Berapa Gaji Dokter di Indonesia

Bingkaiberita.com – Salah satu profesi yang sangat diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia adalah profesi dokter. Karena tidak semua orang yang bisa menyembuhkan penyakit disebut dengan dokter. Untuk menjadi seorang dokter mereka harus memiliki gelar dalam bidang kedokteran dan harus ditempa pada pendidikan dan pelatihan khusus.

Sebelum seorang calon dokter mengetahui tentang syarat masuk kedokteran dan biaya masuk kedokteran akan lebih baik anda mengetahui profesi ini secara mendalam apakah cocok dengan kebutuhan anda saat ini, apakah anda ingin cepat kaya dengan menjadi dokter, lebih baik anda mempertanyakan gaji dokter di Indonesia ini sebanding nggak sih dengan biaya yang dikeluarkan.

Gaji Dokter di Indonesia

Pendapatan dokter di sejumlah wilayah masih tergolong sangat kecil, apalagi mereka yang ditugaskan di daerah masih ada yang dibawah Rp 3 jutaan berdasarkan penuturan Ketua Umum pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Apabila tidak ada insentif dari pemerintah daerah maka gajinya kurang dari 3 juta

Bagaimana dengan Dokter PNS di Indonesia?

Dokter dengan masa bakti dibawah 10 tahun yang bekerja sebagai PNS dengan golongan III A mereka memiliki gaji pokok yang sesuai dengan pendapatan PNS lain dengan jabatan golongan 3A mereka mendapatkan gaji pokok sekitarRp 2,4 s/d 2,7 juta sesuai dengan gaji pokok pns.

Selain itu jika mereka mendapatkan insentif lainnya atau tambahan jasa layanan dari kapasitasi BPJS maka akan ada tambahan 500 ribu sampai dengan satu jutaan jika ditotal sekitar 3 juta lebih.

Namun, apabila tidak ada insentif yang diberikan oleh pemerintah daerah maka penghasilannya kurang dari 3 jutaan dalam sebulannya sehingga mereka mau tidak mau juga membuat layanan dirumah untuk pemeriksaan kesehatan.

DOkter umum yang bergaji kurang 3 jutaan ini tidak sebanding dengan penghasilan dari dokter spesialis yang memiliki penghasilan yang lebih tinggi yang jumlahnya saat ini tidak lebih banyak dari dokter umum

Penghasilan dokter Subyektif

Ada yang menyebutkan untuk pekerjaan sebagai seorang dokter penghasilan yang diterima sangatlah subyektif dan tidak bisa disamaratakan atau digeneralisasikan.

Jika seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit bekerja 15-20 shift maka mereka dihitung sebagai seorang dokter part time yang tidak memiliki gaji pokok di sebuah rumah sakit.

namun, jika dokter tersebut bekerja setiap hari praktik di rumah sakit menjadi dokter full timer kemungkinan mereka secara umum mendapatkan gaji pokok

Adapun penghasilan seharusnya dari dokter ini dihitung dari dua hal yaitu dari segi kebijakan rumah sakit atau klik untuk penerimaan per pasiennya dan jumlah pasien yang datang untuk berobat.

Untuk sekali shift rata-rata dokter yang bekerja selama tujuh sampai dengan sepuluh jam mereka akan mendapatkan uang sebesar 80 ribu rupiah sekali shiftnya.

Tertarik untuk menjadi seorang dokter, usahakan jangan menjadi dokter umum saja melainkan untuk kuliah lebih tinggi ke dokter spesialis. Mengingat gaji dokter di Indonesia.com

Berapa Gaji Dokter di Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5