Login INFO GTK 2022-2023 Dengan Akun PTK

5 min read

Cara Login Info GTK dengan Akun PTK dapodik

Bingkaiberita.com – Sudah kah bapak dan ibu guru meminta akun PTK kepada Sekolah? Jika belum silahkan anda minta ke kepala sekolah atau operator dapodik. Karena , ada juga kepala sekolah yang tidak memberikan akun PTK tersebut? Apalagi kita tahu sendiri bahwa akun PTK ini dibuka untuk mengakses di laman info gtk

Login INFO GTK ini penting, tapi bisa-bisanya seorang kepala sekoalh tidak memberikan akun PTK seperti ini buat apa coba? Semakin ditelusuri kemungkinan besar memang kepala sekolah yang seperti ini tidak mengetahui bahwa akun ptk ini sangat penting bagi informasi guru kedepannya.

Kepala sekolah atau operator tidak hanya memberikan akun ptk melainkan juga aktivasi akun lain seperti akun belajar, yang notabene dapat diaktivasi oleh seorang kepala sekolah atau operator yang diunduh dari pd.data.kemdikbud.go.id

Jika dulu boleh, akun sim pkb bisa untuk akses di Info GTK, namun saat ini akun simpkb tidak bisa akses ke Info GTK melainkan yang dapat login info gtk adalah dengan menggunakan akun ptk yang diberikan oleh operator dapodik atau sekolah dari email yang telah diganti di Dapodik.

Dengan akun PTK tersebut guru dapat memantau info gtk sudah sejauh mana input data dari dapodik khusunya untuk info tunjangan SKTP (Surat Keterangan Tunjangan Profesi ) yang dapat diambil dari laman utama Info GTK yang penarikan datanya diambil dari server dapodik.

Selain itu Info GTK ini juga dapat digunakan untuk para guru honorer yang sesuai kebijakan pemerintah, Bantuan Subsidi Guru Bukan PNS atau honorer yang berbentuk Upah. Sehingga semua guru harus diberikan login info gtk.

Cara Cek Login Info GTK 2021

Laman cek info gtk sejak dulu hingga sekarang masih menggunakan laman portal http:info.gtk.kemdikbud.go.id Para guru biasanya berlomba-lomba untuk melakukan data pengecekkan pengiriman dan sinkronisasi dapodik terutama bagi guru yang sudah bersertifikasi apakah data yang diinput sudah benar pada aplikasi dapodik. Nah, berikut ada 4 cara cek info gtk, kami hanya akan memberikan pengecekkan satu cara saja.

Pertama silahkan anda masuk ke portal info gtk dengan link url berikut ini: http://info.gtk.kemdikbud.go.id

Login Info GTK

Kedua, silahkan anda melakukan login langsung ke GTK atau menggunakan SSO, itu sama saja. Karena oada tahun sebelumnya untuk login info gtk masih menggunakan NUPTK atau NRG dengan input langsung ke laman tersebut.

Cara Login Info GTK dengan Akun PTK dapodik

Keselahannya pembuat saat ini tidak menyediakan login dengan menggunakan NRG sertifikasi atau NUPTK, mereka harus memiliki akun PTK, yang mana akun PTK ini hanya dikasih oleh kepala sekolah atau operator. Namun, jika kepala sekolah atau operator tidak memberi mau bagaimana?

Meskipun akun PTK tersebut sudah dibuat oleh operator dengan username yang berupa email yang telah mereka buat, data mereka tidak bisa diakses. Kemdikbud harus melakukan hal baru yang tentunya memang bisa membantu masalah yang seperti ini. Karena tidak semua sekolah di Indonesia berjalan dengan harmonis, ada juga sekolah yang memang telah mendapatkan dana bos yang besar uang yang diberika kementerian keuangan tidak terlihat. Harusnya memang harus ada pemantau dari pusat datang ke sekolahan, bukan hanya pelaporang yang bisa dibuat dengan cara mengada-ada.

