Syarat Masuk TNI AD/ AL/AU TA 2022,2023,2024

Bingkaiberita.com – Tentara Nasional Indonesia, adalah sebagai prajurit kebanggaan Indonesia yang menjadi garda terdepan dalam membela, menjaga kedaulatan di berbagai lini, baik itu di darah, udara dan laut hingga sampai plosok dan perbatasan tanah air.

Seorang yang identik dengan fisik yang gagah, berwibawa, tinggi, pemberani menjadi hal yang seharusnya dimiliki oleh prajurit TNI yang menjadi Syarat Masuk TNI. Banyak lulusan SMA yang bercita-cita ingin masuk menjadi TNI baik itu TNI angkatan darat, TNI angkatan laut, ataupun TNI angkatan udara.

Sebelum melakukan pendaftaran tni AD akan lebih baik kita mempersiapkan apa saya kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon prajurit TNI AD.

Meringkas dari portal online yang beralamat di ad.rekrutment-tni.ac bahwa ada dua persyaratan yang harus dipenuhi baik itu dari persyaratan umum maupun persyaratan khusus.

Persyaratan UMUM

1. Calon Prajurit TNI merupakan warga yang berkebangsaan Indonesia
2. Calon Prajurit TNI AD adalah orang yang memiliki keyakinan terhadap yang Maha Kuasa, tidak atheis
3. Calon Prajurit TNI AD Patuh dan taat terhadap UU 45 dan setia terhadap Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Calon Prajurit TNI AD tidak pernah dipecat, diberhentikan, bertindak melanggar hukum yang dibuktikan dengan Surat keterangan Catatan Kepolisian
5. Calon Prajurit TNI AD memiliki kesehatan jasmani maupun rohani tidak berkacamata atau cacart fisik lainnya.

Persyaratan Khusus

1. Memiliki ijazah minimal SMA/MA/SMK sederajad yang telah terakreditasi baik dari lembaga satuan pendidikan swasta maupun negeri dengan persyaratan nilai ujian rata rata minimal 55 dan 50
2. Berjenis kelamin pria maupun wanita yang bukan dari mantan pegawai PNS, TNI maupun Polri
3. Calon Prajurit TNI AD sanggup tidak menikah selama masa pendidikan selesai selama 2 tahun pertama
4. Calon Prajurit TNI AD berusia minimal 17 tahun lebih 9 bulan dan kriteria usia maksimal 22 tahun saat pembukaan penerimaan prajurit tni AD
5. Syarat fisik tinggi badan minimal sekurang-kurangnya 163 cm untuk yang berjenis kelamin pria sedangkan untuk yang berjenis kelamin wanita syarat fisik tinggi badan minimal sekurang kurangnya 157 cm dengan berat badan yang proposional.
6. Calon Prajurit TNI AD Harus menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun yang mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
7. Calon Prajurit TNI AD wajib mengikuti pemeriksaan yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi tentang tes administrasi, kesehatan jasmani mental, ideologi dan psikologi
8. Calon Prajurit TNI AD harus mendapatkan persetujuan dari orang tua wali, jika anak asuh mendapatkan persetujuan dari wali asuh untuk mengikuti penerimaan prajurit TNI AD.
9. Yang ditunjuk sebagai wali adalah yang telah mengasuh berdasarkan dari keterangan kecamatan.
10. Bagi yang memiliki ijazah dari luar negeri atau lembaga satuan pendidikan luar negeri harus mendapatkan pengesahan dari kemdikbud.
11. Memiliki kartu BPJS ( jaminan sosial yang aktif)
12. Bebas KKN, apbila melanggar ketentuan maka, Calon Prajurit TNI AD dianggap gugur dan keluar dari Pendidikan.
13 Calon Prajurit TNI AD tidak bertindik, maupun bertato kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.

Biaya Masuk TNI

Pendaftaran TNI AD sesuai dengan persyaratan yang berlaku dan Calon Prajurit TNI AD harus melakukan pendaftaran secara online.

TNI AD menegaskan bahwa pada proses rekrutmen, panitia tidak memungut biaya masuk tni alias Gratis, apabila ada permintaan transfer yang mengaku panitia hal itu adalah tindak penipuan dan anda wajib lapor ke panitia terdekat.

Syarat Masuk TNI AD/ AL/AU TA 2022,2023,2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5