Syarat Masuk Fakultas Kedokteran

Bingkaiberita.com – Untuk memulai cita-cita dan mewujudkan mimpi sebagai dokter tidaklah mudah mereka harus mempersiapkan diri untuk memenuhi kriteria syarat masuk fakultas kedokteran. Beberapa hal yang dimaksudkan adalah syarat akademik menjadi dokter sekaligus syarat fisik menjadi dokter. Dinilai dari segi akademik memang seorang calon dokter harus memiliki wawasan yang luas dan sistematis sehingga mampu bersaing dengan logika dan nalar pada bidang yang telah digelutinya. Anda bisa simak daftar isinya dibawah ini

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran

sumber: pixabay.com

Seorang calon dokter harus memenuhi syarat akademik maupu fisik, karena dalam tubuh fisik yang sehat terdapat jiwa yang kuat pula. Sehingga tidak hanya sehat akal namun mereka juga harus sehat mental dan fisik seluruhnya karena tidak mungkin jika seorang dokter bedah manusia ketika mereka membedah manusia mereka mual karena fisik yang lemah sehingga harus seimbang dua-duanya. Dan kami akan membaginya dalam dua kriteria yaitu sehat akal maupun fisik yang dapat pembaca cerna sebagai berikut.

A. Syarat Akademik Menjadi Dokter

Untuk menjadi dokter yang perlu anda persiapkan adalah memiliki pengetahuan yang luar sehingga mereka para dokter dapat profesional dalam menangani seorang pasien. Dan adapun persyaratan yang perlu diperhatikan sedini mungkin sebelum meraih cita-cita menjadi dokter adalah sebagaimana berikut:

1. Pertama, Nilai Raport Tinggi

Dengan kata lain orang yang memiliki penilaian dikelas yang baik dan berprestasi mereka memiliki nilai raport yang tinggi, tidak ada nilai angka merah di raportnya karena tolak ukur seseorang siswa berprestasi di kelas adalah mendapatkan nilai raport yang bagus apalagi pada mata pelajaran Saintek.

Pelajaran Saintek di SMA biasanya mereka memiliki jurusan IPA seperti Mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan bahasa Inggris. Memang untuk dapat masuk ke Universitas ternama pada fakultas kedokteran harus dari siswa untuk Jurusan IPA. Maka sejak anda SMP harus benar-benar dapat menyukai mata pelajaran tersebut.

2. Kedua, Lancar Berbahasa Inggris

Seperti yang anda lihat bahwa ilmu kedokteran berasal dari negeri barat, sehingga kebanyakan bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Kemampuan anda berbahasa Inggris harus mahir. Apalagi dalam menerjemahkan buku-buku yang basisnya adalah Bahasa Inggris sehingga mulai dari sejak dini kampus-kampus di Indonesia bakalan ketat untuk memberikan persyaratan dengan syarat TOEFL minimal 500.

Anda bisa belajar mulai sejak SD dengan mengikuti kursus bahasa ini, karena bahasa Inggris adalah bahasa yang di pakai dunia, apalagi buku-buku barat semuanya menggunaka bahasa Inggris ini.

3. Ketiga, Pengetahuan SAINS

Seorang calon dokter, bidan maupun perawat harus memiliki pengetahuan yang luas tentang ILMU SAINS sehingga mereka dituntut untuk mentehaui beberapa perihal penting terkait aspek Biologi selain itu mereka harus bisa menjawab dan memahami konsep matematika, kimianya dan fisika.

Apakah Fakultas kedokteran dapat dimasukki anak jurusan IPS? Jawabannya tidak, karena anak IPS ini lemah di materi pelajaran SAINS. Jika anak IPS mau masuk ke fakultas kedokteran akan lebih baik mereka menyiapkan dirinya untuk menyukai ilmu SAINS.

Dengan ilmu sains inilah mereka bisa menerapkan pada diri seseorang karena dokter sendiri berhubungan dengan nyawa seseorang dan hal itu sudah diatur oleh Standar Pendidikan Dokter Indonesia pada nomer 10 tahun 2012.

