Info GTK SIM PKB Guru

Bingkaiberita.com -layanan Info GTK sudah pindah di satu jalur yaitu SIM Guru pembelajar atau disebut dengan SIM PKB sehingga dalam hal para guru telah dipermudah dalam melakukan pengecekkan info terkait dengan sertifikat tunjangan profesi. CEK SKTP Semester akan mudah dilakukan dengan hanya satu jalur apalagi anda juga akan mengetahui kompetensi setelah uji kompetensi guru.

Bagi para guru maupun kepala sekolah harus memiliki akun SIM PKB ini, namun untuk peserta UKG tahun 2015 tidak diwajibkan untuk melakukan pretest UKG. Nah, saya akan sedikit memberikan gambaran terkait dengan SIM PKB ini. Bagi yang sudah melaksanakan pretest silahkan anda berikan nome peserta uji kompetensi guru kepada operator sekolah karena memang harus di masukkan pada data dapodik pada masing-masing guru. Sehingga setelah dapodik di sinkronkan pada aplikasi dapodik versi 2018A maka layanan info GTK sudah dapat dilihat.

Login Sim pkb

Silahkan anda login ke akun SIM PKB dengan menggunakan username nomer peserta ujian kompetensi Guru (UKG) dengan tambahan email yaitu @guruku.id Nah, untuk passwornya adalah berdasarkan tahun, bulan dan tanggal lahir jangan lupa itu ya.

simpkb

Setelah terbuka anda scrool ke bawah terus sehingga anda akan menemukan sebuah menu yang diantaranya menunya salah satunya  adalah layanan Info GTK yang diperlukan untuk melihat informasi SK Tunjangan Profesi. Sehingga info guru ini dimaksudkan agar data yang sudah dikelola di dapodik sudah benar-benar valid. Nah beberapa hal yang membuat Layanan Info GTK anda tidak dapat terlihat karena  beberapa hal sebagai berikut ini:

  1. Pertama Kemungkinan anda belum masuk di Komunitas MGMP.
  2. Kedua anda belum mengikuti Pre Test UKG yang diwajibkan bagi guru yang telah mendaftar Sim PKB sebelum 31 Juli
  3.  Ketiga Operator Dapodik sekolah belum menginput data peserta UKG ke Aplikasi Dapodik dalam kolom Test Sehingga layanan Info GTK yang ada di Sim Pkb dapat terintegrasi dengan Dapodik

Jika semua hal diatas sudah dijalankan dengan baik, maka seorang guru dapat secara wajar melihat SIM PKBnya apakah sudah sudah sesuai ataukah belum sehingga Info GTK sudah dapat dilihat. Dalam hal ini pengecekkan layanan Info GTK dapat dilakukan setelah anda membenahi info di dapodik terbaru. Silahkan anda perbaiki dapodik terbaru yang berlaku pada semester itu juga.

Cek SKTP

INFO GTK CEK SKTP

Ketika anda arahkan kursor dan klik menu layanan INFO GTK, maka selanjutnya adalah anda akan diarahkan di halaman yang sering anda lihat untuk pengecekkan SKTP untuk penerbitan tahun sebelumnya dan untuk mengetahui apakah anda berhak menerima tunjangan proesi adalah kevalidtan dab verifikasi data tunjangan profesi yang anda bisa lihat dibawah ini:

Tunjangan Profesi

Nah, itulah salah satu perubahan yang terjadi pada Info SKTP yang ada pada SIM GPO Pembelajar. Untuk semester ini belum keluar SK tunjangan profesi, semoga untuk kedepannya tunjangan profesi dapat diberikan tepat waktu. Itulah yang dapat bingkaiberita.com sampaikan dan kedepannya kemungkinan besar aplikasi -aplikasi kemdikbud akan rilis dengan updetan terbaru.

Contoh SKTP Yang Sudah Terbit

Nah, jikalau sudah lengkap datanya dan aplikasi info gtk sudah menunjukkan centang hijau, anda bisa langsung melihat kolom tunjangan profesi guru yang sudah diterbitkan oleh Kementerian pendidikanda kebudayaan. Dan berikut contoh SKTP yang sudah terbit:

Contoh SKTP

Info GTK SIM PKB Guru ini akan selalu digunakan selalu karena sebagai patokan aplikasi data guru dalam upaya peningkatan kualitas dalam pengembangan keprofesiannya. Sehingga guru dapat mengupgrade ilmu dalam bentuk pengajaran dan kualitas lainnya. Dalam hal ini tidak hanya berhenti pada aplikasi. Upaya pemerintah dalam menindaklanjuti program lainnya seperti pendaftaran profesi guru di dalam aplikasi SIM PKB sudah barang tentu menjadi kewajiban dari keneterian pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia. Langkah upaya inilah yang menjadi dasar bahwasannya guru benar-benar menjadi uswah dan patokan seorang yang digugu dan ditiru untuk kedepannya.

