Cara Verifikasi Akun PTK dan Akun Operator Dapodik

2 min read

Cara Verifikasi Akun PTK

Bingkaiberita.com – Setiap akun PTK di Dapodik harus di verifikasi dengan benar di Manajemen Dapodikdasmen. Sebelum memverifikasi akun PTK seorang operator sekolah harus memverifikasi akun operator sekolah terlebih dahulu. Karena jika tidak diverifikasi maka dapodik tidak terverifikasi terlebih akun PTK juga diverifikasi.

Jika, anda seorang guru sekolah atau PTK di Sekolah yang juga merangkap menjadi operator sekolah maka alangkah baiknya anda memverifikasi akun oeprator sekolah terlebih dahulu sebelum memverifikasi akun PTK anda.

Namun, jika akun email operator dan akun PTK yang anda gunakan adalah, sama maka untuk verifikasi akun PTK akan gagal dan akun anda belum dapat diverifikasi. Karena sistem yang telah mendeteksi bahwa akun yang dimiliki pada PTK sudah diverifikasi karena emailnya sama seperti email akun operator dapodik.

Sehingga akan sedikit membingungkan oleh sebagian operator. Nah, jika akun pengguna atau usernamenya sama apakah juga bermasalah? Akun pengguna yang sama juga akan di tolak dan gagal untuk verifikasi. Sebaiknya anda mengganti akun Profil pengguna di operator terlebih dahulu untuk memverifikasi akun PTK

Lantas Bagaimana langkah-langkahnya jika anda belum verifikasi. Maka terlebih dahulu kita verifikasi akun operator sekolah terlebih dahulu ya. Bingkaiberita.com akan memandu para guru untuk mengatasi masalah ini.

Cara Verifikasi Akun Operator Dapodik.

Silahkan anda verifikasi akun operator dapodik terlebih dahulu sebelum anda memverifikasi akun PTK. Usahakan email dapodik masih aktif. Jika tidak aktif silahkan anda rubah ke operator dinas yang melampirkan bahwa anda seorang operator dan harus anda tanda tangan kepala sekolah dengan menyertakan username dan password yang berbeda dari akun PTK

Jika email operator yang anda gunakan bisa dibuka silahkan anda login ke portal resminya manajemen dapodik ke link berikut https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
Anda dapat gunakan username dan passwordnya.

Setelah masuk di dashboardnya silahkan anda masukkan email aktif operatornya sehingga nanti bisa dibuka untuk menemukan kodenya.

Silahkan anda buka email aktif anda dan temukan kode verifikasinya yang terdiri dari empat angka.

Silahkan anda masukan kode verifikasi ke dashboard sp datadik. Maka akun operator dapodik sekolah anda sudah terverifikasi.

Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi untuk akun PTK anda.

Nah, Bagaimana jika nama akun PTK yang anda miliki tersebut sama dengan akun operator dapodik? Pastinya akun PTK tidak dapat diperbaharui dengan baik Nah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

Cara Mengatasi Masalah Akun PTK yang Rangkap Operator Dapodik.

Ganti nama akun operator dapodik

1. Silahkan anda install Dapodik terbaru, maka ada beberapa akun PTK yang tidak terverifikasi. Silahkan anda buka aplikasi dapodik yang anda miliki.

2. Login Dapodik dengan menggunakan akun operator sekolah yang anda gunakan

3. Kemudian anda klik profil pengguna dan ganti nama akun untuk operator anda yang tidak sama persis dengan nama PTK, dapat menggunakan nama kapital dan ditambah nama belakang dan juga dapat ditambah dengan nama gelar. Yang terpenting harus berbeda dengan nama akun PTK yang anda miliki.

4. Silahkan anda sinkronisasikan dapodik yang anda miliki setelah melakukan penggantian nama profil pengguna.

5. Setelah di singkron dalam waktu 1×24 jam silahkan untuk login kembali ke sp.datadik.kemdikbud.go.id

6. Silahkan anda pilih menu tombol daftar akun dan pilih jenis akun yang akan anda rubah. Pilih nama admin operator apakah nama penggunanya sudah berubah ataukah belum seperti yang telah diubah di baian profil pengguna pada aplikasi dapodik.

7. Jika nama anda ada di daftar akun PTK, silahkan anda pilih PTK untuk ditampilkan. Untuk mengubahnya silahkan anda klik icon pensil yang ada dibelakang untuk memasukkan email baru yang berbeda dengan email yang digunakan untuk operator dapodik.

8. Jika akun PTK belum ada silahkan anda buat akun PTKnya, atau tambah akun dengan email dan nama akun operator yang harus berbeda dengan akun operator sekolah dan silhkan logout untuk verifikasi akun ptk dapodik.

Cara Verifikasi Akun PTK

Cara Verifikasi Akun PTK

Untuk verifikasi akun ptk silahkan anda ke link berikut ini: https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

Pilih Bagian meu biodata dan pilih akun untuk klik verifikasi akun, dan pastikan email yang anda buat di sp datadik tadi sudah aktif dan bisa dibuka untuk menerima kode verifikasinya.

Lanjutkan dan buka kotak masuk email gmail maupun yahoo anda dan temukan kode verifikasinya, silahkan anda masukkan kode verifikasinya ke dashboar biodata anda.

Akun PTK anda sudah terverifikasi. Selamat pekerjaan anda sudah terselesaikan dengan baik.

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

One Reply to “Cara Verifikasi Akun PTK dan Akun Operator Dapodik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.