Bahwa yang dapat masuk ke jenjang pendidikan kedokteran adalah mereka yang lolos dari SMA ataupun sederajad dengan Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Mereka sehat jasmani maupun rohani. Bagi lulusan IPS yang tidak mengetahui rumus molekul dan bahaya efek samping ketka salam meresepkan obat kepada pasien akan berakibat fatal atau akan menimbulkan reaksi kimia karena tidak hanya Biologi saja yang harus didalami, seorang calon dokter harus benar-benar mengetahui Kimia, Matematika dan Fisika.

4. Keempat, Nalar dan Logika

Seorang dokter harus dapat mendiagnosis penyakit pasien secara sistematis dan tepat, bila pasien ini salah didiagnosa oleh seorang dokter kemungkinan besar pengobatannyapun akan salah sehingga terjadi mallpraktik. Karena memasukkan obat-obat kimia yang tidak sesuai dengan penyakit yang telah diderita oleh si pasien karena pengobatan yang salah.

Para calon dokter nantinya dituntut untuk memiliki logika dan penalaran yang harus dilatih secara terus menerus sehingga dapat dengan mudah untuk membaca penyakit yang dialami oleh pasien. Nalar pikiran ini harus sesuai dengan logika yang berjalan karena jika tidak sesuai dengan logikanya maka nalar nya akan salah. Untuk itu harus diasah kedua-duanya.

Sementara itu seorang dokter yang memiliki nalar dan logika yang bagus harus didukung dengan fisik yang kuat dan sehat seperti pepatah bilang. Min sano in coropere sano. Dalam jiwa yang sehat terdapat akal pikiran yang sehat. Sehingga fisik juga menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang dokter.

B. Syarat Fisik Menjadi Dokter

Seorang calon dokter harus memilliki syarat fisik yang kuat adapaun beberapa syarat fisik menjadi dokter adalah sebagai berikut

1. Test Urine/ Rontgen. (Bebas Narkoba)

Dalam Peraturan lanjutan dalam Standar Pendidikan Dokter Indonesia pada nomer 10 tahun 2012, selain lulusan SMA jurusan IPA mereka harus memiliki mental yang kuat dengan bebas Narkoba melalui tes urine

Selain itu calon dokter harus di rontgen untuk memiliki beberapa penyakit dalam apakah mereka memiliki enyakit menular berbahaya atau cacat fisik.

2. Syarat Tinggi dan Berat Badan

Seorang calon dokter harus memiliki tinggi badan yang proposional dengan berat badannya dengan kriteria tinggi badan minimalnya 150 cm untuk wanita sedangkan untuk kaum pria tingi badannya minimal 155 cm. Untuk berat badannya harus tetap seimbang.

3. Cek Tekanan Darah

Mereka harus melampirkan tekanan darah yang normal sebelum menjadi mahasiswa fakultas kedokteran karena dengan kondisi sehat dan tidak stress mereka memiliki badan dan kondisi yang prima.

4. Tidak Buta Warna dan Tuli

Sesuai dengan peraturan bahwa untuk masuk di fakultas kedoteran seorang calon mahasiswa harus tes uji buta warna karena kesehatan mata menjadi salah satu syarat menjadi dokter yang profesional. Mereka juga tidak tuli alias kesulitas pendengaran karena ketika dosen berbicara di depan kelas maka seorang calon dokter harus mendengarkan dengan baik.

5. Memiliki Kesehatan Gigi

Seperti halnya masuk ke perguruan tinggi kedinasan, baik itu syarat gigi polwan atau polisi, karena kesehatan gigi harus diutamakan dalam jalur masuk pendidikan kedokteran, Sehingga tidak ada calon dokter yang memiliki masalah gigi berlubang Karena kesehatan gigi menjadi tolok ukur apakah mahasiswa tersebut merawat gigi dengan baik dan hal itu merupakan sesuatu hal kebersihan yang ada pada diri seseorang

Demikianlah beberapa hal terkait dengan syarat untuk menjadi dokter. Dan para orang tua harus sejak dini memperhitungkan beberapa hal termasuk syarat dan biaya menjadi dokter.

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5