SIM PKB adalah langkah awal seorang guru berupaya untuk mengenal internet dan komputer. banyak guru yang masih gaptek akan dua hal ini yaitu komputer dan internet apalagi yang sudah berumur sehingga dogma IT sudah masuk dalam ranah pembelajaran dan aktivitas kemampuan yang akan dimiliki oleh guru kedepannya. Tidak hanya itu, seorang guru harus mampu dalam mengoperasikan komputer karena kedepannya ujian kompetensi guru (UKG) tidak enggunakan ujian tulis nasional atau UTN melainkan akan berpindah dalam SIstem Komputer atau dikenal dengan masyarakat kita yaitu SIStem CAT. Perlakuan SIM PKB pada guru tidak hanya sebatas itu saja melainkan juga pada evaluasi guru yang menggunakan pretest UKG atau PKB dan post test PKB yang akan diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk itu bagi yang sudah terundang untuk mengikuti pretest PPG maka untuk jadwalnya sudah rilis pada hari yang lalu sehingga para guru dapat memperispakannya lebih matang supaya nantinya dapat menjadi peserta program pendidikan profesi satu tahun.

Update!!!!Daftar PPG

Daftar PPG dapat dilakukan di  aplikasi SIM PKB, seluruh guru yang terundang oleh kemdikbud wajib untuk melakukan pendaftaran PPG.  Pendataan calon peserta PPG diwajibkan kepada seluruh guru yang sudah terdata di aplikasi dapodik sekolah sebelum akhir tahun 2015 dan resminya sudah memiliki nomer ukg sebelumnya meskipun belum memiliki NUPTK. Adapun pendaftaran PPG ini berakhir sesuai jadwal pendaftaran PPG

ajukan pendaftarn PPG

Para guru dan tenaga pendidik harus memantau tindak lanjut jalannya proses pendaftaran, karena tidak semua guru akan langsung diterima, karena ada beberapa kesalahan data sehingga mereka tertolak dalam mengikuti pendaftaran PPG. Tahap verfikasi tersebut akan dilakukan oleh LPMP baik itu dari Ijazah Sarjana Strata satu ataupun dari data yang diambil dari dapodik sekolah.

Dari simpkb itulah akan terupdate beberapa hal pentig terkait dengan pengemangan guru dan peserta didik, kisi-kisi ujian dan materi kompetensi kurikulum k-13 , ada 3 Materi diklat untuk Kurikulum 2013 yaitu dan Petunjuk Teknis terkait dengan Pelaksanaannya sebagai berikut ini:

Materi Diklat Kepala Sekolah K13
Materi Diklat Pengawas K13
Materi Diklat Guru Mapel K13
JUKNIS PELAKSANAAN BANPEM DIKDAS 2018
JUKNIS PELAKSANAAN BANPEM DIKMEN 2018
JUKNIS PELAKSANAAN BANPEM TENDIK 2018

Semua guru akan mendapatkan materi tersebut, terkhusus bagi sekolah yang notabene belum melaksanakan kurikulum K-13 untuk segera menggantikan kurikulum KTSP dengan kurikulum terbaru. Nah, untuk itu guru-guru akan diberikan pelatihan terkait bagaimana mengajar yang baik dan benar seperti yang ada pada kurikulum K-13.  Untuk Mengecek Hasil capaian pretest Prpgram Profesi Pendidik mungkin belum ada update informasi terbaru.  Silahkan cek hasil pretest.

CEK Hasil Pretest PPG

untuk pengumuman hasil pretest PPG belum terlihat, untuk mengeceknya silahkan anda mengikuti beberapa langkah sesuai dengan petunjuk yang kami sampaikan mulai dari Login SIM PKB dan melihat menu-menu seperti gambar dibawah ini:

Cek Hasil Pretest PPG

Adapun Langkah-Langkah untuk mengecek hasil pretest PPG adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda login sesuai dengan password dan username yang telah diberika.
  • Silahkan scroll pointer anda ke bawah dan temukan menu yang sudah saya garis berwarna merah diatas.
  • Maka Hasil Pretest PPG akan anda lihat sesuai denga capaian anda saat ujian.
  • Itulah beberapa hal singkat terkait dengan cek hasil pretest PPG yang dapat kami sampaikan sebagai bahan refrensi anda

SIM PKB menjadi salah satu hal wajib yang dimiliki oleh para guru yang ingin mengembangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi bidang dan diharapkan semua guru menjadi guru profesional dan mendapatkan kesejahteraan sesuai dengan kemampuan mereka dalam mengajar sebagai seorang guru.

Info GTK SIM PKB Guru | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5