Jadwal dan Cara Daftar SNBT Tahun Ajaran 2023-2024

Jadwal Seleksi SNBT  kapan?   SNBT singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi berdasarkan nilai tes yang biasanya  dilaksanakan pada bulan -bulan mei,  dilakukan secara online di website resmi dari SNBT online.  Namun, pendaftaran online SNBT biasanya berbeda dengan tahun ini yang diwajibkan untuk mengikuti ujian tulis berbasi kompetensi terlebih dahulu, Apalagi ujian tersebut sebagai syarat pendaftarana secara umum. untuk informasi lebih lanjut anda bisa lngsung melihat website resmi dari LTMPT yang ditunjuk sebagai lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi.

Kapan Jadwal Pendaftaran SNBT?

Untuk daftar Online SNBT yang harus dipersiapakan adalah koneksi internet yang lumayan kencang sehingga ketika akses website tidak terkendala dengan koneksi apalagi anda belum tahu kapan jadwal pendaftaran SNBT.  Dari website resmi diatas kita akan mendapatkan infromasi yang akurat dan jelas mengenai jadwal pelaksanaan, tata cara syarat dalam registrasi secara online.

Jangan sampai salah yah!  karena banyak penipuan yang terjadi akibat adanya pihak yang tidak bertanggung jawab  dengan memanfaatkan anda yang sedang mencari kampus di perguruan tinggi negeri, info lebih jelasnya langsung anda meluncur ke website resminya dari SNBT.

Perhatikan Juga Alur Pendaftaran SNBT tahun lalu dibawah ini:

TanggalCara pendaftaran SBMPTN 
10 Juni – 24 Juni  pukulPendaftaran SNBT
9 JuliPengumuman Hasil SNBT dengan Nilai UTBK
10 s/d 23 juliPendaftaran Ulang  Kampus
Bulan Agustus Permulaan Kuliah

Anda tidak dapat melakukan pendaftaran SNBT secara langsung karena membutuhkan nilai dari ujian tulis berbasi komputer atau yang sering disebut dengan NIlai UTBK, jika belum melakukan pendaftaran UTBK     silahkan untuk mendaftar lebih dahulu dan tunggu ada hasilnya dan pantengin terus tanggal pengumuman utbk. Setelah itu barulah seorang calon SNBTuntuk melakukan pendaftaran SNBT.

Pengumuman Hasil SNBT

Dengan terjadinya pengalaman yang sudah-sudah sejak zaman dahulu, bahwasanya link resmi pengumuman sering eror maka, pihak panitia yang bekerjasama dengan pihak kampus untuk memberikan mirorring link yang ada di website resmi kampus sehingga memudahkan para calon pelamar sbmptn untuk membukanya. Nah, hasil pengumuman resmi yang ada di  server LTMPT pada  http://www.pengumuman-snbt.ltmpt.ac.id dapat juga dibuka di link pengumuman dibawah ini:

Link Pengumuman Hasil SNBT

Pengumuman Hasil UJIAN SNBT Bisa Di Akses pada website http://www.pengumuman-snbtn.ltmpt.ac.id. Sebagai  salah satu website yang menyediakan pengumuman secara resmi. Nah setelah anda diterima pada universitas yang anda tuju silahkan untuk melakukan pendaftaran ulang.  Portal resmi SNBT juga melakukan miroring  untuk melihat pengumuman dibeberapa kampus sebagai berikut ini:

1. https://pengumuman-sbmptn-1.ltmpt.ac.id/
2. https://sbmptn.ugm.ac.id/
3. https://sbmptn.itb.ac.id/
4. https://sbmptn.unhas.ac.id/
5. https://sbmptn.ipb.ac.id/
6. https://sbmptn.unair.ac.id/
7. https://sbmptn.unsri.ac.id/
8. https://sbmptn.unhas.ac.id/
9. https://sbmptn.ui.ac.id/
20.https://sbmptn.ipb.ac.id/

Cara Melihat Pengumuman SNBT

Nah, untuk melihat pengumuman SNBT  anda harus memiliki kartu peserta SBNBT dan mengetahui tanggal kelahiran anda karena yang harus anda inputkan untuk mengetahui kelulusannya menggunakan nomer peserta yang ada di kartu peserta SNBT. Gambar seperti berikut ini:

pengumuman hasil sbmptn

Silahkan anda inputkan nomer peserta SBMPTN, kemudian langkan selanjutkan pastikan tanggal lahir, bulan lahir dan tahun lahir anda benar dan lihat hasilnya. Semoga anda lulus SBMPTN ya, jika belum lulus silahkan anda mendaftar kembali ke kampus  dengan menggunakan jalur mandiri atau jalur ujian tulis yang diselenggarakan oleh pihak kampus yang anda tuju.

Syarat Pendaftaran SNBT

Adapun beberapa syarat tentang pendaftaran SNBT  yang akan dilakasanakan pada waktu pendaftaran secara online sebagai berikut ini. Dan anda bisa memilih beberapa universitas yang menampung Ujian SNBT

  • Lulus dari  SMA/SMK/MI  minimal ijazah 2 tahun setelah kelulusan,  yang belum mendapatkan ijazah bisa menggunakan SKHUN dari pihak sekolah dengan bidata lengka-p disertai dengan cap stempel dan tanda tangan dari kepala sekolah
  • Sudah melakukan pendaftaran UTBK dan mendapatkan nilai yang baik di UTBK
  •  Sehat Jasmani Maupun Rohani
  • Siswa memiliki Nomer Induk Siswa Nasional
  • Pembayaran UTBK ditanggung pserta dan pelamar SNBTadalah bagi yang tidak lulus jalur SNBP

Bagaimana  Cara daftar SNBT ?

untuk  Tata cara daftar SNBT  secara online di  internet anda langsung ke website resminya dengan mengunjungi  konten halaman di bagian kiri yaitu tomblo pendaftaran caranya sebagai berikut ini:

  • Bukalah website resminya di http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id,  setelah itu kita diberikan salah satu link yang mengacu pada pendaftaran online
  • Silahkan anda lengkapi profil dan biodata secara lengkap.
  • Silahkan anda pilihan universitas dan dua prodi.
  • Jika sudah selesai silahkan klik tombol simpan dan unduh untuk cetak kartu peserta SNBT
  • Untuk melengkapi beberapa formulir pendaftaran diatas anda harus mengerti dan paham alur pendaftarannya dengan mendownload panduan lengkapnya http://download.sbmptn.ac.id/
  •  Jangan Lupa pendaftaran hanya dilakukan di website resmi dan diselenggarakan pada bulan Juni yang akan datang

Baca Juga beberapa artikel dibawah ini:

Semoga informasi diatas dapat membantu anda sedikit supaya anda tidak tertipu dengan akun facebook atau twitter ataupun website resmi dari SNBT. Sekian Info dari Kami semoga pengetahuan anda dapat meningkat sedikit lebih jauh mengenai tata cara pendaftaran SNBT 

Buku  SNBT

Sebagaimana yang dilakukan sebelumnya, anda dapat lulus SMA karena belajar, jika anda ingin lulus SNBT maka seharusnya anda beli buku SNBT dengan cara  klik gambar bukunya dibawah ini:

download dibawah ini

Jadwal dan Cara Daftar SNBT Tahun Ajaran 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5