Ogoh-Ogoh Menjelang Hari Raya Nyepi

Menjelang Hari Raya Nyepi- Hari raya nyepi yang datang besuk hari diwarnai dengan merayakan ogoh-ogoh yang menjadi tema umat Hindhu  dalam  merayakan ogoh-ogoh adalah menjaga persaudaraan setiap manusia,  Setiap umat budha pada hari ini saling merayakan ogoh-ogoh dengan dilaksanakan dengan jalur pawai bersama, ogoh-ogoh ini adalah raksasa besar yang berukuran 2,5 meter sampai 3 meter.

Jakartapun juga merayakan perayaan ogoh-ogoh yang digelar pada seluruh rakyat hindu sejabotabek di Tugu Monas acara ini dibuka oleh wakil gubernur Jakarta Basuki T Purnama atau yang dikenal dengan sebutan Ahok, Ogoh-ogoh tersebut berjumlah 26 yang akan dipawaikan di sekeliling tugu monas jakarta.

ogoh ogoh 2013

Sedangkan Acara Ogoh-ogoh dibali yang diselenggarakan di kawasan pantai di bali diadakan parade ogoh-ogoh dengan total hadiah sebanyak tiga puluh (30) juta rupiah. Ada 25 perwakilan daerah yang mengikuti acara-ogoh-ogoh tersebut yang diikuti dengan beberapa tarian bali untuk menarik beberapa pengunjung wisatawan mancanegara.

tiket pertunjukkan ogoh-ogoh ini sudah tersebar 250 tiket di daerah hotel pantai sanur bali, ogoh-ogoh tersebut akan diawasi beberapa konsulat dari Australia sebagai acara yang akan menjadi budaya  adat istiaadat bali sebelum hari raya nyepi untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Dengan Acara Ogoh-Ogoh ini diharapakan seluruh masyarakat hindu bisa menjalin persaudaran yang erat dan kuat, supaya tidak terjadi lagi tawuran dan peperangan antara umat dan antara suku baik di bali maupun diluar bali tentunya, dan Acara ini supaya menjadi salah satu acara yang dapat menghibur para wisatawan dan menjadi salah satu daya tarik pengunjung wisatawan lokal dan mancanegara ketika liburan nantinya.

Ogoh-Ogoh Menjelang Hari Raya Nyepi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5