Toyota Urban Cruiser

Bingkaiberita.com – PT. Toyota Astra Motor Merilis mobil di pangsa pasar India berjenis atau type SUV Compact sebagai kembaran dari Suzuki Vitara Brezza bernama Toyota Urban Cruiser.
Toyota Urban Cruiser sendiri memang mengambil basis dari mobil Suzuki, yang mana pabrikan asal jepang Suzuki di India ini lebih populer dan diminati ketimbang Toyota sehingga keduanya telah menjalani kerjasama dalam pertukaran produknya. Dan Toyotapun ingin beraing lebih maju dari Suzuki.

toyota urban cruiser

Tidak hanya Toyota Urban Cruiser saja yang telah menggunaka model dari Suzuki melainkan pada produk lainnya yang memang menggunakan model yang sama adalah Toyota Glanza yang hanya rebadge dari Suzuki Baleno di India.

Memang terlihat dari desain mobil SUV Toyota Urban Cruiser ini sangat mirip dengan Vitara Brezza namun mereka tetap memberi perbedaan pada beberapa bagian seperti yang ada di bagian lampu kabut yang bentuknya trapesium. Selain itu pada bagian bawah mobil yang agak lebih gelap selain itu pada peleknya disematkan dalam ukuran 16 Inch.

Lampu utama LED tetap sama dengan Vitara Brezza. Dan untuk bagian dalamnya memang nampak seperti Brezza dengan bagian dan fiturnya seperti AC otomotis, Kaca Spion elektrik, head unit layar sentuh dengan dukungan Android atau Aplle Carplay.

Selanjutnya pada mesin toyota urban menggunakan transmisi otomatis dengan dukungan sistem hybrid ringan yang terdiri dari generator starter dan baterai lithium sehingga diklaim dapat membantu penambahan torsi dalam idle star stop.

Sedangkan dalam versi manuallnya tidak dibekali dengan teknologi hybrid ringan dengn manual lima percepatan dengan mesin besin empat silinder 1,5 liter yang digunakan seperti Brezza. Sampai saat ini toyota belum resmi merilis spesfikasi mesinnya namun untuk Suzuki Brezza sendiri menggunakan mesin dengan power atau renaga hingga 103 daya kuda dengan maksimal dari torsi 138 Nm.

Untuk harganya belum resmi dikeluarkan oleh pihak toyota, namun unyuk pihak konsumen dapat memesannya dengan harga sebesar 11 riu rupee atau jika dirupiahkan besarnnya 2 jutaan. Semoga saja nantinya toyoa juga akan rilis mobil baru di Indonesia.

sumber:detik.com

Toyota Urban Cruiser | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5