Rincian Formasi CPNS SMA di Kementerian

Advertisement

Bingkaiberita.com– Sekolah Menengah Atas saat ini banyak yang tidak lanjut ke Jenjang Perguruan Tinggi, pasalnya banyak lulusan sarjana strata satu dan strata dua yang lulus hanya menganggur karena akibat kondisi keuangan yang memang tidak terpenuhi ketika mereka bekerja sebagai honor dosen maupun honor daerah. Mereka banting setir untuk membuat temen dan menjualnya, berusaha untuk membuat produk, menjual jenis kaos dan bisnis yang notabene dapat memenuhi kehidupan mereka. Apalagi saat ini banyak orang yang lulusan SMApun bisa sukses dari awal sehingga mereka banyak termotivasi dengan hal itu, dengan adanya lowongan pekerjaan seperti gojekpun banyak lulusan S1 yang juga ikut meramaikan driver online ini, terus apa yang salah dengan pendidikan kita saat ini disaat perkembang teknologi semakin canggih, banyak lulusan S1 yang tidak bekerja sesuai dengan yang mereka pelejari di sekolah atau ditingkat perguruan tinggi. Apalagi S1 dan SMA sama-sama bekerja sebagai driver ojek online.

Nah, dengan adanya pembukaan cpns di kementerian pusat, isntansi lembaga pemprov, pemkot dan pemda ini sebagai bentuk nayata pemerintah mengurangi pengangguran tersebut. Apalagi bagi yang sudah lulus SMA maupun SMK sederajad. Nah, berikut akan kami berikan informasi secara singkat beberapa formasi yang ada di kementerian yang diperuntukkan bagi lulusan SMA maupun SMK sederajad.

Bisa anda simak Rincian Formasi CPNS SMA di Kementerian sebagai berikut

1. Kementerian Hukum dan HAM

formasi cpns sma kemenkumham

Setiap tahunnya kementerian ini membuka lowongan kerja cpns bagi para lulusan SMA ataupun SMK sederajad yang menjadi rujukan jika ada formasi untuk lulusan SMA dengan formasi poejaga sipir baik untuk umum ataupun untuk formasi Papua dan Papua barat.

Jumlah penjaga sipir dari kalangan SMA nantinya adalah 3.532 Fromasi yang memang dibagi untuk umum dan Papua. Untuk formasi Papua dan papua barat diberikan jatah sebanyak 101 penjaga sipir dan untuk 2774 diperuntuukan bagi kalangan umum.

Selain membuka formasi untuk penjaga sipir, kementerian hukum dan ham juga memberikan kursi bagi para lulusan SMA untuk Jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana sebanyak 657 formasi.

2. Kejaksaan Agung

formasi cpns sma kejaksaan agung

Selain instansi kemenkumham, seleksi calon pegawai negeri sipil untuk formasi CPNS SMA juga ada di kejaksaan Agung Republik indonesia. Ada 2 formasi yang akan menjadi perhatian, formasi tersebut adalah adalah untuk jabatan pengawal narapidana, pengawal tahanan, dan pengemudi tahanan.

Adapun total jumlah formasi untuk kedua formasi tersebut adalah sebanyak 2 ribu CPNS yang akan ditempatkan di seluruh Indonesia . Untuk formasi dua jabatan tersebut adalah pengawal tahanan dan pengawal narapidana dengan jumlah seribu dan untuk pengemudi tahanan dengan jumlah seribu.

3. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

formasi cpns sma kemenlhk

Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan atau sering disebut dengan Kemen LHK membuka formasi untuk jabatan pelaksana pemula polisi kehutanan melalui jalur SMK.

Kemneterian LHK hanya membuka formasi yang sedikit untuk jalur SMK dengan total 80 formasi Formasi tersebut hanya diperuntuukan untuk polisi kehutanan.

4. Kementerian Pertanian

formasi cpns sma kementrian pertanian

Kementerian Pertanian membuka formasi CPNS untuk jalur SMK dengan jabatan Pelaksana Pemula Paramedik Karantina Hewan, 26 kursi, untuk paramedik Veteriner sebanyak 9 kursi, Untuk pengawas benih tanaman sebanyak 2 kursi, Untuk pelaksana mutu pakan sebanyak 5 kursi, pemeliharaan kebuh 2 kursi, dan untuk organisme penggagung tumbuhan sebanyak 1 kursi.

Jumlah formasi untuk kemneterian Pertanian sebanyak 45 kursi dilingkungan pemerintah.

5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud)

formasi cpns sma kemendikbud

Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) juga membuka formasi untuk jalur SMA dan SMK, formasi yang tersedia adalah untuk formasi teknis laboratorium,formasi teknis pemetaan dan penggambaran.

Jumlah total formasi tersebut sebanyak 11 formasi yang sudah tertera pada surat kemendikbud nomer 126533/A.A3/KP/209 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Berikut Rincian Formasi CPNS 2019 di Kementerian untuk Lulusan SMA/SMK

itulah beberapa Rincian Formasi CPNS SMA di Kementerian yang dapat dijadikan rujukan ketika melakukan pendaftaran cpns.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Rincian Formasi CPNS SMA di Kementerian | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
close