Pendaftaran Kartu Pra kerja di www.prakerja.go.id

Bingkaiberita.comPendaftaran Kartu Pra Kerja yang resmi dibagikan ke masyarakat melalui laman resminya di www.prakerja.go.id akan mulai dirilis pada minggu kedua pada bulan April ini. Percepatan kartu prakerja ini disinyalir sebagai upaya pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi virus Corona (covid 19) yang mewabah ke seluruh wilayah Indonesia.

wwwprakerjagoid

kompas.com

Banyak PHK yang akan terjadi akibat dari perusahaan yang tidak dapat membayar gaji karyawan karena memang sulit sekali untuk berkembang atau maju disaat wabah corona seperti sekarang ini. Pemerintah melalui program kartu prakerja ini diharapkan dapat diperhitungkan kembali, dan jangan sampai dengan adanya program baru pemerintah menjadi salah satu cara lubang korupsi yang terjadi di Indonesia.

Dan untuk mendapatkan kartu prakerja harus memiliki beberapa syarat mendapatkan kartu prakerja, salah satunya adalah melalui tahapan tes maupun seleksi. Adapun tahapan mendapatkan kartu prakerja ini adalah sebagai berikut

– Seseorang diwajibkan untuk mengkuti tes yang ada di situs resmi Kartu Prakerja yang ada di www.prakerja.go.id

– Test tersebut akan berpengaruh pada kelolosan anda, apakah anda akan mendapatkan kartu prakerja ataupun tidak

– Setiap batch atau atau periode waktu seleksinya akan didasarkan pada kuota sehingga jika anda sudah melakukan proses pendaftaran silahkan untuk melakukan uji seleksi sehingga tidak ketinggal periode waktu seleksi.

– Apabila anda ketinggal periode waktu seleksi atau tidak mendapatkan kuota batch anda bisa kembali mengikuti ujian seleksi pada tahap selanjutnya pada periode yang telah ditentukan.

– Tes ini tidak memiliki waktu seperti te cpns atau tes TPA lainnya, sehingga anda bisa leluasa mengerjaka semua soal hitungan dengan menyiapkan pensil dan kertas untuk menjawab soal matematika.

Nah, itulah beberapa aturan pada seleksi untuk mendapatkan kartu prakerja yang dapat dilakukan pada website resmi yang ada di www.prakerja.go.id. Sebagai salah satu cara pemerintah untuk manunggalngi dampak negatif dari musibah yang terjadi di dunia yaitu penyebaran virus corona yang menyebabkan PHK di beberapa perusahaan di tanah air.

Keuntungan Memiliki kartu Prakerja

Bagi yang mendapatkan Kartu Prakerja Mereka akan mendapatkan beberapa fasilitas yang telah dijanjikan oleh pemerintah seperti yang dikutip dari kompas.com bahwa para peserta yang terdaftar akan mendapatkan dana bantuan sebesar 3.550.000 untuk pelatihan dan insentid dengan rincian program pelatihan sebesar 1 juta dan paska pelatihan mereka selama 4 bulan akan diberi uang saku sebesar Rp 600 ribu

Bagi pemegang kartu prakerja mereka akan mendapatkan pelatihan dari dinas ketenagakerjaan (DISNAKER) dan bagi yang loloas mereka akan diberikan sertifikat kompetensi yang menunjang lapangan kerja dan setelah pelatihan meraka akan diberikan insentif untuk modal mencari pekerjaan yang diinginkan.

Syarat Pelamar kartu Prakerja

Pada tahun ini, pemerintah akan menargetkan 5,6 juta peserta di seluruh Indonesia seperti yang telah ditayangkan di artikel kompas.com dengan syarat calon pendaftar

Seperti yang dikutip dari laman kemnaker.go.id bahwa untuk mendapatkan kartu pra kerja seorang calon pelamar harus memenuhi syarat sebagai berikut

– Calon pelamar kartu pra kerja adalah seorang yang berkewarganegaraan Indonesia.
– Calon pelamar kartu pra kerja adalah seorang yang memiliki umur minimal 18 tahun
– Calon pelamar kartu pra kerja adalah seorang yang tidak mengikuti pendidikan formal seperti sedang kuliah atau lainnya.

Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Bagi yang ingin memiliki kartu pra kerja silahkan anda simak langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

Daftar Akun Pra Kerja di www.prakerja.go.id

– Silahkan anda siapkan email dan nomer ponsel yang masih aktif untuk melakukan pendaftaran akun kartu pra kerja di www.prakerja.go.id
– Masukkan email dan nomer hp yang aktif
– Setelah anda memenuhi syarat diatas silahkan anda tekan tombol “DAFTAR”
– Kemudian anda verfikasi dengan cek email atau SMS yang dikirimkan dan masukkan pada website pra kerja.
– Anda telah berhasil membuat akun kartu pra kerja

Login Akun PRA Kerja di www.prakerja.go.id

Setelah anda memiliki akun pra kerja silahkan anda login dilaman depan portal resmi pra kerja dengan masuk nomer ponsel ataupun email sebagai username dan klik langkah selanjutnya.

Masukkan Sandi yang anggap anda hafal dan silahkan login dan masuk, maka anda sudah berhasil masuk ke akun dari dashboard portal pra kerja.

Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id

Setelah anda login dan masuk di dasboard silahkan anda cari kotak nama Daftar Kartu Pra Kerja, dan silahkan anda klik.

Setelah di klik anda akan ditampilkan sebuah formulir online dan lengkapilah semua yang diminta oleh portal tersebut.

Kemudian anda akan dihadapkan sebuah seleksi untuk mendapatkan kartu pra kerja yang berupa Tes Kemampuan Dasar yang isinya seperti (TPA)

Silahkan anda lihat apakah anda berhak lolos dan mendapatkan kartu pra kerja ataukah tidak.

Cara Mendapat Pelatihan Setelah dapat kartu Pra kerja

Bagi pemilik Kartu Pra kerja mereka akan mendapatkan pelatihan dari Disnaker untuk mendapatkan pelatihan bersertifikasi.

Seorang pelamar dapat memilih pelatihan yang disukainya dari layanan sistem dari SISNAKER yang pembayarannya menggunakan saldo kartu pra kerja baik online maupun offline.

Pelatihan akan diselenggarakan baik secara online maupun offline, kalau seperti saat wabah virus ini kemungkinan besar pelatihan akan diselenggarakan secara online yang selanjutnya jika mereka lolos akan mendapatkan sertifikat secara digital.

Bagi yang telah mengikuti pelatihan online mereka dapat memberikan rating dan ulasan singkat saat proses pelatihan.

Insentida akan diberikan setelah mengikuti pelatihan dari SISNAKer yang akan dikirim atau ditransfer ke saldo wallet Kartu Pra kerja selama 3 tahap.

Itulah beberapa hal terkait dengan Pendaftaran Kartu Pra kerja di www.prakerja.go.id semoga bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang di rumah tidak memiliki pekerjaan sama sekali

sumber: https://money.kompas.com/read/2020/04/06/130000226/siap-siap-daftar-kartu-pra-kerja-2020-dibuka-mulai-minggu-kedua-april?page=all

Pendaftaran Kartu Pra kerja di www.prakerja.go.id | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5