Inilah Tarif Kereta Api Cepat Jakarta- Bandung

Tarif Kereta Api Cepat Indonesia

Tarif Kereta Api Cepat Indonesia

Bingkaiberita.com – Tarif Kereta Api Cepat Jalur Jakarta -Bandung yang akan direncanakan diarap oleh produsen Tiongkok akan memiliki lintasan sepanjang 150 Kilometer yang dihargai antara 200 ribu sampai dengan 225 ribu setiap penumpangnya. Hal ini berdasarkan pada nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada 2019 yang diperkirakan perdolarnya mencapai 16 ribu per dolar.

“Hitungan tersebut beradasarkan pada Seasibility Study (SS) sebesar 200 ribu sampai 220 ribu yang diasumsikan pada tahun 2019, ” Kata Ketua Konsorsium Kereta Cepat di Jakarta, Jum’at (16/10/2015).

Meskipun masih menjadi kontroversi kereta api cepat dalam pengerjaannya dan pihak yang berwenang atas proyek ini, Kereta Api cepat ini diperkiraka akan melewati beberapa stasiun besar yaitu di Manggarai halim Perdana Kusuma, manggarai, Kerawang, Gede Bage, Bandung Barat, dan Kopo

Bintang Perbowo menyebutkan ada delapan stasiun yang akan dilalui oleh Kereta Api cepat yang akan diselesaikan oleh negara Tiongkok. Tahap pembangunan awal Kerta api cepat akan ditargetkan pada awal 2016 yang akan datang, secara singkat masih dalam proses perizinan pembebasan lahan.

Baca Juga: Cek Tarif Kereta Api

Sementara untuk pengoperasiannya akan dilaksanakan pada kuartal pertama 2019. Dalam hal ini pemerintah juga turut memiliki saham melalui perusahan PT Pilar Senergi BUMN dengan prosentase 60 persen sedangkan perusahaan Tiongkok akan mendapat jatah sebesar 40 Persen.

PT Pilar Senergi BUMN ini juga akan dibagikan kepada beberapa perusahan BUMN lainnya seperti PT Wijaya Karya, PT. perkebunan Nusantar, PT KAI, dan PT. Jasa Marga. Sedangkan untuk Investasi dari Negara China total investasinya sebesar 5,5 Miliar DOlar AS. dari Pembiayaan China Development Bank.

Inilah Tarif Kereta Api Cepat Jakarta- Bandung | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5