Cara Mudah Memilih Jurusan Kuliah SNMPTN

Bingkaiberita.com – Sudah lulus SMA tapi bingung memilih jurusan kuliah SNMPTN yang cocok bagi anda, karena memang banyak ragam jurusan kuliah yang ada. Anda bisa mencari jurusan yang sepi peminat  atau anda memilih jurusan yang paling dibutuhkan dengan potensi kerja  besar

Tidak hanya anda saja yang bingung mau memilih jurusan apa saat nanti kuliah, cita-cita yang tinggi namun tidak ada dana memang membuat anda putus harapan. Nanti jurusan mana yang akan anda ambil saat anda tidak bisa mencapai cita-cita tersebut. Bagaimana caranya agar dapat menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan anda sehingga anda tak merasa galau?

Banyak pertanyaan yang timbul dibenak anda saat akan masuk kuliah. Jika anda masih bingung mau masuk jurusan apa yang cocok untuk masa depan anda. Yuk, pahami baik-baik tips dari bingkaiberita.com ini ya.

1. Pahami Bakat sejak dini

Jika anda sudah menegetahui dan melakukanya sejak dini minat dan bakat ini, anda pastilah sangat mudah dalam memilih jurusan kuliah di SNMPTN atau SBMPTN. Bakat inilah yang nantinya bisa anda kembangkan di perguruan tinggi karena untuk dapat bertahan di masa sekarang ini kita harus memiliki ketrampilan dan bakat tentang ilmu skill ini.

Berbeda dengan memilih menu makanan yang sangat simpel sekali diganti, menemukan bakat sejak dini sebelum lulus SMA memang harus diketahui. Jika anda cenderung memiliki sifat rajin memperbaiki alat bisa jadi anda masuk di jurusan teknik.

2. Memilih Jurusan dengan cara riset

Sebelum anda menentukan jurusan yang sesuai ada kalanya anda merisert terlebih dahulu dari mulai dari prospek kerja nantinya, karena setelah lulus tidak mungkinkan anda jadi pengangguran saja, jadi guru tapi gajinya ratusan ribu, kan anda memilih mencari kerja lainnya.

Selain riset prospek alumni, anda juga harus membandingkan antara daftar jurusan kuliah lainnya yang anda minati dan anda harus banyak mengetahui jurusan yang anda pilih nantinya

3. Konsultasikan dengan Alumni Jurusan tersebut

Anda bisa melakukan diskusi terhadap alumni yang sudah berpengalaman dan bekerja di bidang yang nanti akan anda masuki. Selain itu anda bisa mengajaknya berdiskusi dan menanyakan beberapa hal yang tidak anda ketahui.

Bagi mereka yang sudah berpengalaman dibidangnya, mungkin akan mendapatkan motivasi dan pengetahuan yang fresh bagaiamana masa depan setelah anda lulus.

4. Memantapkan Pilihan Atas Konsekuensinya

Setelah anda riset dan menkonsultasikan kepada para alumninya memang ada sebuah jurusan yang kuliahnya anda minati namun untuk prospek kerjanya kurang bagus untuk anda karena memang gajinya kecil seperti guru namun anda berminat. Apakah itu yang anda ambil karena memang sesuai minat?

Dan sebaliknya Ada bidang ilmu yang tidak menarik tapi anda bisa cukup baik disitu namun nanti prospek kerjanya bagus dimasa depan.

Anda sebaiknya mengetahui konsekuensi ini sejak awal dari pilihan yang anda ambil, jangan melihat sisi positifnya saja namun anda harus melihat kekurangannya nantinya. Sebaik apapun pilihan anda pastilah ada kekurangnyanya. Anda juga bisa menentukan jurusan dengan Aplikasi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Cara Mudah Memilih Jurusan Kuliah SNMPTN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5