Kenapa Sinyal Hp Mati atau Hilang saat Cuaca Hujan?

Bingkaiberita.com – Inilah alasan kenapa sinyal hp sering mati atau hilang sinyal saat hujan lebat atau listrik padam. Kondisi tersebut memang sering dialami oleh beberapa orang yang menggunakan provider seluler yang tidak ada sinyal saat hujan atau mati listrik.

Dalam hal ini mungkin banyak yang menyetujui bahwa jika sinyal ponsel akan mati mendadak ketika mati listrik dan saat hujan badai. Dan biasanya juga ketika hujan semua provider akan menjadi lambat saat digunakan.

Inilah penyebab sinyal hilang saat hujan

Saat turun hujan kemungkinan besar memang tidak terlalu menggangu sinyal, meskipun awan tebal dapat menganggu penyaluran listrik dari tiang Base Transceiver Station (BTS) ke ponsel saat turun hujan.

Namun yang menjadi penyebabnya kemungkinan besar adalah saat kondisinya mati listrik karena tiang BTS yang dialiri listrik kekurangan atau kehilangan daya untuk menyalakannya. Dan untuk mengatasi hal secama itu perlu adanya pengganti dari listrik melalui baterai cadangan sebagai pengganti dari listrik pln yang dimatikan.

Dengan menggunakan baterai, maka penggunaan BTSpun akan tidak maksimal, baterai tiang bts akan dihemat sembari petugas layanan jaringan provider menggantinya dengan genset listrik yang telah ada di BTS.

Solusi Susah Sinyal

Kemudian bagi para pengguna jaringan provider yang kehilangan sinyalnya haruslah bersabar sampai jaringan bts bisa digunakan karena ketika hujan lebat dan petir inilah yang dapat mengakibatkan penggunanya tersambar petir dan untuk provider dapat mengakali dengan memasang UPS atau yang disebut dengan Uninterruptible Power Supply sejenis baterai yang dapat digunakan untuk menyimpan daya saat listrik mati mendadak

Sehingga dengan penggunaannya akan secara otomatis diambil alih, sumber daya selulernya ketika lampu mati karena sudah tergantikan dengan UPS dan pemancar tower seluler akan hidup sembari memasang mesin genset di dekat tiang BTS.

Kemudian jika ingin memanfaatkan internet, para pengguna bisa menggunakan sinyal wifi yang terpasang pada satu layanan seluler yang memang sedang bermasalah.

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda yang sedang mencari informasi, kenapa sinyal hp samartphone hilang saat hujan lebat.

Kenapa Sinyal Hp Mati atau Hilang saat Cuaca Hujan? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5