Indonesia Bersiap Menuju New Normal

Advertisement

Bingkaiberita.com – Pemerintah akan menerapkan konsep new normal dalam artian mereka yang sekarang ada di rumah harus menjalankan aktivitas seperti biasanya, yang mana ASN dapat bekerja dari rumah, kantor ataupun tempat lainnya. Dalam mengahadapi new normal ini, Indonesia akan membuka berbagai tempat yang dapat menghasilkan uang seperti tempat wisata, tempat hiburan, tempat perbelanjaan seperti mall dan lainnya.

Masyarakat harus bersiap Menuju New Normal disaat pandemi positif corona mencapai puluhan ribu orang, inilah yang dimaksud jokowi untuk berdamai dengan virus corona selama memang belum ditemukan vaksin ini, Skenario ini diberlakukan pada bulan juli mendatang rencananya.

Adapun Skenario yang dapat kami kutip dari detik.com bahwasannya untuk menjalankan skenario ini Aparatur Sipil Negara AS harus menjalankan beberapa hal diantaranya adalah sebagaimana berikut ini

Pertama, penerapan masuk kerja harus sesuai dengan protokol kesehatan, diantara mereka harus jaga jarak ketika masuk kerja, wajib memakai masker dan cuci tangan sehingga dapat mencegah penularan virus tersebut.

Tidak hanya diterapka bagi ASN, saja melainkan beberapa tempat perbelanjaan seperti mall juga wajib menerapkannya terlebih yang suka jalan-jalan wisata mereka juga harus menerapkan protokol kesehatan tersebut.

Kedua, Terkait dengan sistem kerja dengan mengatur siapa saja yang dapat bekerja dari rumah, jenis pekerjaannya apa dan juga langkah upaya berapa batasan usia pegawai yang harus beraktivitas kembali masih dalam skema pembahasan.

Ketiga, adalah dengan menerapkan teknologi informasi pelayanan publik seperti digital signature, e office ingga untuk rapatpun harus menggunakan video conference.

New Normal ini adalah salah satu kondisi virus yang masih ada dengan vaksin yang belum ditemukan sehingga pemerintah saat ini memberlakukan perilaku disiplin masyarakat sesuai dengan keselamatan dan kesehatannnya. Sehingga new normal ini tidak dalam kondisi normal seperti sebelumnya. Dengan kata lain jika hal ini diterapkan maka akan terjadi herdimunity untuk sebagian masyarakat golongan muda. Karena memang curva dari orang positif di seluruh Indonesia tidak landai melainkan secara terus menerus naik keatas. Apakah nantinya memang penyebarannya akan masif jika diterapkan new normal ini.

Apakah tidak ada cara lainnya agar supaya perekonomian Indonesia tidak turun dan penyebaran ini tidak terjadi lagi. Apakah nantinya ne normal juga akan diberlakukan oleh anak-anak sekolah yang notabene mereka saat ini kurang terlalu disiplin untuk mengenakan masker dan mereka akan lebih aman sekolah di rumah dari pada mereka belajar di sekolah

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Indonesia Bersiap Menuju New Normal | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5