Syarat Pendaftaran Polwan Ta 2020-2021

Advertisement

Bingkaiberita.com – Polisi wanita atau kerap di panggil dengan sebutan polwan merupakan salah satu tenaga ahli kepolisian dari beberapa kepangkatan, baik dari jalur masuk melalui tamtama polisi wanita, bintara polisi wanita, maupun akpol polwan. Karena sejatinya mereka memiliki kesamaan dalam syarat pendaftaran polri.

Dalam hal ini kami akan sedikit mereview sekilas terkait dengan syarat pendaftaran polwan yang notabene memang sering menjadi isu utama ketika hendak melakukan pendaftaran sehingga para pelamar sudah mempersiapkan sejak awal apa yang harus diperhatikan ketika hendak melamar menjadi anggota polri.

pendaftaran Polwan

Syarat Pendaftaran Polwan Bintara, Tamtama, Akpol

Adapun beberapa hal terkait dengan syarat pendaftaran polri bisa anda lihat seperti dibawah ini:
– Para pelamar adalah warga negara Indonesia yang bertaka kepada tuhan yang Maha esa yang dapati dibuktikan melalui Kartu Keluarga dan E KTP.
– Para pelamar adalah warga negara yang memiliki usia minimal 18 tahun dan usia maksimal adalah 21 tahun.
– Para pelamar sampai saat ini belum pernah melanggar hukum baik kasus pidana ataupun lainnya dengan menyertakan Surat Keterangan Berkelakukan Baik dari Polres Setempat.
– Para pelamar harus memiliki integritas yang baik terhadap negara, jujur dan adil pada setiap permasalahan.
– para pelamar harus sehat jasmani maupun rohani yang dibuktikan melalui surat keterangan sehat jasmani dan surat keterangan sehat rohani dari RSUD setempat.
– Para pelamar harus memiliki nilai yang cukup baik dalam ijazah ataupun nilai raport dengan rata -rata nilai minimal 70.00
– Bagi pelamar yang memiliki ijazah dari luar negeri diharapkan untuk menyetarakan ijazah di kemendikbud.
– Bagi pelamar yang memiliki KTP ataupun KK paling tidak telah berdomisili selama minimal 2 tahun di tempat wilayah polda saat pendaftaran
– Para pelamar harus menulis surat pernyataan sanggup ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dan menjalani ikatan dinas selama 10 tahun dengan mendapakan persetujuan dari orang tua bermatrai 6 ribu
– para pelamar polwan memiliki fisik dengan kriteria tinggi badan 160 cm.
– Bagi yang dinyatakan lulus diharapkan untuk melampirkan surat BPJS kesehatan.

Beberapa hal terkait dengan syarat fisik dapat anda lihat di pembahasan kami sebelumnya terkait dengan syarat fisik masuk polwan.

Pelamar tidak hanya lulus pada tahap administrasinya saja, para pelamar harus lolos pada tahap yang lainnya seperti tahap tes kesehata dengan syarat fisik dengan beberapa hal yang harus diperhatikan macam-macam tes masuknya. Selain itu pada tes kesehatan tersebut pelamar juga harus memiliki kriteria tinggi badan dan berat badan yang seimbang tidak kelebihan berat ataupun terlalu kurus atau kurang berat badan sehingga berat badan harus proposional dan seimbang.

Nah, beberapa hal terkait dengan syarat fisik akan kami ulas sedikit dibawah ini:

Berapa Tinggi Badan Polwan?

Banyak yang mengira jika saat ini tinggi badan polwan masih sepeti tahun-tahun sebelumnya yang dipersyaratkan dengan tinggi badan minimal 155 cm, namun dalam hal ini tinggi badan tersebut telah berubah menjadi 160 cm dengan ketentuan berat badan seimbang atau proposional

– Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):

Wanita : 160 cm;

Wilayah Perbatasan (Wiltas)/Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) /Pulau-PulauTerpencil (PPT):

Wanita : 158 cm;

khusus Ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat):

Daerah Pesisir :

Wanita : 158 cm;

Daerah Pegunungan:

Wanita : 155 cm;

Syarat Berat Badan Polwan

Berat badan seimbang dan ideal adalah kriteria yang harus dimiliki oleh seorang polisi wanita, jika tinggi badan 160 dengan berat badan 70 kg maka tidak sesuai dengan idealnya dan seorang polwan harus dapat mengetahui apakah berat badan yang dimilikinya seimbang.

Untuk itu jika anda memiliki tinggi badan 160 maka berat badan yang ideal adalah 53 kg jika kelebihan maka akan ada catatan sendiri bagi yang tidak memiliki berat badan seimbang.

Syarat Kesehatan Polwan

Adapun bebrapa syarat kesehatan yang harus dilalui dalam penerimaan polwan selain dengan berat badan dan tinggi badan adalah berkenaan dengan kesehatan melalui berbagai macam tes kesehatan seperti pemeriksaan gigi, darah, urin, jantung melalui EKG, pemeriksaan virginitas, pemeriksaan UKG apakah ada batu ginjal dan lainnya dan beberapa faktor bahwasannya fisik seorang calon polwan benar-benar baik.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Syarat Pendaftaran Polwan Ta 2020-2021 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5