30 Daftar Jurusan Saintek yang Sepi Peminat & Ketat Persaingan

Advertisement

Bingkaiberita.com – Jadwal SNMPTN sudah dirilis, jurusan saintek menjadi salah satu jurusan yang paling diminati, namun sayangnya pada jalur SNMPTN para pelamar CPNS haruse bersaing dengan menggunakan nilai terbaik atau prestasi sekolah, Persyaratan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeripun harus diawali dengan cara buat akun LTMPT.

Daftar Jurusan Saintek Sepi Peminat

Jalur SNMPTN berbeda dengan jalur UTBK, SBMPTN dan jalur masuk mandiri pada pergurua tinggi negeri karena jalur ini seorang siswa harus memiliki nilai akademik atau prestasi yang bagus sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh Perguruan Tinggi Negeri.

Adapun waktu regstrasi Akun LTMPT ini akan dibagi menjadi dua seperti yang telah kami sampaikan pada artikel kami sebelumnya pada cara buat akun LTMPT yaitu pembuatan akun LTMPT untuk SNMPTN yang berlangsung pada tanggal 2 des s/d 7 januari. Sedangkan waktu kedua adalah pendaftaran akun LTMPT yang dilakukan pada tanggal 7 feb s/d 5 April untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN.

Melihat data LTMPT tahun lalu yang mana, peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN dari jumlah pendaftar sebanyak 478.608 yang hampir 500 ribu siswa yang hanya mendapat kursi SNMPTN pada perguruan tinggi tidak sampai setengahnya yaitu 26.217 sebesar dua puluh ribuan orang yang sudah termasuk para pelamar dari Bidikmisi yang dinyatakan lulus.

Jurusan saintek adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh para pelamar pendaftaran SNMPTN. Nah, sebelum melakukan pemilihan program studi (prodi) pada tahap selanjutnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu prodi yang benar-benar memiliki persaingan yang ketat sehingga kita tidak memiliki kemungkinan untuk lolos SNMPTN.

10 Jurusan Saintek Ketat Persaingan

Adapun 10 Jurusan Saintek yang memiliki persaingan yang ketat ada di Universitas sebagai berikut menurut data dari kompas.com sesuai dengan data SNMPTN tahun lalu.

1. Prodi Teknik Informatika Universitas Padjajaran: 1,39 persen
2. Prodi Teknik Informatika Universitas Hasanuddin: 1,71 persen
3. Prodi Farmasi Unversitas Jenderal Soedirman: 1,77 persen
4. Prodi Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soerdirman: 1,80 persen 5. Prodi Farmasi Universitas Padjajaran: 1,80 persen
6. Prodi Farmasi Universitas Syah Kuala: 1,81 persen
7. Prodi Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro: 1,82 persen
8. Prodi Psikologi Universitas Padjajaran: 1,83 persen
9. Prodi Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman: 1,86 persen
10. Prodi Keperawatan UPN Veteran Jakarta: 1,99 persen

20 Jurusan Saintek Sepi Peminat

Selain anda sudah memiliki data jurusan saintek dengan persaingan yang ketat, anda juga harus melihat prospek mana jurusan saintek yang sepi peminat dan memilik prospek bagus dimasa mendatang. Nah, berikut akan kami sampaikan Jurusan Saintek sepi peminat:

1. Budidaya Perikanan
2. Teknik Nuklir
3. Kimia Murni
4. Oseonografi
5. Teknik Biomedis
6. Astronomi
7. Teknik Perkapalan
8. Teknik Perpipaan
9. Jurusan Radiologi
10. Teknik Kelautan
11. Teknik Biomedis
12. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
13. Teknik Geofisika
14. Teknik Pengairan
15. Teknik Planologi
16. Teknik Meteorologi
17. Teknik Hasil Hutan
18. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
19. Teknik Pengelasan
20. Teknik Desain dan Manufaktur

Semoga dengan sedikit data diatas, Jurusan Saintek yang anda pilih sesuai dengan kesempatan dan tingkat kelulusan yang tinggi pada pendaftaran SNMPTN

Kompas.com, 10 Jurusan Saintek Paling Ketat Persaingan dalam SNMPTN (Yogyakarta), Diakses tanggal 03 Desember
Mamikos.com, 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2019 (Yogyakarta), Diakses tanggal 03 Desember

Editor : Topik Nugroho, M.Pd

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
30 Daftar Jurusan Saintek yang Sepi Peminat & Ketat Persaingan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
close