Imlek & Pekabaran Injil Masuk Papua Libur Cuti bersama Tanggal 4-6 Februari 2023-2024

Bingkaiberita.com – Dalam rangka menyambut tahun baru Imlek 5 Februari dan Hari Pekabaran Injil Masuk Papua, pemerintah provinsi papua dan papua barat pada tanggal 4-6 februari cuti bersama. Perayaan Injil masuk papua dan imlek ini setiap tahunnya diperingati.

Penetapan hari libur dan cuti bersama imlek 2570 dan Hari pekabaran Injil ini telah ditetapkan dalam surat edaran nomer 003/567/01 yang ditujukan kepada seluruh TNI, Polri, Kepala SKPD dan jajarannya dilingkungan pemprov Papua.

Peringatan injil masuk papua ini hanya diberlakukan untuk masyarakat tanah papua. Sedangkan tahun baru imlek adalah cuti bersama bagi seluruh rakyat Indonesia. Masyarakat tionghoa tidak menetukankan jadwal sesuai dengan kalender yang kita pakai melainkan dengan kalender suryacandra.

Imlek Tanggal Berapa?

Imlek setiap tahunnya jatuh pada tanggal yang berbeda-beda antara tanggal 21 Januari sampai dengan 20 Februari dalam kalender Grgorian. Dan penentuannya menggunakan kalender suryacandra Tionghoa. Dan dalam penanggalannya setiap pergantian 12 tahun untuk Seo Hewan dan 10 tahun untuk batang surgawi.

Imlek Tahun 2023-2024 shio?

Imlek Shio Babi, Babi Tanah yang sebelumnya adalah Shio Anjing Tanah pada 2018 yang lalu. Untuk Tahun depan Imlek Tahun 2020 adalah Shio Tikus Logam. Pada tahun ini seperti kalender lunar china bahwa Tahun Babi dengan unsur tanah atau bumi memiliki arti keberuntungan dan berkat

Hari Pekabaran Injil Tanggal Berapa?

HPI ini diperingati setiap tanggal 5 Februari setiap tahunnya dan untuk masyarakat papua diadakan cuti bersama, sehingga tahun ini bersamaan dengan tahun baru Imlek. Melansir dari laman wikipedia bahwa Injil masuk papua berawal dari pulau Mansinam di Kabupaten Manokwari pada tanggal 5 Februari tahun 1885 oleh 2 orang misionaris yang berasa dari Jerman dan Belanda. Sehingga setiap tanggal 5 Februari diperingati hari injil masuk Papua.

Imlek dan Hari pekabaran Injil menjadi moment liburan bagi para PNS dan anak- anak untuk tidak masuk sekolah. Dan seluruh masyarakat untu cuti bersama dengan keluarga masing-masing di rumah.

Imlek & Pekabaran Injil Masuk Papua Libur Cuti bersama Tanggal 4-6 Februari 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5