Maung Pindad, Gandeng Toyata Hilux Untuk Mesinnya

Advertisement

Bingkaiberita.com – PT. Pindad Indonesia menggandeng toyota Hilus untuk menggunakan mesin dan sisisnya. Akan tetapi tidak hanya mesinnya saja yang dibeli oleh PT. Pindad Indonesi, melainkan mereka juga membeli utuh unit hiluxnya dari Auto2000. Dan kabarnya mereka siap proses produksi kendaraan tempur yang bernama Maung Pindad.

Maung Pindad

Maung sendiri adalah sebuah kendaraan tempur yang diklai menggunakan mesin dari Hilux yang memiliki tenaga mesin turbodiesel 2400 CC dengan kekuatan torsi 400 NM dan tenaga 149 tk.

Dari beberapa waktu lalu rencananya akan di produksi masal oleh PT. pindad di Bandung seperti yang dikabarkan oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Namun, sayangnya melalui pemasaran toyota terbesar di Indonesia Auto 2000 mereka tidak menyediakan mesin toyota hilux, dan bentuk produknya adalah unit mobil hilux dengan single cabin dan tidak dapat menyiplai bentuk rolling sasis.

Sampai saat ini belum ada kabar terkait berapa banyak Hilux yang akan dipesan dan dikirimkan ke PT Pindad. Namun, kabarnya kementerian pertahanan akan memesanaak Pindad Maung ini sebanyak 500 unit dengan mengkanibalkan mesin dari hilux.

Untuk Stox hilux seperti yang dituturkan oleh Auto2000, bahwa mereka harus melia ketersediaanya kondisi karena memang untuk pulau jawa sendiri tidak banyak unitnya, karena berbeda dengan di daerah tambang seperti Papua dan Kalimantan mereka menggunakan Toyota Hilux untuk transportasi di daerah Tambang. Mungkin mereka akan agak kesulitan jika tidak dikerjasamakan untuk waktu yang panjang. Sehingga pemesanan toyota Hilux dapat disediakan dengan baik.

Terkait dengan Unit Hilux yang ada di Pulau Jawa ini jatahnya sudah habis oleh PT.Pindad karena memang untuk persediaan di Pulau Jawa ini memang sangatlah sedikit. Apalagi Pindad ini adalah perusahaan BUMN milik negara yang notabene telah memproduksi berbagai macam alat-alat persenjataan dan kemungkinan besar memang pindad akan gandeng toyota untuk mesinnya bukan hanya di kanibalkan.

Semoga kedepannya lahir anak muda bangsa yang dapat memberi kontribusi di Indonesia untuk pembuatan mesin-mesin mobil yang setara dengan Toyota atau pabrikan-pabrikan jepang yang notabene telah memiliki pangsa pasar dunia.

sumber:kompas.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Maung Pindad, Gandeng Toyata Hilux Untuk Mesinnya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5