Cara Verifikasi Rekening Bos Sekolah SD/SMP/SMA

Bingkaiberita.com –  Pemerintah melalui Portal Bos Kemdikbud memastikan rekening pihak sekolah sudah di update, Sebelum tanggal 20 januari,  dipastikan agar sekolah jenjang SD sampai dengan SMA untuk melakukan verifikasi rekening dana BOS.

Cara Verifikasi Rekening BOS

Portal BOS

Penyaluran dana bos akan disalurkan melalui rekening bos sekolah yang sudah diupdate melalui portal bos kemdikbud yang beralamat di bos.kemdikbud.go.id

Status Rekening BOS Sekolah

Adapun beberapa daftar sekolah belum update rekening bos bisa anda lihat diwebsite resminya. Adapun sekolah yang mendapat prioritas verifikasi adalah dengan status verifikasi sebagai berikut

1. Berhasil Verifikasi: Sekolah sudah pernah update rekening dan berhasil dalam proses penyaluran dana bos karena sudah di verifikasi oleh pihak bank.
2. Belum Verifikasi: Pihak bank belum mendapatkan verifikasi dan update verifikasi bos Salur
3. Gagal Verifikasi: Biasanya rekening bos yang diberikan doble atau ada dua rekening dan sekolah menginput rekening sekolah yang berbeda dengan yang dimiliki oleh pihak bank dan perlu dikoordinasikan antara pihak bank untuk melakukan proses verifikasi.

Nah, bagi pihak sekolah yang memang belum melakukan verifikasi dana bos di portal bos silahkan anda lakukan seperti hal ini.

Berikut Cara Verifikasi Rekening Bos Sekolah

1. Silahkan anda masuk di sistem Informasi Bos Salur yang beralamt di bos.kemdikbud.go.id

2. Dan silahkan anda masuk menggunakan login dengan type login sekolah atau login dengan mengunakan SSO dapodik Sekolah bagi operator

3. Apabila anda menggunakan alternatif sekolah anda bisa menggunakan email yang digunakan operator, NPSN beserta kode registrasinya.

4. Apabila anda berhasil login, maka akan muncul dashboardnya yang memang ada data sekolah baik itu NPSN, Nama BANK, Nama Sekolah, Nomer Rekening, Status Rekening apakah aktif dan Status Rekening BOS.

5. Nah, bagimana jika status verifikasinya ini gagal verifikasi, seperti yang ditunjuukan pada dashboarnya dengan keterangan “Nomor dan Nama Rekening tidak sama, silahkan anda konfirmasi ke Bank atau gunakan data dari Bank Jika data bank benar”

Solusi Mengatasi Gagal Verifikasi Rekening Bos Sekolah

Apabila data rekening tidak sama dengan namanya maka harus konfirmasi ke pihak bank yang bersangkutan. Itu berlaku pada gagal verifikasi BOS sekolah.

1. Silahkan anda masuk di portal bos salur kemdikbud yang beralamat di bos.kemdikbud.go.id

2. Silahkan anda ke menu rekening sekolah untuk melihat data rekening bank, apakah ada yang salah nomer rekening yang diunggah. Jika memang data rekening salah silahkan anda perbaiki. Apabila anda sebagai bendahara silahkan hubungi pihak operator sekolah untuk melakukan perbaikan.

3. Perbaikan data rekening sekolah dilakukan melalui aplikasi dapodik sekolah di menu perubahan rekening. Apabila terkunci perubahan data rekening sekolah silahkan anda hubungi operator dinas untuk melakukan perubahan data.

4. Silahkan anda update data bank atau data sekolah sesuai dengan buku rekening yang dimiliki sekolah kemudian di update dan disinkronkan untuk data di dapodik.

5. Untuk data di salur bos silahkan anda lihat apakah sudah sesuai dengan perubahan data tadi dan silahkan anda simpan untuk data yang sudah di update rekeningnya.

 

Sumber: https://bos.kemdikbud.go.id/

Cara Verifikasi Rekening Bos Sekolah SD/SMP/SMA | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5