Hati-Hati Dengan Aplikasi Game Pokemon Go Palsu, isinya Virus Berbahaya!

Aplikasi Game Pokemon Go –  Siapa sangka kalau game heboh Pokemon Go mengandung virus yang berbahaya. Baru beberapa negara yang resmi telah merilis permainan Pokemon Go yang diunduh melalui file APK. Adapun negara, yang sudah resmi merilis file tersebut adalah seperti dari negara Australia, Selandia baru dan Amerika Serikat. Kepopuleran tersebut banyak dimanfaatkan oleh para penyedia virus untuk meraup beberapa keuntungan yang menggiurkan diantaranya adalah pengambilan data pribadi dan masih banyak dampak buruk yang ditimbulkan oleh penyedia sehingga tidak ada pihak yang mau bertanggung jawab karena memang tidak diunduh di situs resminya seperti Palystore.

Hal tersebut diindikasikan dari banyaknya file unduhan yang berbahaya dari File Pokemon Go Abal-abal yang menyebabkan perangkat anda terserang virus malware. Tidak hanya itu, serangan tersebut akan membuat data yang tersimpan dalam handphone bisa teralihkan dengan mudah, menurut pakar teknologi dan keamaan siber bahwa virus yang digunakan dalam APK Pokemon Go tersebut terindikasi sebagai Malware dengan jenis Droid Jack. Virus Tersebut bukanlah sembarang virus yang disebarkan melainkan akan menginfeksi seluruh smartphone sehingga memungkinkan hacker akan mengambil alih fungsi handphone anda.

Mereka para pemain game tidak menyadari, saking asiknya bermain android game Pokemon Go ini ketika menginstal Aplikasi tidak menyadari bahwa mereka dengan sengaja telah melakukan upaya pembobolan melalui sebuah permintaan izin dalam pemasangan game tersebut. Jika APK Pokemon Go yang asli maka aplikasi tersebut hanya meminta untuk mengakses Micro SD, GPS, Kamera, Internet, Bluetooth, akun di smartphone dan fitur untuk getaran Game seperti gambar contoh dibawah ini:

Access Pokemon Go Asli

Sedangkan File Apk Pokemon Go yang palsu tersebut akan meminta izin yang mencurigakan si pemain dengan meminta izin untuk mengakses fitur SMS, Telepon, Perekam Suara, Kontak sampai dengan riwayat Browser anda. Jika hal tersebut diindikasi oleh handphone anda boleh jadi itulah APK yang palsu dan menyebabkan anda akan kecurian data, baik SMS dan lainnya seperti gambar dibawah ini.

Acess Pokemon Go Palsu

APK Pokemon Go Bervirus?

Selain dari permintaan izin aplikasi, untuk tampilan gamenya juga hampir mirip dengan yang aslinya, anda harus benar-berhati-hati jika ingin menggunakan aplikasi game pokemon Go, jangan sampai ketika anda install aplikasi meminta beberapa data yang dicurigai seperti pada gambar diatas yang memerlukan akses yang berlebihan.  Apakah hampir mirip dengan yang aslinya? Jika ada perbedaan izin akses game tersebut, segera untuk uninstall game supaya jangan terlanjur hilang disadap orang data pribadi anda.

Pokemon Go

Kelebihan Dan Kekurangan bermain menggunakan Pokemon Go?

Banyak orang yang sedang menggandrungi game ini, sampai-sampai mereka kehilangan nyawanya karena bermain game seperti ini, Akibat bermain game inilah banyak orang yang berlalu lalang di jalan raya sehingga lupa akan keselamatan pribadi, Jangan ngegame dengan menggunakan motor ataupun kendaraan mobil. Anda bisa ngegame mencari hewan pokemon dengan jalan kaki.

Hati-Hati Dengan Aplikasi Game Pokemon Go Palsu, isinya Virus Berbahaya! | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5