Resmi Dibuka Hari ini, Program Bangkit : Kolaborasi Kampus Merdeka dengan Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka

Bingkaiberita.com –  Program Bangun Kualitas Manusia Indonesia atau disingkat dengan BANGKIT merupakan salah satu program Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi Kemdikbu (Risetdikti) dalam mengembangkan potensi mahasiswa dalam dunia teknologi.

Program bangkit ini menawarkan kepada 3 ribu mahasiswa seluruh Indonesia untuk berkarir dibidang teknologi dengan desai kemitraan bersama Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka.

Dengan kerjasama tersebut, Diharapkan mahasiswa dapat menjadi pioner dalam dunia teknologi khususnya mengembangkan karier di masa depan mereka dalam bentuk komunikasi, enterpreneur, presentasi, design cara berpikir dan lainnya dengan mengembangkan pemrograman Android, machine learning, mobile development, dan cloud computing dan dasar-dasar cloud yang berfokus pada google cloud platform.

Sementara itu program bangkit ini telah bekerjasama dengan 15 universitas mitra yang akan didampingi oleh beberapa mentor dari perguruan tinggi dan industri dengan mengikuti pengalaman belajar online selama 18 minggu.

Tahun ini ada 14 karyawan gojek yang dijadikan sebagai mentor untuk ribuan mahasiswa bangik untuk saling berbagai wawasan dan pengetahuan dibidang teknologi

Proses seleksi dan aplikasi yang telah dikuti hampir 28 ribu mahasiswa dari 500 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang diseleksi hingga akhir 3 ribu mahasiswa yang telah diterima.

Peserta yang lolos akan mendapatkan pont Satuan Kredit Semester sebanyak 20 SKS tergantung dari kebijakan perguruan tinggi masing-masing dari para peserta.

Diakhir mentoring oleh kampus dan mentor industri mereka akan dipilih sebanyak 15 tim yang akan mengembangkan project pengembangan sebagai hibah inkubasi atas dukungan perguruan tinggi dan mitra bangkit yaitu Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka

Program ini sebagai salah satu model pembelajaran kampus Merdeka yang telah dirancang dengan kolaborasi antara pelaku teknologi Global dan teknologi unicorn yang ada di dalam negeri bersama dengan kampus di indonesia.

Bagi mahasiswa yang tidak lolos dari 28 ribu mahasiswa seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran program bangkit tahun depan yang tidak akan kalah seru dengan tahun ini, semoga masih ada kolaborasi dengan industri teknologi lainnya yang dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa.

sumber: https://dikti.kemdikbud.go.id/

Resmi Dibuka Hari ini, Program Bangkit : Kolaborasi Kampus Merdeka dengan Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5