Contoh Statement of Purpose|Persyaratan Beasiswa or S2

Contoh Statement of Purpose

Contoh Statement of Purpose|Persyaratan Beasiswa or S2,  Seleksi dalam penerimaan S2 biasanya menggunakan persyaratan-persyaratan selain adanya toefl, ijazah, dan beberapa dokumen penting lainnya salah satunya termasuk Statement of Purpose. dimana Seorang Pelajar yang akan masuk diperguruan tinggi baik di dalam negri ataupun luar negri harus menyatakan atau membawa Statement of Purpose.

Dari beberapa ketentuan diatas perlu kiranya kita melihat dan menimbang sesuatu yang akan menjadi target dalam penyaringan kemampuan pelajar dan minat motivasi dalam mengambil langkah untuk maju kedepan untuk menimbang kualitas,bobot, kemampuan dan pengalaman atau aplicant. Seleksi yang menggunakan Statement Of Perpose ini biasa digunakan konsersium untuk salah satu penilaiannya.

Tips trik dalam penulisan Statement of Perpose.

– Dalam pembuatan Motivation letter yang harus kita perhatikan adalah point penting tentang latar belakang  anda atau program yang akan anda tuju.

– Jadikanlah seolah-olah anda adalah seorang konsersium, Mengapa anda harus memilih “A” bukan “B”. Apa kulifikasi dan keunggulan A dari pada kandidat lainnya.

–  Dalam penulisan Motivation Latter ini anda tidak boleh tergesa-gesa dalam gaya penulisannya,Jika anda tergesa-gesa maka akan berakibat fatal, yang harus anda lakukan adalah memikirkan apa sih keunggulan anda yang bisa membedakan terhadap kandidat-kandidat lainnya. contohnya adalah tentang keaktifan anda pada aktivitas sekitar lingkungan, dan event partisipasi nasional apa yang anda pernah raih, dan beberapa keunggulan lainnya tentang anda. Jangan sampai anda membuatnya hanya asal-asalan saja.

– Apabila anda mempunyai indeks prestasi yang sangat tidak terlalu baik, usahakan anda memberikan alasan anda mengapa sampai terjadi sedemikian rupa. Jangan sampai anda terkesan menyalahkan kesibukan-kesibukan atau aktifitas-aktifitas yang terkesan anda kurang bertanggung jawab terhadap hal itu semua.

– Jika anda ingin mengapply atau melamar jurusan S2 yang tidak menyambung sama sekali dengan jurusan anda sebaiknya anda harus benar-benar mencari salah satu alasan yang tepat agar konsersium bisa menerima anda.

–  Tujuan anda melamar di S2 ini usahakan anda tidak sekedar ingin mendapatkan gelar S2 saja, Akan tetapi yang anda lakukan adalah apakah S2 ini untuk menjadika anda expert atau mahir pada bidang anda dataukah sebagai tolok ukut anda untuk memajukan bangsa dan sebagainya.

– Jangan sampai anda banyak cerita didalamnya tentang keluh kesah atau kegalauan anda di masa lalu tentang kesulitan ekonomi, dan beberapa faktor yang anda anggap tidak bagus atau jelek yang anda ceritakan adalah tentang cita-cita dan harapan anda agar tujuan anda dapat tercapai.

Kami akan memberikan salah satu contoh dari seseorang alumni luar negri yang diterima ketika menuliskan motivation Letter atau statement of perpose yang bernama Dina seperti berikut tentang statement of purpose sebaiknya anda bisa lihat contoh gambarnya dibawah ini:

letter motivation

Mungkin itulah salah satu syarat yang harus anda isi untuk memenuhi appication anda yang akan anda kirimkan atau anda lampirkan terkait tujuan anda memasuki jenjang pendidikan yang akan datang.

 

Contoh Statement of Purpose|Persyaratan Beasiswa or S2 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5