Awas Calo Dan Penipuan Pada Seleksi ASN PPPK

Advertisement

Bingkaiberita.com РTak hanya calon CPNS saja yang perlu diwaspadai, Penipuan berkedok calo penerimaan ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja juga mengintai anda sebagai calon PPPK. Anda perlu berhati-hati kepada seseorang yang memberikan tawaran dapat meloloskan  untuk dapat menjadi seorang calon Aparatur Sipil Negara atau[un dapat meloloskan CPNS, dan Mahasiswa Kedinasan ataupun TNI Polri. Karena modus bujukan dan penipuan semacam ini dapat menyebabkan anda rugi.

Pemerintah melarang dan menindak tegas praktik yang tidak terpuji dan melanggar hukum dalam setiap seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara, baik itu PPPK maupun Calon Pegawai Negeri Sipil.

Praktik tersebut sudah jauh-jauh hari adanya, sebelum penerimaan CPNS, baik itu tawaran dari seseorang untuk mendapatkan pekerjaanpun kerap menghantui para pencari kerja.

Selain itu para calon biasanya menyodorkan sebuah soal yang notabene mereka mengaku sebagai panitia penyelenggara dan soal pppk atau soal cpns tersebut akan keluar diujian nantinya. Mereka harus membayar soal-soal tersebut dengan harga mahal untuk mendapatkannya.

Nah, untuk mengatasi hal-hal semacam ini, pemerintah menghadrikan sebuah program yang berguna untuk para guru yang ingin mengikuti seleksi ASN PPPK dengan merilis Program Guru Belajar dan berbagi.

Tidak hanya memberikan sebuah kisi-kisi dan modul mareri saja dalam PPPK, program tersebut juga dirancang dan mengedepankan sebuah konsep kolaborasi antar komunitas. Mereka yang dapat mengakses program tersebut adalah bagi guru honorer yang sudah memiliki akun simpkb. Sebagai salah satu solusi agar mereka dapat meningkatkan kompetensi pedagogik maupun kemampuan bidang masing-masing saat mereka belajar kuliah Strata Satu.

Para guru honorer hanya menyiapkan pulsa data saja untuk akses interent karena program tersebut bisa diakses melalui online dan bebas biaya.

Selain itu bagi mereka yang berada di daerah 3T juga dapat melakukan pembelajarannya dengan cara mendownload modul yang berbentuk pdf sehingga mereka bisa mengunduh saat ke kota dan membawanya ke tempat tugas masing-masing.

Bagi yang sudah belajar secara mandiri mereka akan diberikan try out PPPK sebagai bentuk pengukuran sudah sejauh mana mereka belajar dalam mempersiapkan seleksi PPPK.

Sebagai bentuk perhatian kemdikbud kepada para peserta PPPK, Kemdikbud sudah berkoordinasi dengan para pihak yang berwajib untuk menindak semua oknum yang terbukti melakukan tindakan penipuan, dan bagi masyarakat agar memberikan informasi kepada kemdikbud dengan melalui sebuah layanan pengaduan yang dapat diakses melalui Unit Layanan Terpadu kemdikbud yang beralamat di kemdikbud.lapor.go.id

sumber: kemdikbud.go.id

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Awas Calo Dan Penipuan Pada Seleksi ASN PPPK | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5