Pengumuman Hasil Peserta Lolos Seleksi Hasil UTBK SBMPTN

Bingkaiberita.com – Ketua LTMPT telah merilis pengumuman hasil peserta lolos seleksi hasil UTBK (ujian Tulis berbasis komputer) SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pada hari ini

 

Pengumuman ini akan menentukan apakah para peserta pelamar diterima atau tidak untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang ditujukan.

 

Ada 3 jalur masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia selain dari SBMPTN ada SNMPTN dan ujian Mandiri. Sedangkan pada SBMPTN sendiri hasil pengumuman lolos peserta berdasarkan pada hasil ujian tes tertulis berbasis komputer yang dilaksanakan dalam dua gelombang

 

Pada gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 23 Mei 2022

 

Sedangkan UTBK SBMPTN pada gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei sampai dengan 03 Juni dan perlu diingat bahwa jadwal pelaksanaan tersebut sesuai dengan keputusan dari Lembaga Penyelenggara Tes Masuk Perguruan Tinggi.

 

Sedangkan tes untuk masuk jenjang perguruan tinggi UTBK SBMPTN ini ada 125 Perguruan tinggi yang membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajad.

 

Jumlah Peserta SBMPTN

 

Jumlah peserta yang tercatat mengikuti SBMPTN tahun ini sebanyak 800.852 ribu peserta tes yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan peserta tes tahun sebelumnya yaitu 745.142 peserta.

 

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya bahwa jalur rumun saintek mengalami kenaikan sebesar 339.035 sedangkan pada kelompok soshum mengalami kenaikan 345.444 dan untuk campuran atau dua prodi ini sebanyak 60 ribuan peserta. Dan untuk peserta dari jalur KIP kuliah mengalami kenaikan menjadi 226.000 peserta.

 

dari data diatas hanya 24 persen yang akan lolos SBMPTN yaitu sebanyak 192.810 peserta  dengan daya tampung di 125 perguruan tinggi negeri sementara itu ada 20.596 kursi yang tidak terpenuhi.

 

Bagaimana Cara Melihat Nilai UTBK SBMPTN?

 

Untuk mengetahui siswa yang masuk lolos diantara ratusan ribu peserta tersebut sesuai dengan laman resmi LTMPT menyediakan link miror sebanyak 32 link yang tersedia

 

Silahkan anda melakukan pengecekkan dengan membaca artikel kami di Cara Melihat Nilai UTBK SBMPTN

 

Dan silahkan anda masukkan nomor peserta UTBK SBMPTN

 

Setelah itu silahkan anda ketik tanggal lahir peserta dengan format hari, bulan dan tahun

 

Selanjutnya anda klik opsi pilihan persetujuan

 

Dan kemudian anda lihat dari hasil yang ditetapkan.

 

Anda bisa akses laman masing-masing dengan memasukkan data pribadi yang anda miliki.

 

Cetak Sertifikat UTBK SBMPTN

 

Bagi perserta yang lolos akan mendapatkan prnyataan selamat bahwa anda lulus seleksi pada prodi yang anda tuju sementara bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar yang lolos seleksi UTBK SBMPTN ada tambahan informasi bagi para pendaftaran harus lolos verifikasi data ekonomi dari DTKS.

 

Untuk unduh sertifikat dapat diunduh pada laman portal mulai dari tanggal 25 juni sampai dengan 31 juli. Silahkan anda cetak sertifikat UTBK SBMPTN

Pengumuman Hasil Peserta Lolos Seleksi Hasil UTBK SBMPTN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5