Jadwal Cetak Kartu Ujian, Jadwal Ujian SKD, SKB, Pengumuman Hasil CPNS 2023-2024

Bingkaiberita.com – Banyak dari pelamar yang gagal dalam mencetak kartu ujian, mereka masih menanyakan kenapa mereka selalu gagal dalam mencetak kartu ujian CPNS . Sesungguhnya para pelamar yang mengalami gagal dalam mencetak kartu ujian ini disebabkan oleh ketelitian pelamar yang kurang karena tidak hanya informasi yang ada di BKN saja yang dibaca melainkan dari refrensi lainnya yang harus anda baca agar dapat mencetak kartu ujian tanpa harus terkendala dengan berbagai hal terkait test cpns yang masih kosong ataupun yang lainnya.

Nah, anda harus berupaya teliti dan mencari informasi yang lengkap di website yang telah disediakan oleh pemerintah. Bila anda ingin melamar pada CPNS Kemenristek dikti, anda bisa mencari informasi resmi cpnsnya melalui website dikti ataupun jika anda melamar di pemerintah daerah atau Provinsi bisa dicek langsung pada BKD di masing-masing daerah. Beberapa instansi memang memiliki persyaratan yang berbeda beda.

Ada instansi yang hanya mengunggah dokument saja, dan ada juga yang harus mengirimkan berbagai persyaratan dokument melalui POBOX dan terakhir pengiriman cap POS pada batas akhir pendaftaran CPNS. Adapun beberapa persyaratan yang diunggah di website BKN portal resmi yang berada di sscn.bkn.go.id yaitu dengan 1) KTP, 2) Foto, 3) Foto Selfie 4) Ijazah 5) Transkrip Nilai dan Surat Lamaran. Dan ada juga yang mempersyaratkan dengan dokumen dan persyaratan lainnya.

Nah, salah satu hal yang wajib anda ketahui ini selain dari mengunggah dan mengirim dokument. Anda juga harus tahu format surat lamaran, surat pernyataan dan surat lainnya karena jangan sampai anda tidak mengirimkan surat lamaran yang tidak  sesuai dengan contoh format yang mengakibatkan anda tidak lolos seleksi administrasinya. Dan perlu diingat kembali jangan salah alamat saat pengiriman surat.

Adapun,sesuai dengan petunjuk awal kapan Jadwal Cetak Kartu Ujian CPNS yang berlaku pada kemenpan RB dan beberapa hal terkait dengan Ujian SKD dan pengumuman Hasil Ujian adalah sebagai berikut ini, supaya anda jadikan refrensi dalam mengikuti seleksi CPNS.

Berikut Jadwal Cetak Kartu Ujian CPNS, Jadwal Ujian SKD dan Pengumuman Hasil SKD seperti pengumuman Kementerian dan Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara:

Tahapan  Jadwal  Pendaftaran CPNS

  • Pengumuman Pendaftaran CPNS akan dilaksanakan pada akhir bulan oktober setelah pelantikan presiden republik Indonesia
  • Pendaftaran Online CPNS dimulai
  • Pengumuman hasil seleksi Admnistrasi
  • Masa sanggah
  • Pengumuman jadwal seleksi test kompetensi dasar
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar
  • Pengumuman Hasil SKD
  • Pelaksanaan SKB
  • Integrasi nilai SKD dengan SKB
  • Pengangkatan CPNS  dan Penetapan NIP
NOKegiatanTanggal
1Pengumuman07-Nov-
2Pendaftaran Online11 – 24 November
3Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi16-Des-
4Masa Sanggah 17 – 19 Desember
5Pengumuman Hasil Sanggah26-Des-1
6Seleksi Kompetensi DasarFeb-
7Pengumuman Peserta Seleksi KompetensiBidangMar-
8Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)Mar-
9Pengumuman Akhir Seleksi CPNS BKN Tahun 2019Apr-

Sebagaiaman dari surat edaran dari Kementerian PAN RB sebagaimana nomer B/1007/S.SM.01.00/2019 dengan sifat segera sebagaiman berikut ini:

Dari data informasi diatas, bahwa jadwal cetak kartu CPNS akan berlangsung pada Bulan Januari sebelum tes seleksi kompetensi dasar dimulai

Sedangkan Jadwal Ujian SKD akan dimulai tanggal 27 Januari atau pada akhir bulan Januari dan dilanjutkan  dengan pengumuman hasil SKD pada bulan februari.

Apabila ada perubahan terkait dengan informasi dari kemenpan rb diatas silahkan anda mencari informasi di google terkait dengan perubahan diatas karena instansi memiliki kewenangan untuk merubah jadwal. Jik ada di instansi kemneterian silahkan buka webite pemerintahan seperti kemdikbud. kemenkumham, bnn, bin, dan lainnya. Apabila anda mendaftar di instansi pemerintahan baik itu provinsi ataupun pemda silahkan anda browsing dengan kata kunci ” BKD”. Semisal anda mendaftar di kabupaten Kulon Progo, maka anda harus browsing dengan kata kunci ” BKD Kulon Progo”.

Itulah beberapa hal terkait dengan jadwal cetak kartu CPNS, dan Ujian SKD serta pengumuman hasil SKD CPNS  yang dapat saya sampaikan semoga anda dapat lulus dan melakukan pemberkasan CPNS.

Jadwal Cetak Kartu Ujian, Jadwal Ujian SKD, SKB, Pengumuman Hasil CPNS 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5