Guide Book Fasting Ramadhan For Kid (Buku Panduan Puasa Ramadhan Untuk Anak)

Buku Puasa Ramadhan 2020 Untuk Anak ini sebagai salah satu panduan dan petunjuk resmi para orang tua dalam mengasuh dan mendampingi anak dalam mengisi waktu luang di bulan ramadhan untuk anak usia sekolah. Karena semua orang tua pastilah berharap anaknya menjadi anak yang shaleh berbakti kepada Allah dan Rasulnya serta kepada orang tuanya. Apalagi puasa ramadhan menjadi salah satu moment terpenting dalam untuk menuntun dan membinanya sesuai dengan pendampingan Al-Qur’an. Apalagi  usia anak menjadi usia emas dalam mengajarkan dan mendidik tentang ilmu Agama.

Apalagi seperti era masyarakat yang seperti ini, banyak dipertontokan tradisi barat yang tidak dapat dibendung sehingga para orang tua, ulama dan guru harus memiliki sikap isyfaq atau sikap peduli terhadap generasi penerus bangsa agar tidak terperosok ke jalan yang tidak benar yang notabene mereka melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama islam.

Sahabat Ali pernah berkata, “didiklah anak-anakmu karena mereka akan hidup dizaman yang bukan zamanmu.” Hal ini seperti yang telah kita alamai semua bahwa zaman Rasullulah berbeda dengan zaman sekarang, dimana zaman dari hari ke hari semakin lama semakin buruk, kerusakan alam dimana-mana, kerusakan moral semakin menunjukkan kita berada di akhir zaman.

Dengan begitu di momen puasa ramadhan seperti inilah  para orang tua, guru dan ulama haruslah memiliki sikap isfaq atau peduli terhadap pendidikan anak dengan membaca atau menulis al-Qur’an. Dalam riwayat Ibnu Khaldun dalam sebuah kitab yang ditulisnya, bahwa pendidikan Al-Qur’an menjadi pondasi semua kurikulum dalam pendidikan di dunia Islam dengan menguatkan akidah dan keimanan.

Secara gambalng telah diriwaytakan dalama sebuah hadist riwayat Thabrani seperti perkataan Rasullullah SAW sebagaimana berikut

Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara, mencintai nabimu, mencintai keluarga nabi dan membaca al-Qur’an.

Dalam riwayat tersebut bahwa orang tua haruslah memiliki kepedulian dalam mendidik anda dalam kegiatan pendidikan al-Qur’an dengan momentum yang sangat cocok dengan keadaan saat ini ketika bulan Ramadhan untuk menjalankan ibadah yang pahalanya dikalikan beberapa drajad yang sangat berbeda dengan hari-hari biasa lainnya.

Buku Puasa Ramadhan ini sebagai salah satu cara orang tua dalam mengasuh anaknya dalam aktivitas puasa ramadhan. Berisi tentang Topik Harian seputar Ramadhan, checklist aktivitas ibadah harian anak, tips orang tua, Quality time, kalender puasa ramadhan dan berbagai petunjuk lainnya. Memiliki peranan penting bagi perkembangan anak di masa mendatang.

Buku ini tidak hanya berbagi banyak hal terkait puasa melainkan juga berbagi macama tips dan unsur lainnya dengan pendekatan sesuai dengan materi yang akan dilakukan sehingga orang dewasapun juga bisa menggunakan buku tersebut. Namun, yang terpenting buku ini dikhususkan untuk anak.

Anda bisa unduh pedoman buku puasa Ramadhan seperti berikut:



Link untuk buku pedoman puasa ramadhan disini

Semoga dengan buku pedoman puasa Ramadhan ini para orang tua dapat memberikan pengasuhan terbaiknya kepada anak disaat Bulan Ramadhan.

Guide Book Fasting Ramadhan For Kid (Buku Panduan Puasa Ramadhan Untuk Anak) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5