Ketiga, setelah mendapatkan akun PTK bagi sekolah yang memang memberi akun PTK silahkan anda login, kemudian anda buka dashboarnya. Dan lihat ada ada menu identitas kemudian anda lihat yang paling bawah ada menu buka info gtk

buka info gtk

Keempat, maka dashboar info gtk akan ada keterangan apakah status info gtk sudah valid ataukah belum valid kemudian anda cek satu persatu status datanya

INfo GTK

Terakhir apabila sudah valid silahkan anda cetak seperti penunjuk arah yang saya sertakan dalam garis yang berwarna merah seperti diatas.

LOGIN INFO GTK Bagi LULUSAN PPG Dalam jabatan

Bagi yang baru saja lulus Program pendidikan profesi guru dalam jabatan yang ingin mendapatkan tunjangan profesi tidak serta merta mereka langsung mendapatkan tunjangan tersebut, biasanya datanya belum tertulis sertifikasi, karena ditahun-ttahun sebelumnya memang guru tersebut harus menunggu info gtk, data sertifikasi belum ditarik dari INFO GTK, dan pastikan data yang diberikan kepada kepala sekolah atau operator dapodik sudah diinput dengan benar khusunya untuk NRG yang didapatkan setelah anda lulus dari PPG dalam Jabatan.

Jika sertifikat pendidik sudah diberikan oleh pengelola program PPG, maka segera untuk dimasukkan ke laan aplikasi dapodik nomor sertifikat pendidik. Dan perlu anda ketahui bahwa yang NRGnya baru diterbitakn pada tahun 2019, maka tujangan akan diterima pada tahun berikutnya 2020. Apabila NRG terbit pada tahun 2020 maka tunjangan sertifikasi akan terbit tahun 2021.

LOGIN INFO GTK untuk Verval Ijazah.

Bagi guru yang masih honorer, pemerintah saat ini akan membuka Program PPPK atau seleksi ASN untuk guru honorer yang mana mereka harus terdata terlebih dahulu di dapaodik sekolah. Jika sudah ada data di dapodik, maka otomatis datanya sudah ada di INFO GTK.

Bagi guru yang akan mengikuti pogram seleksi PPPK mereka wajib melakukan Verval Ijazah yang mana verval tersebut dimulai sejak bulan nopember lalu, bagi yang belum melakukan verval ijazah info gtk silahkan anda lakukan verval.

Sebaiknya anda login INFO GTK untuk verval ijazah dengan menggunakan laptop atau PC karena nantinya anda harus menggungah dokument yang berupa Ijazah terakhir Sarjana Strata Satu, Jika anda bingung silahkan anda bertanya kepa teman jika data anda memang perlu diperbaiki atau anda bisa memperbaikainya jika data yang ada belum selesai dan harus diperbaik sesuai dengan verval ijazah.

LOGIN INFO GTK, Username dan Password Tidak Ditemukan

Nah, banyak sekali dari bapak dan ibu guru yang telah diberikan akun PTK baik itu username email anda sendiri dan passwordnya salah dan data tidak ditemuka ketika login info gtk.

Apa yang menyebabkanya? Biasanya yang menyebabkan data tidak tersingkron karena memang Operator dapodik atau kepala sekolah yang menghendle dapodik ini baru saja membuatkan akun PTK dapodik dan password sudah diubah dan belum bisa terbaca di Info GTK walaupun sudah berminggu-minggu namun belum bisa terbaca karena data jumlah guru banyak sekali.

Apabila guru yang menerima akun ptk tersebut tidak dapat login, maka ada beberapa sebab diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, data yang tekah disingkronkan ini belum terupdate di server info gtk. kemudian operator baru melakukan singkron data yang telah dikirim ke server pusat untuk dapodik membutuhkan paling tidak 7 hari kerja.

Kedua, Saat anda login INFO TGK meskipun sudah menggunakan email yang aktif dan data tidak ditemukan kemungkinan salah passwordnya sehingga data tidak ditemukan.

Ketiga, Jika anda reset password ke operator dapodik kemungkinan besar akan dibuatkan pasword baru, dan tidak serta merta bisa digunakan harus menunggu beberapa hari untuk dapat masuk ke server info gtk.

