Syarat Masuk Polwan Ta 2023-2024

Bingkaiberita.com– Apa syarat masuk polwan yang notabene polwan identik dengan lulusan SMA  yang kebanyakan mereka belum mengetahui syarat masuk polwan, karena kebanyakan mereka belum memiliki pandangan luas terhadap pekerjaan mereka kedepannya. Selain dari syarat dokumentnya juga yang terpenting adalah syarat fisik yang nantinya akan diperiksa pada beberapa tes kesahatan yang akan dilaksanakan setelah lolosnya pada tahap administrasi.

Mereka yang mendaftar dalam pendaftaran polwan tentunya sudah memiliki kreatifitas dan keunggulan masing-masing ang dapat memberikan nilai lebih ketika saat proses penerimaan, salah satunya adalah seorang polwan yang sudah lolos dan menjadi polwan yang ada di Polda Sumatera Selatan.

Polwan identik dengan lulusan SMA yang kebanyakan belum memiliki agama yang luas, akan tetapi berbeda dengan polisi wanita yang satu ini. Polawan yang bernama lengkap Bripda Rizka Munawwaroh ini adalah salah satu polisi wanita penghafal Qur’an dari Polda Sumatera Selatan.

Polisi wanita penghafal al-Qur’an ini lahir di Palembang pada tanggal 15 Agustus 1996 yang memiliki kemampuan yang membanggakan yaitu menggafal al-Qur’an Sebanyak 20 Juzz. Saat ini Risza sebagai panggilan akrabnya ini berkeinginan untuk melengkapi hafalan qur’annya sampai dengan untas sebanyak 30 juz.

” Keinginan menghafal qur’an memang dimulai sejak masih SD, sempat pada saat itu tidak menghafal Qur’an memang masih ingin bermain, hingga akhirnya ketika SMP saya mulai menghafal kembali sampai saat ini.” Ujar Risza kepada salah satu media di Sumatera Selatan.

Apa yang dilakukan Risza saat ini selalu dimudahkan dalam segala bidang baik dalam mengikuti tes dan aktivitas lainnya.

” Risza ingin berkeinginan untuk kuliah di Mesir, ketika ikut test ia lolos dan mendapatkan panggilan, begitu pula ketika mengikuti test polisi, ia juga mendapatkan panggilan dan lolos seleksi, ” kata Rizka.

Aktivitas yang padat, ia masih menjalani profesi sebagai seorang polwan dan berkeinginan untuk selalu menghafal al-Qur’an, cara belajar menghafalpun cukup mudah yaitu dengan cara diulang-ulang per ayat sebanyak 3 kali setelah itu ia hafalin sehingga ia dapat menghafal sampai sejauh ini dan berkeinginan untuk menghafal sampai tuntas.

Al-Qur’an sebagai salah satu pedoman hidup manusia yang semestinya sebagai tuntunan, sebagai salah satu penegak hukum Rizka harus benar-benar menegakkan hukum yang berlaku di Indonesia, Ujarnya. Dan inilah salah satu Indahnya suara tilawah polwan yang hafal 20 juz Al-Qur’an.

Itulah salah satu hal yang membuat lebih dari masing-masing calon pelamar, dalam hal ini syarat masuk polwan harus dipenuhi sebelum anda melakukan pendaftaran, adapun beberapa hal terkait dengan persyaratan adalah sebagai berikut:

Syarat Masuk Polwan

Ada dua persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon pelamar, persyaratan tersebut ada di dua di persyaratan umum dan ada di persyaratan Khusus dan akan kami bahas dalam pembahasan berikut ini:

Persyaratan Umum Masuk Polwan

1. Seorang calon polwan adalah warga negara Indonesia
2. Seorang calon taruna masih berumur 17 tahun dan untuk umur maksimal melakukan pendaftaran adalah berusia 21 tahun.
3. Nilai Ijazah yang dipersyaratkan untuk masuk di Akademi Kepolisian adalah rata -rata minimal 7 untuk jurusan IPA SMA dan Rata-Rata nilai minimal 7,25 untuk jurusan IPS.
4. Bagi yang belum keluar Ijazah SMA untuk nilai rata rata nilai raport kelas 3 untuk jurusan IPA minimal 7 dan untuk Jurusan IPS minimal 7,25 yang telah disyahkan oleh kepala sekolah dengan legalisirnya dan juga menggunakan surat kelulusan dari sekolah.
5. Calon Polwan sanggup tidak menikah ketika menjalani pendidikan selama 4 tahun dan calon taruna yang nantinya berhasil lolos dan mendapat gelar Sarjana Ilmu Kepolisian wajib menjalani ikatan dinas di seluruh Indonesia selama 10 tahun sebagai seorang perwira polisi.
6. Calon Polwan memiliki tinggi badan minimal untuk laki-laki adalah 165 dan untuk perempuan 160.
7. Seorang calon polwan harus sehat jasmani rohani dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta surat bebas narkoba dari RSUD setempat.
8. Seorang calon polwan harus mendapatkan persetujuan dari orang tua wali dengan membuat surat persetuajuan yang telah dibuatkan oleh panitia dan ditandatangi dengan matrai 6000 ribu.
9. Seorang calon polwan tidak ada hubungan kerja atau ikatan dinas dengan instansi manapun dengan kata lain bukan anggota polri, tni ataupun pns.
10. Seorang calon polwan harus mengikuti segala peraturan dan persyaratannya dan lulus pemeriksaan dan pengujian baik ditingkat daerah maupun pusat.

Persyaratan Khusus Masuk Polwan

1. Sudah  berdomisili atau bertempat tinggal selama 2 tahun pada wilayah polda pada saat melakukan pendaftarannya yang dibuktikan dengan kartu tanda Penduduk dan Kartu Keluarga
2. Dokument lainnya adalah dengan menyertakan ijazah SMA bagi yang melamar tamtama, bintara dan akpol ataupun Ijazah Sarjana strata satu atau Diploma bagi yang melamar tes penerimaan sumber sarjana.
3. Dokument Surat berkelakuan Baik atau SKCK yang dapat dicari, dimiliki atau diminta di polsek, polress ataupun polda di darah anda.
4. Dokument Surat Kesehatan yang dapat dicari di Rumah Sakit Umum daerah, Surat Kesehatan tersebut terdiri dari Surat Sehat Jasmani, Surat Sehat Rohani, Surat bebas Narkoba
5. Dokument Surat mendapatkan persetujuan dari orang tua wali yang sudah dilegalkan dengan materai 6 ribu
6. Beberapa dokument lainnya yang dapat anda unduh di penerimaan.polri.go.id

Nah, selain syarat masuk polwan diatas, anda juga harus mengetahui syarat fisik polisi wanita yang harus diperhatikan dan jadwal pendaftaran polwan  yang nantinya anda bisa secara jelas dapat lolos pada tes kesehatan.

Syarat Masuk Polwan Ta 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5