Status Validasi di Info GTK TA 2021-2022

Advertisement

Bingkaiberita.com – Info GTK kini sudah bisa diakses. Info GTK berisi informasi tetang data guru yang diinput pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (dapodik). Setiap guru dapat mengakses info GTK dan memeriksa data diri dan data sekolah masing- masing. Jika ada data yang salah, guru dapat mengusulkan perbaikan data melalui operator dapodik sekolah. Bagi guru yang telah bersertifikat pendidik, info GTK penting untuk mengetahui validitas data demi terbitnya Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP).

Dalam info GTK, terdapat informasi mengenai linieritas mata pelajaran dari seorang guru. Linieritas yang dimaksud mencakup latar belakang pendidikan guru, mata pelajaran yang diampu, dan bidang studi yang tertera dalam sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik diperoleh guru setelah lulus pada uji kompetensi yang mengukur standar profesionalitasnya pada bidang studi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan sebelumnya. Jika ketiganya linier, maka dapat menunjang validitas data yang berpengaruh pada penerbitan SKTP.

Terbitnya SKTP menunjukkan bahwa guru yang bersangkutan layak untuk menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau yang biasa dikenal dengan Sertifikasi Guru.

Proses Terbitnya TPG di INFO GTK

Proses untuk mendapatkan TPG cukup panjang. Dimulai dengan penerbitan SKTP. Ada beberapa tahapan pada info GTK dalam proses terbitnya SKTP. Berikut beberapa tahapan yang dilakukan oleh operator dapodik:

  1. Mapping jadwal semester gasal pada aplikasi dapodik yang telah diinput oleh operator dapodik.
  2. Pengecekan tentang kesesuaian data pada riwayat sertifikasi.
  3. Pengecekan tantana linieritas latar belakang pendidikan, mata pelajaran yang diampu, dan riwayat sertifikasi.
  4. Penghitungan dari banyaknya rombel yang diajar.
  5. Penghitungan Jumlah Jam Mengajar (JJM) linier ditambah dengan jumlah jam tambahan dengan total paling sedikit 24 jam.

Selanjutnya Operator Dinas akan melakukan validasi data dan hasilnya akan muncul pada info GTK. SKTP akan segera diterbitkan jika status info GTK dinyatakan valid. Validitasnya ditentukan dengan verifikasi data tunjangan profesi yang ditampilkan dalam info GTK, yaitu mencakup kelulusan sertifikasi, kelengkapan data, keaktifan, beban mengajar, usia, NUPTK, dan status kepegawaian.

Status Info GTK 2021

Info GTK semester gasal tahun 2021 sudah bisa diakses. Setiap guru dapat membuka info GTK dengan akun masing- masing. Pastikan bahwa info GTK yang akan dibuka adalah periode Januari – Juni 2021.

Jika info GTK telah terbuka, biasanya akan ada keterangan mengenai status tunjangan profesi. Status validasi tersebut biasa dituliskan sebagai berikut:

1. Info GTK berstatus Valid (Perlu verifikasi dinas)

Status valid yang memerlukan verifikasi dinas maksudnya adalah data yang terdapat dalam aplikasi dapodik sudah masuk dalam info GTK. Data kelulusan sertifikasi sudah benar dan linier dengan mata pelajaran yang diampu dan latar belakang pendidikan. JJM linier juga telah memenuhi syarat. Secara umum verifikasi tunjangan profesi telah memenuhi ketentuan. Selanjutnya operator dinas akan melakukan verifikasi untuk menyatakan keseluruhan data telah valid.

2. Info GTK berstatus Valid

Pada tahap ini, semua data telah sesuai dan memenuhi syarat. Selanjutnya guru yang bersangkutan hanya tinggal menunggu terbitnya SKTP.

3. Info GTK berstatus Tidak Valid

Apabila muncul status tidak valid dalam info GTK, berarti info GTK membaca ada kekurangan atau kejanggalan pada data yang diinputkan di aplikasi dapodik. Penyebab ketidak validan tersebut bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain: JJM linier kurang dari 24 jam, belum memiliki NUPTK, ada ketidakcocokan data pada Dapodik dengan data pada BKN, belum memiliki sertifikat pendidik, atau yang lainnya. Penyebab dari status tidak valid dapat dilihat pada bagian verifikasi tunjangan profesi. Biasanya ada keterangan tanda silang merah pada bagian yang belum valid, dan pada bagian yang sudah valid akan ada keterangan dengan tanda centang hijau.

Guru dapat menghubungi operator dapodik sekolah untuk memperbaiki data yang salah atau belum valid. Selanjutnya setelah perbaikan data, guru dapat kembali mengecek perubahannya pada info GTK.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Status Validasi di Info GTK TA 2021-2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5