Solusi Username dan Password tidak ditemukan di Login INFO GTK

Nah, bagi yang memang susah untuk masuk di info gtk bisa mengunakan cara berikut:

Pertama, silahkan anda login menggunakan akun ptk lama anda tanpa harus ubah email atau password yang lama’

Kedua, anda bisa meminta operator dapodik untuk membuka info gtk melalui manajemen dapodik

Status Validasi Tunjangan Profesi LOGIN INFO GTK

ada dua status validasi dari SKTP yang tampil saat anda login INFO GTK yaitu

  • Status Valid
  • Status Belum Valid

Apabila belum valid maka otomatis untuk nomor SKTP belum akan diterbitkan dan apabila Valid SKTP maka operator SIMTUN Dinas Pendidikan akan langsung mengusulkan tunjangan profesinya

Ada beberapa kemungkinan proses SKTP belumvalid karena memang biasanya guru kekurangan jam mengajar, data jam mengajar kurang, Masalah pada NUPTK, Data kepegawaian dan Operator dapodik belum melakukan singkronisasi.

Apabila status sudah valid maka dinas tinggal melakukan validasi dinas pendidika karena perlu adanya Verifikasi dari dinas pendidikan.

NUPTK Tidak Valid

Apbila ditemukan pada info gtk NUPTK ganda atau tidak valid maka yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan verifikasi pada dapodik, baik itu melakukan pengecekan penulisan nama, cek tanggal lahir, ibu kandung gelar dan lainnya.

Anda harus bandingkan penulisan nama yang ada di info gtk dengan yang ada di dapodik apakah sudah sesuai, setelahnya pada cek tanggal lahir anda bandingkan apakah antara info gtk dan dapodik sudah sesuai

Status Login INFO GTK

Jika ada muncul beberapa hal yang tercatat pada status data maka anda bisa melihat cara membaca status data SKTP belum terbit karena masalah seperti dibawah ini:

Pertama, Status data 1 maka operator sekolah atau kepala sekolah saat ini belum update dapodik atau bisa saja buka dapodik yang belum singkron namun NUPTK tidak bali seperti nama, tanggal lahi tahun data kelulusan tidak sama dengan data di dapodik.

Kedua, Masih Edit data status 2 maka data belum valid sehingga anda diwajibkan untuk memenuhi datanya memenuhi 24 jam tatap muka linier.

Ketiga, Status data 6 atau dengan artina tidak aktif karena memang pensiun, tidak menjadi guru, meninggal atau pensiun

Keempat Status data 7 maka sudah siap untuk proses penerbitan SKTP

Kelima Status data 8 maka hal tersebut bermakna sudah terbit SKTP

Keenam, Status data 16 maka yang bersangkutan tinggal menunggu usulan dinas pendidikan untuk proses penerbitan SKTP

Solusi Bagi yang kurang Jam Linier di Info GTK

Adapun beberapa hal yang mempengaruhi Jam agar menjadi 24 jam adalah dengan cara menambah jam baik menjabat kepala lab, menambah tugas tambahan jam mengajar dan JJM yang lainnya untuk pemenuhan kebutuhan 24 jam.

Jam Tugas Tambahan

Bagi yang memang jumlah jamnya kurang bisa meminta kepada kepala sekolah atau operator dapodik untuk menambah tugas tamabaha utama seperti kepala lab, wakasek, wali kelas dan lainnya hingga tambahan tersebut dapat memvalidasi.

Total Jam Mengajar dan Tugas Tambahan

Total jam mengajar adalah jam mengajar yang linier dengan jurusan anda waktu kuliah, Jika hanya masih 12 jam di sekolah besar maka harus ditambah dengan tugas tambahan jadi Tugas tambahan tersebut harus benar benar valid
Total tugas tambahan dan linier harus 24 jam sebagai syarat penerbitan SKTP.

Tugas Tambahan yang Valid

Wakil Kepala Sekolah
Kepala Lab IPA
Kepala Lab Multimedia Bahasa
Kepala Lab Bengkel
Kepala Perpustakaan
Kepala Program Studi
Kepala Unit Produksi.

Semoga dengan informasi Login INFO GTK diatas bisa memberikan pencerahan kepada operator dapodik ataupun kepala sekolah untuk memberikan akun ptk kepada guru. Dan memang info gtk ini sebagai hak guru bukan dimiliki oleh kepala sekolah atau operator dapodik. Karena ada aja kepala sekolah yang tidak memberikan akun PTK kepada guru.

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.