Resep Menu Berbuka Puasa Ramadhan

2 min read

kolak

Bingkaiberita.com – Salah satu menu andalan saat berbuka puasa ramadhan diantaranya adalah kolak, selain kolak masih banyak lagi menu lainnya yang menjadi andalah saat berbuka, karena Rasullullah sendiri  menganjurkan untuk menyegerakan buka puasa dengan yang manis-manis. Selain dari kurma, masyarakat Indonesia sering membuat berbagai menu sajian minuman yang menyehatakan sekaligus menyegarkan ketika berbuka puasa.

kolak

Daftar isi

Resep Menu Kolak

Kolak adalah salah satu menu andalan yang dihidangkan ketika berbuka puasa,  minuman manis yang terbuat dari berbagai  macam bahan, salah satuya yang terkenal digunakan adalah berbahan dari pisang dan santan.  Kolak adalah salah satu minuman yang wajib dihidangkan oleh ibu rumah tangga di saat menjelang berbuka puasa. Rasa yang manis dan dibalut dengan es memberikan kesegaran bagi orang yang meminumnya.

Takjil berbuka puasa memang disunahkan dalam amalan melakukan puasa ramadhan, salah satunya menu dan  hidangan yang dianjurkan untuk mengawali buka puasa adalah hidangan menu yang bersifat manis seperti kurma untuk camilan ringannya dan kolak sebagai penutup minumannya. Minuman takjil yang sering disedikan oleh ibu rumah tangga ketika waktu berbuka atau sekedar untuk menjamu para tamu yang sedang bertamu dirumah anda.

Bila anda sebagai wanita karier, mungkin hal ini akan sulit untuk disediakan untuk suami dan anak di rumah,  anda bisa membelinya di sepanjang jalan dan trotoar yang menjajakan aneka makanan ringan dan minuman kolak sebelum menjelang waktu berbuka puasa. Berkah ramadhan ini juga dijadikan moment bisnis yang menggiurkan bagi para pedakang dadakan di sejumlah ruas di jalanan yang ramai khususnya untuk didaerah yang masyarakatnya sibuk dengan pekerjaan kantor ataupun didaerah yang pendidikannya tinggi baik di jakarta, bandung, yogykarta, solo, malang, surabaya, makassar dan disejumlah kota lainnya yang mempunyai taraf pendidikan yang relatif tinggi dibanding dengan kota lainnya di Indonesia.

Bagi anda yang masih mempunyai kesempatan untuk membuat kolah di rumah, tak usah kwatir, kami akan memberikan sebuah resep, cara membuat kolak rasa legit enak dan manis sehingga anda tak usah lagi membeli kolak di sepanjang ruas jalan di wilayah anda: Beriku beberapa bahan-bahan yang harus anda siapkan ketika akan membuat kolak.

Bahan-Bahan Membuat Kolak

– Siapkan berbagai bahan dasar yang digunakan seperti 150 gram  singkong, 200 labu, 50 gram nangka, 200 gram ubi  dan 5 buah pisang, 200 gram labu kuning yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian, 200 gram kolang-kaling,  tiga buah daun pandan

–  Penyedap masakan bisa menggunakan 400 gram gula merah yang disisir halus, 1 sdt Garam, 1500 ml air dan 800 ml santan dari sebuah kelapa

Cara Membuat Kolak

1.  setelah anda sediakan semua bahan tersebut yang anda lakukan adalah dengan merebus semua bahannya seperti   singkong, ubi dan lainnya untuk pisang usahakan untuk dipotong miring namun
2. Lalu masukkan bahan seperti nangka , garam, santan, dan masaklah hingga mendidih
3. Kolak Menu anda lan untuk Resep berbuka puasa siap untuk dihidangkan ketika lapar.

Resep Es Pisang Ijo

Selain menu resep kolak , pastinya warga Makassar tak ketinggalan dengan yang namanya Kuliner Khas Makassar yang menjadi hidangan saat buka puasa setelah kolak pisang. Karena memang sama-sama berbahan baku pisang yang identik dengan menu takjil saat puasa.

Seperti yang dapat kita lihat bahwa es pisang ijo sendiri memiliki warna hijau yang dibalut dengan adonan tepung selain itu juga dipadukan dengan rasa manis, gurih dan bau yang sedap karena menggunakan cocopandan, sirup dan bubur sumsum.

Hidangkan ini menjadi menu buka puasa yang tak kalah dengan kolak yang rasanya juga manis dan gurih, Nah, bagi ibuk-ibuk yang ingin memanjakan keluarganya bisa deh ikuti resep menu berbuka seperti dibawah ini

Bahan-Bahan Membuat Es Pisang Ijo

Bahan kulit:
1. 100 gram tepung terigu
2. 100 ml air
3. 1 sdt margarin
4. Garam secukupnya
5. Pasta pandan secukupnya
6. 3 buah pisang raja ukuran sedang

Bahan vla atau bubur sumsum:
1. 200 ml santan (santan kara 65 ml + air)
2. 25 gram gula pasir
3. 3 sdt tepung terigu
4. Garam secukupnya
5. Vanili cair secukupnya

Bahan lain:
1. Es batu atau es serut secukupnya
2. Sirup DHT atau sirup cocopandan secukupnya

Cara  Membuat Es Pisang Ijo

1. Untuk membuat kulitnya, pertama siapkan panci lalu rebus air, margarin, garam dan pasta pandan. Rebus sampai mendidih lalu kecilkan api, masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat. Matikan api.

2. Setelah adonan sudah agak dingin, remas-remas adonan hingga semua menyatu. Jika warnanya kurang hijau bisa menambahkan pasta pandan.

3. Kupas pisang lalu bungkus dengan adonan kulit tadi.

4. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi dengan minyak di dalam wadah pisang agar pisang tidak lengket. Lalu kukus selama 10-15 menit. Angkat dan potong-potong sesuai selera.

5. Untuk membuat vlanya, pertama rebus santan, gula, garam dan vanili cair. Aduk dengan whisker sampai mendidih. Kemudian larutkan tepung dengan air. Saat santan sudah mendidih, masukkan larutan tepung sambil diaduk terus dengan whisker sampai mengental dan mendidih. Matikan api.

6. Siapkan mangkuk atau piring. Letakkan pisang, es batu atau es serut

7. Tuangkan sirupnya dan es pisang ijo pun siap disajikan. Selamat mencoba!

 

Resep buka puasa ini cocok untuk dhidangkan untuk 10 orang, Selamat Berbuka Puasa Bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa .

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

One Reply to “Resep Menu Berbuka Puasa Ramadhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.