UMR Jogja 2021 Naik

Advertisement

Bingkaiberita.com -Tak Hanya Jawa tengah yang menaikan upah minimum provinsi (UMP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menaikan upah sebesar 3,54 persen. Hal itu tak seperti keputusan Kementerian Tenaga Kerja dalam Surat Edarannya dengan tidak menaikkan Upah karena situasi pandemi virus corona.

Upah Minimun Regional Jogja tersebut berdasarkan pada provinsi DIY, jika naik sebesar 3,54 persen maka akan naik juga UMKnya. Besaran tersebut tertuang dalam keputusan gubernur DIY nomer 319/KEP/2020. Dan mulai berlaku pada tahun depan bulan Januari mendatang.

UMP DIY 2021 sebesar Rp. 1.765.000 dirasa masih kalah jauh dari kota besar di Indonesia lainnya seperti Jakarta, Medan dan lainnya. Besaran UMP tersebut sudah dibahas dalam sebuah forum dewan pengupahan.

Pihak buruh sendiri meminta untuk menaikkan upah kerja minimal 4 persen namun ditetapkan kurang dari 4% saja. Penetapan kenaikan tersebut berdasarkan pada pertumbuhan ekonomi dan inflansi nasional dari data yang dilihat dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Yogyakarta menempati urutan paling bawah atau terendah untuk masalah gaji, harga tanah yang sudah terlalu tinggi, alangkah sulit para pekerja buruh pabrik memiliki rumah.   Dan Jogja akan selalu terendah karena memang kenaikan ini berdasarkan pada pertumbuhan ekonomi dan inflansi.

UMK untuk seluruh kabupatenpun dengan adanya kenaikan 3,54 persen akan mengalami kenaikan yang tertinggi adalah dengan angka 2 jutaan ada di Regional Kota Jogja.  Dan UMK Jogja terendah ada pada kabupaten gunung kidul sekitar 1,7 juta. Berikut rinciannya.

Kabupaten Gunung Kidul Rp1.705.000 ;
Kulon Progo Rp1.750.500 ;
Bantul Rp1.790.500 ;
Sleman Rp1.846.000 ;
dan Kota Yogyakarta Rp2.004.000.

Dari tahun ke tahun harusnya ada kenaikan, harga tanah yang semakin lama semakin naik tak sebanding dengan pengupahan yang diberikan oleh para buruh.

(sumber: Kompas.com)

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

UMR Jogja 2021 Naik | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5