 ribu, dan selesai pelatihan anda dapat uang 500 ribuan. Atau dengan proses wawancara.

Cara daftar kartu pra kerja ini dipersyaratkan harus datang langsung ke Balai Latihan kerja dan mengikuti pelatihan disana dengan syarat-syarat dokument yang harus anda bawa ke BLK adalah sebagai berikut:

*) Berusia minimal 17 tahun
*) 1 lembar fotokopi ijazah SMA/SLTA (atau yang sederajat)
*) 1 lembar fotokopi KTP
*) 5 lembar pasfoto ukuran 3×4 latar merah

Nah, itulah salah satu syarat dan cara bagaimana mendapatkan kartu pra kerja yang dapat dijadikan refrensi bagi anda yang saat ini menjadi korban PHK.

Sumber. finance.detik.com

Syarat dan Cara Dapat Kartu Pra Kerja | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5